Blog

BAGIKAN

Kamera Terbaik untuk Fotografi 2022

Kamera terbaik

Di era maraknya konten berformat video, banyak kamera yang berfokus pada kemampuan video. Padahal sebenarnya, kemampuan utama dari sebuah kamera adalah fotografi. Dalam memilih kamera, fitur dari sebuah kamera tidak bisa cocok satu untuk semua. Pertimbangannya dari beberapa faktor, diantaranya anggaran, preferensi desain, keperluan lensa, dan sebagainya. Berikut adalah pilihan kamera, kami kategorikan menjadi tiga keperluan yaitu untuk kamu yang hobi fotografi, kamu yang pemula, dan kamu yang sudah pro. 

Tiga urutan pertama adalah rekomendasi kamera terbaik untuk fotografi untuk kamu yang antusias dengan fotografi.

  • Sony A7 IV – Rating 4,5/5

Sony A7 IV

Sony A7 IV ini cocok untuk pengguna intermediate, dilengkapi dengan resolusi 33MP dan ukuran sensor full-frame. Tapi penggunaan Sony A7 IV memang cukup rumit dan tidak mudah jika digunakan oleh pemula. Namun jika digunakan oleh para pengguna intermediate, sensor 33MP membuat Sony A7 IV bagus untuk foto dan video, ditambah juga dengan pilihan kamera mirrorless yang memudahkan penggunaannya.

  • Fujifilm X-T4 – Rating 5/5

Fujifilm X-T4

Fujifilm X-T4 punya kualitas foto yang luar biasa. Sejauh ini, X-T4 adalah kamera APS-C terbaik yang sudah kami uji coba. Perpaduan antara fitur-fiturnya, ukuran, dan berbagai kelebihannya menjadikan X-T4 pilihan yang cocok untuk kamu yang hobi fotografi. 

  • Canon EOS R6 – Rating 4,5/5

Canon EOS R6

EOS R6 memiliki slot untuk dua kartu memori dan autofokus yang paling unggul diantara jenis lain. Selain itu, EOS R6 adalah jenis full-frame yang paling terjangkau diantara berbagai kamera untuk fotografi. Keunggulan lainnya adalah stabilizer yang mantap hingga jenis ini cocok untuk fotografi olahraga dan hewan-hewan di margasatwa.

Kami juga punya rekomendasi kamera terbaik untuk para pemula, diantaranya:

  • Canon EOS R10

Canon EOS R10

EOS R10 sangat cocok untuk kamu para pemula yang ingin memiliki kamera ringan dan mudah dibawa. EOS R10 dilengkapi dengan kemampuan autofokus modern, tapi sayangnya tidak dilengkapi dengan stabilizer gambar di body kamera. Jenis ini bukan yang paling murah, tapi hasilnya bisa disimpulkan yang terbaik untuk memulai karir di fotografi. Sayangnya, EOS R10 belum punya banyak lensa natif, tapi jika perlu, kamu bisa membeli lensa yang cocok dengan EOS R10 untuk meningkatkan kualitas hasil foto-fotomu.

  • Olympus OM-D E-M10 Mark IV

Olympus OM-D E-M10 Mark IV

Kamera ini bisa jadi andalan kamu, dengan sensor yang baik berukuran Micro Four Thirds, dan ukuran body yang simpel serta mudah dibawa, dilengkapi dengan stabiliser gambar yang sangat membantu. Sayangnya, OM-D E-M10 Mark IV ini tidak memiliki input mikrofon dan port USB-C. Kamera ini cocok untuk shooting video action, dengan layar sentuh dan lensa yang bisa dipilih karena memiliki lensa terbesar.

  • Nikon Z fc

Z fc ada untuk kamu yang berminat dengan tipe mirrorless. Dilengkapi LCD layar sentuh dan desain retro yang memukau. Lensa Z fc dipasangkan dengan lensa prime Nikkor Z 28mm f/2,8 SE menjadi proposisi yang kreatif dan ideal. Akhirnya bila bicara harga, Nikon Z fc adalah kamera yang terjangkau dengan exposure khusus, ISO, dan tombol shutter speed.

Selanjutnya adalah rekomendasi kamera terbaik untuk para profesional

  • Canon EOS R5

Canon EOS R5

Dengan ukuran megapixels 45 dan full-frame COMS, EOS R5 adalah kamera yang terbaik untuk foto dan video dengan ukuran besar. EOS R5 tetap punya kualitas yang bagus baik untuk shooting di luar ataupun di dalam ruangan. Baterai dari EOS R5 ini sangat awet, tapi ada beberapa batasan untuk merekam video. 

  • Fujifilm X-H2S

Fujifilm X-H2S

X-H2S memiliki kemampuan memotret cepat (burst shooting) yang luar biasa dan jendela bidik (viewfinder) yang impresif. Selain itu, autofokus dari X-H2S sangat baik, menghasilkan kamera video yang yang berkualitas sangat baik juga. X-GH2S dilengkapi dengan 26 megapixels dan layar sentuh. 

  • Sony A7R IV

Sony A7R IV

A7R IV memiliki desain ergonomis dan viewfinder yang brilian. Dengan 61 megapixels, kamu bisa mendapatkan hasil foto dari objek manusia dan pemandangan yang spektakuler. Dari perpaduan berbagai fitur dan kelebihannya, A7R IV sangat nyaman untuk digunakan seharian. 

Kamera yang telah disebutkan adalah rekomendasi terbaik dari kami untuk para pegiat fotografi, fotografer pemula, hingga yang sudah ahli. Apabila kamu perlu media dan suasana belajar mengenai fotografi dan kamu ingin mendapat gelar sarjana (bachelor’s degree) di dunia fotografi dan perfilman, kamu bisa bergabung bersama kami di College Program dari IDS | International Design School untuk program Digital Film and Media Production. See you there!

Sumber: techradar.com

JOIN NOW!

Fast Track to International Degree