Blog

Kelebihan dan Kekurangan Adobe Illustrator

Adobe Illustrator

Terjun di dunia desain grafis pasti tidak asing lagi dengan Adobe Illustrator. Aplikasi perangkat lunak ini merupakan produk yang dibuat oleh perusahaan ternama, Adobe Inc. Adobe Illustrator biasa digunakan oleh mahasiswa kuliah design untuk editor gambar vektor. Lewat perangkat lunak ini, bisa menciptakan berbagai karya desain estetik. Untuk memahami lebih lanjut fungsi, kelebihan serta kekurangan dari Adobe Illustrator, berikut ini ulasan selengkapnya. 

Fungsi

Adobe Illustrator merupakan produk perangkat lunak atau software untuk mengedit gambar berbasis vektor. Salah satu contoh gambar berbasis vektor yaitu logo. Gambar ini dapat dilihat dengan lebih detail karena memiliki  kepadatan pixel. Selain logo, gambar vektor yang dirancang yaitu desain aplikasi, desain gambar, ikon, watermark, wallpaper, spanduk, banner, hingga ilustrasi.

Adobe Illustrator

Kelebihan Adobe Illustrator

Aplikasi ini menawarkan banyak fitur menarik untuk membantu desainer dalam menciptakan karya estetik. Tidak hanya itu saja, ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi ini.

1. Terintegrasi dengan produk Adobe lainnya

Memiliki fitur yang dapat terintegrasi dengan produk Adobe lainnya. Mulai dari Adobe Photoshop, Adobe Lightroom, Adobe Bridge, Adobe After Effect, hingga Adobe Premiere.

2. Hasil gambar berkualitas

Sebagai software berbasis vektor, tentu saja hasil karyanya memiliki kualitas gambar yang tajam. Hal ini memberikan kepuasan tersendiri bagi para desainer grafis.

3. Cocok untuk ilustrasi dan kartun

Sesuai namanya, Adobe Illustrator dirancang untuk membuat ilustrasi. Ada berbagai fitur yang dapat mendukung pembuatan ilustrasi maupun kartun. Menariknya, karya kamu juga menghasilkan drop shadow maksimal.

4. Tetap stabil terhadap file ukuran besar 

Kelebihan berikutnya yaitu dapat berjalan dengan stabil meskipun file RAW yang digunakan memiliki ukuran besar. Proses rendering aplikasi ini juga tidak mempengaruhi kualitas RAW dan menghasilkan file berkualitas tinggi. 

5. Mampu cetak gambar beresolusi tinggi

Khawatir gambar kehilangan resolusi ketika proses cetak? Kamu tak perlu khawatir. Karena Adobe ini memiliki kemampuan mencetak gambar beresolusi tinggi. Hasil grafisnya pun juga hampir mendekati tampilan di layar monitor atau LCD saat diedit.

6. Aneka fitur yang mempermudah pekerjaan

Memiliki beberapa fitur mengagumkan. Seperti fitur export ke format vektor dengan format file SVG (Scalable Vector Graphic) yang dan akurat. Kemudian, ada fitur layer yang dapat memisahkan objek satu dengan lainnya. Proses editing pun juga lebih ringan dan cepat.

7. User friendly dan user interface

Bagi pemula, termasuk mahasiswa sekolah design, mudah mengoperasikan software ini. Adobe ini  memiliki tampilan nyaman untuk mata pengguna. Selain itu, menu dan toolbar-nya sederhana dan tidak rumit. 

Adobe Illustrator

Kekurangan Adobe Illustrator

Tidak hanya kelebihan, setiap aplikasi perangkat lunak pasti memiliki kekurangan. Berikut ini kelemahan yang dimiliki oleh Adobe Illustrator.

  1. Instalasi Adobe Illustrator harus menggunakan PC atau laptop yang sesuai dengan desain.
  2. Susah mengedit atau memberi efek pada foto atau gambar
  3. Penggunaan fitur power clip yang tidak terlalu baik
  4. Gambar tampak tidak realistis.
  5. Ribet untuk pengerjaan layout meskipun fiturnya lengkap.

Sebagai software desain grafis yang populer, Adobe Illustrator sudah berkembang dengan baik hingga saat ini. Diawali dengan perilisan versi 1-1,6, kini aplikasi perangkat lunak tersebut menggunakan veris CS6 yang merupakan AI generasi ke 16. Fiturnya makin banyak dan bisa bekerja pada file yang kompleks. Versi terbaru juga lebih cepat dan intuitif. 

Ingin mahir menggunakan software keluaran perusahaan Adobe? Kamu bisa sekolah design atau kuliah design di International Design School.

JOIN NOW!