Blog

BAGIKAN

Ingin Menjadi Seorang Aktor? Kuasai Kemampuan Dasarnya Dulu!

Menjadi Aktor

Menjadi seorang aktor, dibutuhkan reaksi atau kecerdasan keaktoran yang merupakan kemampuan dasar untuk menunjang performa aktor. Kemampuan dasar akting sangat penting bagi siapapun yang ingin menjadi aktor berbakat. 

Kemampuan dasar pada aktor meliputi kepercayaan diri, berempati, observasi, hingga artikulasi. Kemampuan dasar tersebut harus dimiliki oleh seorang pemain seni peran jauh sebelum menciptakan karakter, atau bahkan sebelum bersentuhan dengan naskah pada sebuah pertunjukan. 

Meniru karakter, meniru emosi mungkin terdengar mudah, namun bukan itu masalahnya, tetapi bagaimana kedalamannya? Bagaimana mempertahankan atau mengulangi aksi yang ditemukan secara intuitif? 

Tujuan tersebutlah yang berusaha IDS (International Design School) dan ACI (Asosiasi Casting Indonesia) sebarkan melalui Workshop Acting & Casting. Diman workshop tersebut dapat memberikan kemampuan dasar yang kuat untuk mengembangkan kemampuan akting. 

Di dampingi oleh para Acting Coach dan Casting Director profesional, materi yang akan dibawakan di Workshop ini salah satunya adalah membangun rasa percaya diri dan mengembangkan kreativitas, teknik reading & blocking dengan meningkatkan kemampuan verbal – non verbal serta mengembangkan empati dan konsentrasi.

Sebagai seorang aktor, tidak ada produk lain untuk ditawarkan kecuali diri sendiri, untuk itu aktor harus percaya pada bakat yang mereka miliki. Kepercayaan diri mengikuti pengalaman, semakin banyak pengalaman yang dimiliki aktor, maka semakin terampil nantinya. Jadi, teruslah belajar, berlatih, termasuk mengikuti banyak audisi untuk meningkatkan rasa percaya diri. Hanya dengan percaya diri, kehadiran aktor lebih terasa menonjol, karakter yang dibawakan akan lebih hidup, terbuka, dan siap dengan semua kebutuhan karakter.

Lalu, apa hubungannya kepercayaan diri dengan kreativitas, dalam berakting kreativitas adalah titik temu antara keyakinan dengan imajinasi. Ketika aktor sedang tampil, dibutuhkan imajinasi bahwa aktor benar-benar mengalami situasi sesuai dengan naskah, keyakinanlah yang akan membuat aktor benar-benar menjadi tokoh, tidak hanya bagi penonton namun juga bagi diri sendiri.

Menjadi Aktor

Kreativitas lah yang membawa realitas ke sebuah pertunjukan.Sementara itu, melatih artikulasi, diksi, dan intonasi yang berguna untuk menyampaikan dialog dengan tepat didapat melalui olah vokal. Vokal merupakan salah satu media dalam menyampaikan emosi. Setiap dialog memiliki tekanan, jiwa, irama, dan temponya tersendiri, tergantung pada karakter yang diperankan.

Materi lain yang dipelajari melalui workshop ini adalah teknik blocking, blocking dibutuhkan untuk mengetahui gerakan aktor, posisi tubuh, dan bahasa tubuh dalam sebuah adegan. Pada film, blocking juga termasuk pengaturan posisi dan pergerakan kamera. 

Kemampuan dasar bagi aktor lainnya adalah melatih empati dan konsentrasi dengan mengolah rasa. Olah rasa adalah teknik menyampaikan keindahan emosi, perasaan, pikiran sesuai dengan karakter yang dimainkan. Fungsi dari melatih olah rasa adalah meningkatkan kepekaan rasa dalam diri sendiri dalam berbagai kondisi. Salah satu cara berlatih olah rasa adalah dengan mengasah konsentrasi atau berusaha memusatkan pikiran pada satu objek sesuai dengan tujuan.

Kepercayaan diri, kreativitas, olah suara, serta olah suara lah yang akan menjadi modal aktor dalam menciptakan karakter. Dengan begitu, seorang aktor mampu menghadapi segala cerita atau peran apapun. 

Tujuan dari aktor yang terlatih adalah untuk menemukan karakter dengan pendekatan teks atau naskah, selain itu juga melatih cara menghidupkan dialog, menghidupkan insting akan pilihan apa yang harus diambil, dan yang tidak kalah penting adalah menciptakan karakter tiga dimensi yang memiliki latar belakang cerita yang kaya.

Dalam berperan, seorang aktor harus terlihat jujur, tidak klise, penonton harus percaya apa yang dikatakan seorang aktor itu nyata, bahwa aktor tidak sekedar membaca atau beraksi. 

Tentunya latihan seperti ini tidak hanya dibutuhkan oleh pemula, aktor atau aktris yang telah berpengalaman pun tidak boleh lepas dari pengembangan diri. 

Ikuti Workshop Acting & Casting oleh IDS & ACI untuk mempersiapkan diri terjun ke dunia seni peran. Latihlah dirimu sebagai persiapan menjadi aktor yang baik. Karena hanya dengan berlatih, seseorang dapat menjadi handal.

Sumber: Kuasai Kemampuan Dasarnya Jika kamu Ingin Menjadi Seorang Aktor

JOIN NOW!

Jago Bikin Film