Blog

BAGIKAN

Kenalan dengan Animation Rigging, Pekerjaan yang Terlihat Kecil Tetapi Berdampak Besar

animation rigging

Untuk menjadi seorang animator, ada banyak teknik yang harus dipahami, animation rigging adalah salah satunya. Dengan menggunakan animation rigging, para animator dapat mengontrol pergerakan karakter dengan lebih mudah. Teknik ini pun dapat meningkatkan efisiensi dan membuat pergerakan scene menjadi lebih halus.

Apa Itu Animation Rigging?

Dikutip dari Indeed, animation rigging adalah proses teknik yang  memodifikasi 3D model sehingga para animator dapat menggunakan teknik ini dengan  lebih mudah, biasanya digunakan untuk membuat jaringan dai rigging points model. Para rigging artist mengatur teknik ini agar ketika para animator menggerakkan aimasi mereka dengan cursor, muncul reaksi yang sudah ditentukan.

Walau terlihatnya proses ini hanya memiliki sedikit pengaruh dalam proses perkembangan animasi, para rigging artist membuat scene animasi menjadi lebih hidup dan membuat pekerjaan para animator menjadi lebih efisien. Biasanya studio animasi menggunakan teknik ini untuk membuat animasi dalam film, video game, dan iklan.

Bagaimana Animation Rigging Bekerja?

cara animation rigging bekerja

Jika kamu ingin mengetahui bagaimana animation rigging bekerja, bayangkan saja ketika ada karakter yang menggerakkan tangannya, maka pergelangan tangannya serta jarinya juga harus bergerak menyesuaikan pergerakan tangan tersebut. Hal tersebut dilakukan agar karakter animasi terlihat bergerak secara alami, sesuai dengan kenyataannya.

Proses animation rigging ini biasanya berlangsung ketika para character modelers sudah selesai membuat 3D model. Sehingga para rigging artist akan menyempurnakan model animasi tersebut seperti bagian kepala, leher, tangan, dan kaki.

Selain itu, animation rigging ini juga biasanya digunakan ketika:

  • Para animator membutuhkan sistem pergerakan umum yang bisa digunakan oleh beberapa tipe scene
  • Skenario simulasi kesehatan yang biasanya digunakan oleh para tenaga medis profesional saat presentasi
  • Animasi wajah yang detail
  • Simulasi untuk menunjukkan bagaimana tekanan pada fisik dapat berpengaruh terhadap tubuh

Skill yang Dibutuhkan Dalam Animation Rigging

Jika kamu tertarik untuk mempelajari mengenai animation rigging, berikut skill yang sebaiknya kamu kuasai:

1. Skill Komputer

menggunakan komputer

Tentu salah satu skill yang paling dibutuhkan dalam animation riging ini adalah skill untuk beberapa software komputer. Hal ini dikarenakan animation rigging merupakan proses teknik yang kompleks sehingga membutuhkan kemampuan memprediksi tentang tipe scene apa yang akan digunakan ketika karaktermu bergerak. 

Ada beberapa skill yang dapat kamu pelajari yaitu:

  • 3D animasi program, character modeling software, serta software animasi
  • Code-writing, biasanya menggunakan beragam tipe tengan bahasa-bahasa coding
  • Sistem automatisasi serta mencari kesempatan untuk menggunakannya

2. Anatomi Tubuh

anatomi tubuh

Tidak perlu bingung mengapa untuk mendapatkan skill dalam animation rigging butuh pemahaman lebih lanjut mengenai anatomi tubuh. Hal ini dikarenakan ketika kamu ingin tahu bagaimana caranya memutar pergelangan tangan dengan cara menggerakkan otot pada lengan bawah, kamu butuh pengetahuan mengenai anatomi tubuh.

Tentu kamu membutuhkan skill agar membuat pergerakan tubuh karakter menjadi lebih nyata dan tetap memperhatikan aspek kreatif serta visual yang menarik. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mempelajari skill-skill berikut:

  • Bagaimana caranya untuk mengekspresikan emosi melalui pergerakan badan dari karakter 3D
  • Bagaimana membuat pergerakan tubuh manusia dalam beragam situasi, misalnya dalam air atau ketika di hutan
  • Apa saja tipe pergerakan otot yang bisa dilakukan oleh tubuh manusia

3. Komunikasi 

skill komunikasi

Skill komunikasi memang dibutuhkan oleh segala pekerjaan, termasuk jika kamu ingin menjadi animation rigging artist. Dengan memiliki skill komunikasi yang baik, kamu bisa menyampaikan ide yang kamu miliki dengan baik kepada tim yang bekerjasama denganmu. Dalam skill komunikasi, ada beberapa aspek yang sebaiknya kamu kuasai yaitu:

  • Kolaborasi serta kerjasama tim
  • Ketangkasan
  • Kemampuan mendengar

Dalam pembuatan animasi, tentu butuh skill yang  mumpuni agar karakter dalam animasi tersebut terlihat nyata. Oleh karena itu dibutuhkan animation rigging yang dapat menyempurnakan karakter animasi tersebut. 

Tertarik untuk belajar animasi? Yuk gabung di Program Digital Animation & Games International Design School (IDS)!

IDS adalah pilihan yang tepat karena program ini mengajarkan mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan kreatif dan teknis dalam proses produksi untuk kebutuhan animasi dan efek visual di industri film & televisi, serta industri game yang semakin berkembang.

Dalam program ini, mahasiswa akan dipandu dalam mempelajari seluruh proses pembuatan animasi dan game mulai dari tahap ide, storytelling, desain karakter, hingga mampu menciptakan hasil karya berstandar internasional. Penggunaan perangkat lunak industri seperti Autodesk Maya & Unreal akan diajarkan secara mendalam, sehingga mahasiswa akan terampil menggunakan perangkat ini sesuai standar industri animasi dan game.

Tidak hanya itu, mahasiswa juga akan belajar teknik-teknik animasi, visual effects, dan game design yang diperlukan untuk menciptakan karya-karya yang memukau. Dengan pengetahuan dan keterampilan ini, mahasiswa akan siap untuk berkontribusi dalam industri yang terus berkembang ini dan menghasilkan karya-karya berkualitas tinggi.

Jadi, jika Kamu berminat mengembangkan karir di bidang animasi dan game, bergabunglah dengan IDS sekarang dan jadilah bagian dari komunitas yang kreatif dan berorientasi pada standar internasional!

College Program

Step by Step to Become a Product Designer