Blog

BAGIKAN

Kenalan dengan Program Pathway, Program Khusus Bagi Mahasiswa Internasional

Program Pathway

Semakin banyak orang yang ingin berkuliah di luar negeri, semakin beragam program yang bisa diikuti untuk menggapai mimpi tersebut, salah satunya adalah program pathway. Program ini bisa membantu para calon mahasiswa untuk dapat masuk ke jurusan kuliah yang diinginkan. Karena salah satu kekhawatiran yang seringkali muncul saat ingin kuliah di luar negeri adalah mengenai kualifikasi yang dibutuhkan oleh jurusan yang dituju sehingga program ini dapat membantu para calon mahasiswa agar tidak kebingungan lagi.

Kenalan dengan Program Pathway

Program pathway adalah program yang bertujuan untuk menjembatani celah antara kualifikasi pendidikan terakhir yang dimiliki oleh para calon mahasiswa internasional dengan persyaratan masuk yang diminta oleh kampus di luar negeri. Program ini ditujukan untuk mahasiswa mulai dari tingkat sarjana sampai pasca sarjana.

Program yang dirancang untuk membuat para mahasiswa dapat bertransisi dengan lancar ke program kuliah dan jurusan yang dituju ini mengajak para mahasiswa untuk  mempelajari dasar-dasar ilmu yang diperlukan untuk jurusan yang mereka pilih. Selain itu, para mahasiswa pun dibekali keterampilan serta keahlian pembelajaran yang esensial. Para mahasiswa pun akan mendapatkan bantuan agar dapat menyesuaikan diri dengan gaya pengajaran dan budaya pendidikan di negara tujuan mereka yang tentunya berbeda dari pendidikan negara asal mereka.

Kamu dapat mengikuti program ini dari berbagai institusi penyedia program pathway. Biasanya institusi-institusi ini bermitra dengan kampus-kampus luar negeri untuk menjalankan program yang mempersiapkan para calon mahasiswa internasional untuk dapat menjalani perkuliahan dengan baik.

Siapa yang Bisa Mengikuti Program Pathway?

Para mahasiswa internasional dapat mengikuti program ini. Ketika pihak kampus menerima formulir pendaftaran, mereka akan menilai dan melakukan proses penyetaraan nilai pendidikan terakhir para mahasiswa internasional dengan sistem penilaian internal. Hal ini dilakukan untuk memperkirakan apakah para calon mahasiswa tersebut akan dapat mengikuti perkuliahan dengan baik atau tidak ketika sudah masuk nanti.

Jika ada calon mahasiswa internasional yang belum memenuhi standar yang ditetapkan oleh pihak kampus, maka mereka akan kembali melakukan analisis mengenai apakah calon mahasiswa tersebut memiliki potensi untuk memenuhi standar yang telah ditetapkan. Nantinya para calon mahasiswa yang dianggap berpotensi akan dianjurkan untuk mengambil program pathway terlebih dahulu agar dapat memenuhi syarat untuk mengikuti perkuliahan di jurusan yang diinginkan.

Program Pathway

Syarat untuk Mengikuti Program Pathway

Walau syarat masuk program ini biasanya tergantung kepada jurusan dan kampus yang akan kamu tuju, ada beberapa pedoman umum yang bisa diikuti bagi kamu yang berminat untuk mengikuti program ini. Karena program ini menjamin mahasiswa dapat langsung mengikuti pembelajaran pada tahun kedua perkuliahan, biasanya jurusan-jurusan tertentu memiliki syarat nilai bahasa Inggris yang lebih tinggi dibandingkan dengan program pathway yang lain. 

Misal untuk bidang hukum, ilmu pengetahuan dan budaya, bisnis, dan ilmu sosial kamu sebaiknya memiliki nilai IELTS minimal 6,0 dengan semua bagian tidak ada yang kurang dari 5,5 atau nilai TOEFL iBT di kisaran 60-78. Jika kamu ingin mengikuti program pathway umum, nilai IELTS yang kamu harus miliki adalah minimal 5,5 untuk semua bidang atau nilai TOEFL iBT di kisaran 46-59.

Struktur Kelas Program Pathway

Proses belajar pada program ini biasanya diadakan dalam bentuk kelas kecil atau seminar dan diisi oleh para mahasiswa internasional, sesuai dengan tujuannya. Para mahasiswa internasional ini akan diminta untuk melakukan kerja kelompok agar dapat melakukan praktik berbahasa Inggris dengan teman-teman sesama mahasiswa internasional sekaligus membangun kedekatan antara satu sama lain.

Setelah mengetahui program pathway, rasanya ini merupakan salah satu program yang sangat berguna bagi para mahasiswa internasional ya? Jadi bagi kamu yang masih ragu untuk berkuliah di luar negeri, hilangkan keraguanmu! Karena program ini dapat membantumu agar lebih lancar saat berkuliah nanti.

Apakah kamu ingin memperluas wawasan dan pengalamanmu di dunia internasional? Jika iya, maka program International Pathway di IDS adalah jawabannya. Bersiaplah menghadapi tantangan di masa depan. Kami menawarkan pendidikan yang berkualitas dan pengalaman berharga yang akan mempersiapkanmu untuk sukses di dunia global. Daftar sekarang dan mulailah perjalananmu menuju masa depan yang lebih cerah!

JOIN NOW!

Open Day - Discover your creative
Getting into film and digital vidio industry