Blog

BAGIKAN

Kenali 6 Perbedaan Anime dan Kartun Agar Lebih Mengenal Dunia Animasi

Kenali 6 Perbedaan Anime Dan Kartun

Apakah kamu tahu bahwa anime dan kartun adalah 2 hal yang berbeda? Walau mungkin sekilas terlihat sama, tetapi ternyata ada beberapa perbedaan anime dan kartun yang sebaiknya kamu ketahui, terutama bagi kamu yang bercita-cita ingin menjadi animator!

Perbedaan Anime dan Kartun

Walau pada dasarnya anime dan kartun sama-sama gambar yang digerakkan oleh software komputer sehingga membuat gambar tersebut seolah hidup dan dapat berkomunikasi satu sama lain, ada perbedaan anime dan kartun yang mendasar yang membedakan keduanya. Anime berasal dari animation dalam Bahasa Inggris, yang berarti animasi bergaya Jepang atau animasi yang dibuat di Jepang.

Sedangkan kartun adalah gambar bergerak dengan tampilan lucu yang dibuat untuk tujuan sebagai hiburan, komersial, pendidikan, atau keperluan pribadi. Selain itu, kartun juga diartikan sebagai sebuah film yang menggunakan teknik animasi untuk menggerakkan gambar. Biasanya, kartun digunakan untuk merujuk pada setiap karya animasi yang bukan buatan Jepang.

Selain hal-hal yang disebutkan di atas, ada beberapa hal lagi yang menjadi perbedaan anime dan kartun yaitu:

  • Karakteristik Gambar

Perbedaan anime dan kartun yang pertama adalah perbedaan karakteristik gambar. Anime memiliki ciri khas seperti bentuk fisik yang lebih detail dan realistis. Selain itu, anime juga biasanya menggambarkan manusia memiliki rambut tebal, mulut yang imut, serta bermata besar. Kartun biasanya menggambarkan karakternya dengan fitur yang tidak realistis. 

Setiap kreator anime biasanya memiliki karakteristik gambarnya masing-masing sehingga membuat setiap karyanya mudah dikenal oleh para penggemarnya. Sedangkan untuk kartun, biasanya penggambarannya umum dan tidak terlalu berbeda jika dibandingkan dengan anime.

  • Alur Cerita

Anime biasanya dikenal dengan cerita yang lebih sentimental atau dapat menyentuh perasaan para penontonnya. Konflik ceritanya pun biasanya dibuat serealistis mungkin seperti cerita tentang kehidupan anak sekolah, percintaan, dan cerita lainnya sehingga penonton dibuat baper oleh ceritanya. Berbeda dengan anime, kartun biasanya terkenal dengan cerita yang dibumbui oleh cerita-cerita lucu atau humor satir untuk menghibur penonton.

Anime pun biasanya memiliki jalan cerita yang lebih serius dan rumit sehingga membuat para penggemarnya menciptakan teori masing-masing mengenai jalan ceritanya. Dengan jalan cerita seperti ini, menjadi daya tarik bagi para penggemarnya untuk menonton anime sampai tamat.

  • Ekspresi Wajah

Biasanya karakter anime digambarkan sangat ekspresif. Para animator yang membuat anime pun biasanya menambahkan efek yang membuat cerita lebih dramatis. Sedangkan dalam kartun, ekspresi wajah biasanya hanya digambarkan secara umum dan dibuat secara garis besar. Tidak disertakan detail yang ditampilkan untuk menambah kesan realistis seperti yang dilakukan pada anime.

Kenali 6 Perbedaan Anime Dan Kartun

  • Durasi

Panjangnya film atau series anime dengan kartun pun berbeda. Jika durasi serial anime biasanya berkisar antara 20-25 menit pada setiap episodenya, kartun memiliki durasi antara 5 menit hingga 1 jam. 

Selain itu, anime juga terkadang memiliki episode yang lebih panjang jika dibandingkan dengan kartun. Bahkan ada anime yang memiliki episode hingga lebih dari 1000 episode seperti One Piece. Sedangkan kartun biasanya memiliki episode yang lebih pendek.

  • Soundtrack

Biasanya dalam anime, setiap tayangannya memiliki lagu latar atau soundtrack yang disesuaikan dengan alur cerita anime. Lagu yang digunakan pun biasanya diisi oleh penyanyi dan musisi dari Jepang. Sedangkan dalam kartun, biasanya walau memiliki lagu latar tetapi tidak meninggalkan kesan yang mendalam seperti pada anime. Bahkan ada beberapa kartun yang memiliki soundtrack yang tidak berkaitan dengan kartun tersebut.

  • Genre

Anime biasanya memiliki banyak genre seperti adventure, romance, action, dan masih banyak lagi. Dengan keberagaman genre ini, membuat para pecinta anime memiliki banyak pilihan untuk ditonton. Sedangkan kartun biasanya hanya memiliki beberapa genre utama seperti komedi, petualangan, dan kartun yang ditujukan bagi anak-anak.

Memang mungkin sebelum mengenal bahwa ada perbedaan anime dan kartun seperti yang disebutkan di atas, kamu masih belum mengerti apa perbedaannya. Tetapi ternyata jika ditelaah lebih lanjut, terlihat perbedaan anime dan kartun yang sangat nyata dan membuat kita menjadi lebih mudah membedakannya.

Kalau kamu tertarik dengan dunia animasi dan ingin mempelajarinya, IDS | International Design School menyediakan sekolah animasi sebagai jalan kamu mendalami passion kamu dalam dunia animasi. Kamu juga bisa mendapatkan gelar bachelor dari universitas ternama di luar negeri lewat program Pathway.

JOIN NOW!

Jago Bikin Film