Blog

BAGIKAN

Pemula Menuju Profesional: Langkah Esensial dalam Belajar Desain Grafis

Belajar Desain Grafis

Profesi desainer grafis saat ini sangat diminati karena desain grafis telah menjadi bagian integral dari perkembangan teknologi yang pesat. Dalam era digital ini, desain grafis memainkan peran krusial dalam berbagai sektor seperti periklanan, media sosial, perusahaan teknologi, dan banyak lagi.

Perkembangan teknologi telah membuka pintu bagi desainer grafis untuk mengeksplorasi kreativitas mereka dalam menciptakan konten visual yang menarik dan efektif. Permintaan akan desain grafis yang menarik dan profesional semakin meningkat, baik untuk keperluan online maupun offline.

Dalam webinar IDS yang diadakan baru-baru ini, Mas Andang Kelana, Program Head Digital Design & Illustration di IDS | International Design School, mempresentasikan materi mengenai 9 langkah penting untuk memulai belajar desain grafis.

Materi dimulai dari penjelasan tentang langkah-langkah awal yang harus diambil dalam memulai studi desain grafis. Ia membahas tentang pentingnya memiliki minat dan motivasi yang kuat dalam desain grafis, serta keinginan untuk terus belajar dan berkembang di bidang tersebut.

Para peserta webinar juga diberikan wawasan mengenai pentingnya memahami prinsip dasar desain grafis, termasuk komposisi, tipografi, pemilihan warna, dan visualisasi ide. Selain itu, pemahaman tentang perangkat lunak dan alat-alat desain yang umum digunakan membantu peserta untuk mempersiapkan diri dalam mengembangkan keterampilan desain grafis dan beradaptasi dengan perkembangan industri desain grafis yang terus berubah.

Dalam prinsip desain grafis, mas Andang menjelaskan mengenai komposisi, yang melibatkan pengaturan elemen-elemen desain secara harmonis dalam sebuah karya. Ia mungkin menjelaskan tentang penggunaan grid atau garis panduan untuk membantu mengatur komposisi secara visual.

Selain itu, dibahas juga mengenai pentingnya tipografi dalam desain grafis. Tipografi melibatkan pemilihan dan pengaturan huruf-huruf yang tepat untuk menciptakan visual yang sesuai dengan pesan dan gaya desain yang diinginkan.

tipografi logo

Pemilihan warna juga menjadi topik yang dibahas oleh Mas Andang. Ia menjelaskan tentang psikologi warna dan bagaimana penggunaan warna yang tepat dapat mempengaruhi persepsi dan emosi pengamat terhadap desain.

Selain itu,  wawasan tentang perangkat lunak dan alat-alat desain yang umum digunakan dalam industri desain grafis juga dipaparkan oleh mas Andang. Termasuk perangkat lunak seperti Adobe Photoshop, Illustrator, dan InDesign, serta alat-alat desain lainnya yang membantu desainer dalam menciptakan karya-karya yang profesional dan kreatif.

Selama presentasi, Mas Andang memberikan langkah-langkah praktis yang dapat diikuti oleh peserta webinar yang ingin mulai belajar desain grafis. Langkah-langkah ini meliputi:

  1. Mencari Referensi Inspiratif: Penting untuk mencari referensi desain yang inspiratif, baik melalui buku, situs web, media sosial, atau karya desainer terkenal lainnya. Ini membantu peserta untuk memperluas wawasan dan mengembangkan pemahaman tentang tren desain terkini.
  2. Berlatih dengan Tugas Desain Sederhana: Mas Andang menyarankan peserta untuk berlatih dengan tugas-tugas desain sederhana. Melalui tugas-tugas ini, peserta dapat mengasah keterampilan desain mereka dan mengaplikasikan prinsip-prinsip yang telah dipelajari.
  3. Mengikuti Kursus atau Tutorial Online: Peserta bisa untuk mengikuti kursus atau tutorial online yang dapat membantu mereka dalam mempelajari teknik-teknik desain grafis yang lebih mendalam. Ini memberikan akses ke pengetahuan dan keterampilan yang lebih spesifik dalam desain grafis.
  4. Berpartisipasi dalam Proyek Desain yang Nyata: Mendorong peserta untuk aktif berpartisipasi dalam proyek-proyek desain yang nyata. Ini bisa meliputi bekerja dengan klien, berkolaborasi dengan teman atau tim, atau berkontribusi dalam komunitas desain. Hal ini memberikan pengalaman praktis yang berharga dan memperluas jaringan profesional dalam industri desain grafis.

Menurut mas Andang, desainer grafis memiliki peran penting dalam memvisualisasikan ide, merek, produk, dan pesan-pesan penting. Mereka menggunakan alat-alat desain yang canggih dan perangkat lunak khusus untuk menghasilkan desain yang menarik, user-friendly, dan memenuhi kebutuhan klien atau audiens.

Dengan peluang karier yang luas dan permintaan yang terus meningkat, menjadi desainer grafis merupakan pilihan menarik bagi mereka yang memiliki bakat kreatif dan minat dalam teknologi dan visual. Keahlian dan pengalaman yang baik dalam desain grafis dapat membuka pintu menuju karir yang menjanjikan di industri kreatif.

Fakta Jurusan Desain Grafis

Dalam kesempatan tersebut, peserta webinar diharapkan mendapatkan panduan yang jelas mengenai langkah awal yang perlu diambil untuk memulai studi desain grafis. Materi ini memberikan landasan yang kuat bagi mereka yang ingin memasuki dunia desain grafis dan meningkatkan keterampilan serta pengetahuan mereka dalam bidang ini.

Ingin belajar desain lebih lanjut? Kamu dapat mendaftar ke program Digital Design & Illustration di IDS Education jika tertarik memperdalam pengetahuan tentang desain grafis. Program ini mengajarkan konsep-konsep kreatif, estetika desain, ilustrasi, dan strategi komunikasi. Fokus pembelajaran mencakup desain untuk media cetak dan digital, termasuk elemen-elemen seperti tipografi, fotografi, ilustrasi, komposisi, warna, serta desain yang berfokus pada pengguna seperti design thinking, UI & UX.

Mahasiswa akan dilatih untuk memahami kebutuhan bisnis sehingga siap untuk bekerja di industri kreatif atau startup. IDS menyediakan fasilitas yang mendukung proses pembelajaran, termasuk perangkat lunak seperti Adobe Photoshop, Illustrator, InDesign, After Effects, Figma, dan XD, yang diajarkan melalui praktik dan tugas-tugas.

Melalui program ini, kamu akan memperoleh pengetahuan serta keterampilan yang diperlukan dalam bidang desain grafis dan ilustrasi, serta persiapan untuk berkarier di industri kreatif yang terus berkembang.

College Program

Step by Step to Become a Product Designer