Blog

BAGIKAN

Manfaat Memahami consumer behavior di Era Digital

Consumer Behavior

Strategi pemasaran merupakan pengaturan pemasaran yang dirancang untuk mempromosikan produk/jasa supaya mendatangkan keuntungan bagi perusahaan. Salah satu landasan untuk membuat strategi pemasaran adalah dengan melakukan riset pasar. Ada banyak studi dan metode yang dapat dilakukan dalam riset pasar, salah satunya adalah dengan memahami customer behaviour atau consumer behavior.

Konsumen merupakan faktor yang paling utama bagi pemasaran, karena mereka adalah kelompok yang menggunakan produk/layanan perusahaan setiap harinya.

Dengan memahami perilaku konsumen akan membantu marketer untuk mengisi celah di pasar. Dengan begitu mereka dapat memenuhi harapan konsumen terhadap produk/layanan tersebut.

Apa Itu Consumer Behavior?

consumer behavior atau perilaku konsumen merupakan studi mengenai konsumen. Studi tersebut berguna untuk mencari tahu bagaimana berperilaku saat memutuskan untuk membeli, menggunakan, sekaligus membuang suatu produk dengan tujuan untuk memuaskan kebutuhan mereka.

Studi mengenai perilaku konsumen penting dilakukan pemasar untuk membantu mereka memahami proses keputusan pembelian konsumen. Penting untuk mengetahui produk yang disukai konsumen agar pemasar dapat merancang upaya pemasaran sebelum produk benar-benar rilis ke pasar.

Perilaku konsumen mempelajari berbagai situasi seperti apa yang mendorong pembelian konsumen, mengapa mereka memutuskan untuk membeli, kapan saja waktu pembelian dilakukan, seberapa sering konsumen membeli, bagaimana mereka menggunakannya, dan masih banyak lagi pertanyaan yang dapat dijawab oleh customer behaviour.

Consumer Behavior

Mengapa Customer Behaviour Penting?

Mitigasi Risiko Perusahaan

Customer behaviour akan membantu perusahaan untuk menilai risiko yang akan muncul dan meminimalisir risiko yang dapat mendatangkan kerugian.

Dengan mempelajari consumer behavior, pemasar mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai perilaku konsumen terhadap produk/layanan. Dengan begitu mereka dapat merencanakan produk/layanan beserta promosinya dengan lebih baik.

Sebagai Bahan Feedback

Consumer behavior dapat melihat reaksi dari produk/layanan yang telah rilis ke dalam pasar. Pemasar dapat mengetahui suka atau tidak sukanya konsumen beserta dengan alasannya.

Feedback tersebut, baik yang bagus maupun tidak akan membantu peningkatan produk berdasarkan kesukaan konsumen agar dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan mereka dengan lebih baik lagi.

Penggunaan Sumber Daya Produktif Secara Efektif

Studi mengenai consumer behavior akan membantu perusahaan untuk membuat upaya organisasi yang berorientasi konsumen. Dengan mengetahui keinginan serta kebutuhan konsumen, perusahaan akan lebih mudah menilai sumber daya yang benar-benar dibutuhkan. Ini akan memastikan efisiensi sumber daya maksimum.

Membuat Strategi yang Tepat

Membuat strategi yang tepat dan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen merupakan manfaat utama dari studi customer behaviour.

Informasi mengenai konsumen dapat dianalisis untuk kemudian diterapkan pada bisnis. Menyempurnakan strategi bisnis dapat membantu pemasar untuk menciptakan kampanye produk yang menarik.

Memprediksi Tren Pasar

Studi consumer behavior akan membantu perusahaan dalam memproyeksikan tren pasar di masa depan. Tim pemasaran akan dengan mudah menemukan waktu yang cukup untuk bersiap untuk memanfaatkan peluang yang muncul atau menghadapi tantangan dengan memahami customer behaviour tersebut.

Consumer Behavior

Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi Customer Behaviour?

Terdapat 4 faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen mengenai sikapnya terhadap suatu produk. Faktor-faktor tersebut adalah:

  1.       Faktor personal

Merupakan perilaku konsumen yang dapat dipengaruhi oleh demografi, misalnya seperti gender, pekerjaan, serta gaya hidup.

  1.       Faktor budaya

Faktor budaya dalam perilaku konsumen merupakan faktor kompleks yang diturunkan dalam generasi ke generasi sebagai penentu dan pengatur perilaku dalam masyarakat.

  1.       Faktor psikologis

faktor psikologis yakni respon individu terhadap pesan pemasaran yang bergantung pada motivasi, persepsi, sikap, serta keyakinan konsumen.

  1.       Faktor Sosial

Ini merupakan perilaku konsumen terhadap produk/layanan yang dipengaruhi oleh kondisi sosial, seperti keluarga, teman, media sosial, dan lainnya.

Demikianlah penjelasan IDS | International Design School mengenai consumer behavior, mulai dari definisi, manfaat, hingga faktor-faktor yang mempengaruhinya. Semoga pada akhir artikel ini kamu dapat memahami customer behaviour dan menerapkannya dalam strategi pemasaran bisnis kamu.

Selain itu, jika kamu tertarik dengan pemasaran digital ini, kamu bisa mengikuti Short Course Digital Marketing IDS| International Design School, yuk segara daftarkan dirimu!

Sumber: exabytes.co.id

Roadmap to Success: Career Path in 3D Animation Production
Fast Track to International Degree