Blog

BAGIKAN

Membangun Keterampilan dengan PROGRAM Kartu Prakerja, Berikut Cara Daftarnya Hingga Lolos

program kartu prakerja

Program Kartu Prakerja merupakan bantuan diselenggarakan pemerintah untuk  mengembangkan kompetensi kerja dan kewirausahaan masyarakat Indonesia. Program ini ditujukan kepada pencari kerja, pekerja atau buruh yang mengalami pemutusan hubungan kerja, pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, serta pelaku usaha mikro dan kecil.

Program Kartu Prakerja sendiri dibuat untuk memecahkan solusi bagi masyarakat Indonesia contohnya:

  1. Membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung pekerja dan perusahaan
  2. Mendorong kebekerjaan dengan mengurangi mismatch
  3. Mengurangi biaya pencarian informasi mengenai pelatihan kerja
  4. Sebagai komplementer dari pendidikan formal
  5. Membantu daya beli masyarakat yang terkena dampai COVID-19

Untuk memiliki Kartu Prakerja tentu ada beberapa persyaratan yang harus kamu ikuti.

  • Syarat Lengkap Daftar Kartu Prakerja

daftar prakerja

Program ini ditujukan bagi seluruh Warga Negara Indonesia (WNI). Namun pemilik kartu ini harus berusia minimal 18 tahun dan tidak berada di bawah perwalian atau pengampuan agar pengguna memiliki kapasitas secara hukum. Serta tidak sedang menempuh pendidikan formal seperti sekolah atau kuliah. Hanya 2 Nomor Induk Keluarga (NIK) dalam 1 Kartu Keluarga (KK) yang dapat didaftarkan menjadi pengguna Prakerja. 

Prakerja sendiri tidak dapat dibagikan kepada; Pejabat Negara, Pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Aparatur Sipil Negara, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota kepolisian negara Republik Indonesia, Kepala desa dan Perangkat Desa, Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah.

Saat ini Program Kartu Prakerja diprioritaskan kepada pekerja atau buruh, pelaku usaha mikro dan kecil yang terkena dampak dari COVID-19 sehingga mengalami penurunan daya beli dan membutuhkan peningkatan kompensasi. Namun Kartu Prakerja tidak diberlakukan kepada masyarakat yang telah menerima bantuan sosial COVID-19 lainnya.

Kalau kamu memenuhi persyaratan tersebut, kamu bisa langsung mendaftar Kartu Prakerja di prakerja.go.id

  • Tata Cara Daftar Kartu Prakerja

Berikut tahapan untuk mendaftar Kartu Prakerja

  1. Buat akun Kartu Pra Kerja
  2. Verifikasi KTP & KK
  3. Lengkapi pengisian data diri termasuk alamat tempat tinggal
  4. Unggah Foto e-KTP
  5. Verifikasi foto wajah
  6. Verifikasi nomor handphone, kemudian masukkan kode OTP
  7. Isi pertanyaan pendaftaran

Setelah melakukan pengisian form pendaftaran kamu harus melakukan Tes Motivasi & Kemampuan Dasar. Waktu mengerjakan tes adalah 25 menit. 

Usai mengerjakan tes kamu akan diarahkan menuju halaman utama, kini kamu harus ikut bergabung ke dalam pendaftaran gelombang yang tersedia. 

Bila kamu dinyatakan lolos kamu bisa membeli pelatihan di digital platform yang disediakan dan mengikuti pelatihan hingga memiliki sertifikat. Kemudian kamu diharuskan memberi rating dan ulasan mengenai pelatihan untuk mendapatkan insentif. Bila saldo pelatihan mu masih ada, kamu bisa mengikuti pelatihan yang lain.

Pendaftaran dilakukan bagi yang belum memiliki akun Kartu Prakerja, sementara bagi yang sudah memiliki akun dapat langsung mengikuti seleksi program Kartu Prakerja untuk gelombang selanjutnya.

Bagi pengguna yang dinyatakan tidak lolos bisa mendaftar untuk gelombang berikutnya.

  • Ketentuan Pendaftaran Kartu Prakerja

ketentuan daftar kartu prakerja

Saat mengisi data diri pada form pendaftaran Kartu Prakerja, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan ikuti agar kamu bisa lolos pendaftaran Kartu Prakerja, seperti:

  1. Pengguna Kartu Prakerja menyetujui syarat dan ketentuan dan kebijakan privasi yang ada,
  2. Akun yang didaftarkan harus menggunakan surel dan nomor telepon yang masih aktif dan tidak diganti selama 5 bulan kedepan,
  3. Pengguna harus mengisi seluruh data diri,
  4. Pengisian data diri harus sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk yang sah,
  5. Nama yang telah didaftarkan tidak bisa diganti
  6. Insentif dan Biaya Pelatihan

Ada dua jenis insentif yang bisa kamu dapatkan bila lolos seleksi Kartu Prakerja. Pertama insentif biaya mencari kerja sebesar Rp600.000 yang diberikan perbulan selama 4 bulan. Kedua, insentif pengisian survei evaluasi, sebesar Rp50.000 setiap pengisian 1 survei. Insentif akan diberikan secara non-tunai atau ditransfer melalui rekening bank atau akun e-wallet. 

Selain itu kamu juga berhak mendapatkan biaya pelatihan sebesar Rp1.000.000. 

  • Ikuti Pelatihan Kartu Prakjera di International Design School (IDS)

Sebagai salah satu lembaga pendidikan, IDS bekerja sama dengan Digital Platform dan Pemerintah menyediakan berbagai materi pelatihan Kartu Prakerja. Sejak tahun 2020 pelatihan yang diberikan IDS berpusat pada topik di bidang Kreatif dan IT. IDS juga memberikan dukungan Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja dengan melakukan kegiatan edukasi dan sosialisasi Kartu Prakerja Bagi  Lebih dari 10.000 peserta telah mengikuti program pelatihan ini.

JOIN NOW!