Blog

BAGIKAN

Membangun Landasan Karier dalam Dunia Akting: Tips Berharga untuk Pemula

acting

Banyak yang beranggapan bahwa menjadi aktor atau aktris hanya membutuhkan bakat semata. Namun, faktanya, bakat saja tidaklah cukup. Ilmu yang mumpuni juga sangat penting untuk meraih kesuksesan di dunia akting. Baru-baru ini, International Design School (IDS) menyelenggarakan sebuah webinar berjudul “How to Get Started in Acting” yang dipresentasikan oleh Almanzo Konoralma, seorang professional acting coach, serta dihadiri oleh para pemeran dari “Catatan Akhir Sekolah The Series” seperti Sarah Beatrix dan Kacamelyv Prakaca. Webinar ini memberikan pemaparan mengenai landasan karier dalam dunia akting.

Dalam webinar ini, mereka membahas tentang cara memulai perjalanan dalam dunia akting. Namun, tak hanya itu, para pemeran juga membagikan pengalaman seru mereka selama proses pembuatan serial “Catatan Akhir Sekolah”. Mereka berbagi cerita mulai dari proses casting hingga berakting di depan kamera. Selain itu, mereka juga memberikan tips dan saran berharga bagi mereka yang ingin menjadi aktor atau aktris.

Webinar ini memberikan wawasan menarik dan ilmu yang berharga bagi para peserta. Para pemateri menjelaskan pentingnya persiapan dan pemahaman peran sebelum memulai proses akting. Mereka menekankan pentingnya menguasai teknik akting, seperti memahami naskah, membangun karakter, dan mengendalikan emosi. Selain itu, mereka juga berbagi tentang pentingnya belajar dan terus mengasah keterampilan akting melalui pendidikan dan latihan yang berkelanjutan.

memulai karier dalam dunia akting

Para pemeran dari “Catatan Akhir Sekolah The Series” juga membagikan pengalaman mereka dalam menjalani proses produksi. Mereka menyoroti tantangan dan kegembiraan yang mereka hadapi, serta bagaimana mereka mengatasi rasa gugup dan mengekspresikan diri dengan percaya diri di depan kamera. Mereka memberikan inspirasi dan motivasi kepada para calon aktor atau aktris, bahwa dengan kerja keras dan dedikasi, impian mereka dapat terwujud.

Manzo membuka webinar dengan menjelaskan beberapa istilah penting dalam dunia akting yang perlu dipahami oleh para pemain. Dia menekankan pentingnya memahami istilah-istilah ini agar dapat berkomunikasi dengan baik di industri akting dan menjalani peran dengan lebih baik. Berikut adalah beberapa istilah dalam akting yang dibahas dalam webinar:

  1. Naskah (Script): Merujuk pada teks atau dialog yang ditulis untuk sebuah produksi, baik itu film, drama, atau serial televisi. Memahami naskah adalah kunci untuk memahami karakter, alur cerita, dan emosi yang harus ditampilkan.
  2. Karakter (Character): Merupakan peran atau tokoh yang akan dimainkan oleh seorang aktor atau aktris. Memahami karakter melibatkan analisis mendalam terhadap latar belakang, motivasi, kepribadian, dan perubahan yang dialami karakter dalam cerita.
  3. Monolog (Monologue): Sebuah adegan di mana seorang aktor atau aktris berbicara sendirian, biasanya untuk menyampaikan pikiran, perasaan, atau cerita yang penting. Monolog adalah kesempatan bagi seorang aktor untuk menunjukkan kemampuan akting dan menggali emosi dalam sebuah adegan.
  4. Improvisasi (Improvisation): Proses spontan di mana seorang aktor atau aktris mengimprovisasi dialog, gerakan, atau situasi dalam adegan. Ini sering digunakan dalam latihan akting untuk meningkatkan kepekaan, kreativitas, dan kemampuan beradaptasi.
  5. Blocking: Merupakan penentuan gerakan dan posisi fisik para pemain di panggung atau set. Blocking membantu mengatur komposisi visual, alur cerita, dan interaksi antara karakter dalam sebuah adegan.
  6. Subtekst (Subtext): Merujuk pada makna yang tersembunyi di balik kata-kata atau tindakan karakter. Subtekst mengungkapkan perasaan, motivasi, atau maksud yang tidak secara langsung diucapkan, tetapi dapat dipahami melalui interpretasi dan ekspresi.
  7. Replik (Line): Setiap kalimat atau dialog yang diucapkan oleh karakter. Menghafal dan memberikan replik dengan benar adalah salah satu tugas utama seorang aktor atau aktris.
  8. Aksi (Action): Tindakan konkret yang dilakukan oleh karakter dalam adegan untuk mencapai tujuan atau merespon situasi. Aksi adalah cara untuk menunjukkan emosi, konflik, atau perubahan dalam peran.

Memahami istilah-istilah ini adalah langkah penting dalam mempelajari seni akting dan membantu para pemain berkomunikasi dengan efektif di lingkungan produksi. Dalam webinar, Manzo memberikan penjelasan mendalam tentang masing-masing istilah ini, membantu para peserta untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang aspek-aspek penting dalam dunia akting.

webinar how to get started in acting

Setelah menjelaskan istilah-istilah penting dalam akting, para pemeran dari “Catatan Akhir Sekolah The Series” membagikan pengalaman mereka selama proses syuting dan berakting di depan kamera. Mereka menghadapi berbagai tantangan dan keseruan yang berhubungan dengan peran mereka dalam serial tersebut. Selain itu, mereka juga memberikan beberapa tips berharga bagi mereka yang ingin menjadi aktor atau aktris. Berikut adalah ringkasan dari cerita dan tips yang mereka bagikan:

  1. Sarah Beatrix: Sarah, salah satu pemeran dalam serial, menceritakan pengalaman berharga selama syuting. Dia mengungkapkan betapa pentingnya kesiapan fisik dan mental dalam menjalani peran. Sarah juga menekankan pentingnya menjaga kesehatan dan energi agar dapat memberikan yang terbaik dalam setiap adegan. Menurutnya, dedikasi dan komitmen yang tinggi sangat diperlukan untuk meraih kesuksesan di dunia akting.
  2. Kacamelyv Prakaca: Kacamelyv berbagi pengalamannya dalam berakting di depan kamera. Dia menekankan pentingnya memahami karakter secara mendalam dan menggali emosi yang dibutuhkan dalam adegan. Kacamelyv juga memberikan tips tentang pentingnya mengasah keterampilan akting melalui pengalaman praktis dan latihan terus-menerus. Dia mendorong para calon aktor atau aktris untuk terus belajar, mengikuti workshop, dan terbuka terhadap umpan balik konstruktif.
  3. Selain pengalaman pribadi, kedua pemeran juga memberikan beberapa tips berharga bagi mereka yang ingin meniti karir di dunia akting. Mereka menekankan pentingnya belajar dan mengembangkan keterampilan akting melalui pendidikan formal atau kursus. Mereka juga menyarankan untuk membangun jaringan dan menjalin hubungan dengan para profesional di industri ini. Selain itu, mereka menekankan pentingnya kejujuran, kerendahan hati, dan tekad yang kuat untuk menghadapi tantangan dalam karir akting.

Dalam webinar ini, para pemeran “Catatan Akhir Sekolah The Series” memberikan perspektif unik tentang proses syuting dan berakting di dunia nyata. Pengalaman dan tips yang mereka bagikan dapat menjadi panduan berharga bagi para calon aktor atau aktris yang ingin mengejar karir di bidang ini. Dengan mendengarkan pengalaman mereka, peserta webinar dapat memperoleh wawasan yang lebih baik tentang apa yang diperlukan dan bagaimana menghadapi tantangan dalam industri akting.

Melalui cerita dan saran dari para pemeran yang telah berpengalaman, peserta webinar dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik dalam mengejar impian mereka sebagai aktor atau aktris yang sukses. Dengan dedikasi, kerja keras, dan kesempatan yang tepat, siapa pun memiliki peluang untuk meraih kesuksesan di dunia akting.

Webinar ini memberikan wawasan yang kaya dan pengetahuan yang sangat berharga bagi mereka yang tertarik dengan dunia akting. Mengikuti pengalaman dan ilmu yang dibagikan oleh Almanzo Konoralma, Sarah Beatrix, dan Kacamelyv Prakaca, para peserta dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang langkah-langkah awal dalam memulai karir di bidang akting.

Jadi, jangan lewatkan keseruan dan ilmu yang dibagikan dalam webinar ini. Pelajari pengalaman dan tips dari para ahli dan praktisi di industri ini. Dengan kombinasi bakat, ilmu, dan dedikasi, Anda dapat mempercepat perjalanan Anda untuk menjadi seorang aktor atau aktris yang sukses dan menginspirasi.

workshop acting: bisa acting siap casting

Tertarik untuk belajar akting? IDS Education menawarkan kelas akting yang membantu Kamu mengembangkan kemampuan akting yang solid untuk karier di dunia film. Dengan pelatihan dari professional Acting Coach & Casting Director berpengalaman, Kamu akan mendapatkan panduan berharga dalam mengasah kemampuan akting. Kerjasama dengan Asosiasi Casting Indonesia (ACI) memberikan keuntungan tambahan berupa pengetahuan tentang proses casting dan peluang jaringan yang lebih baik. Rekaman praktek peserta akan menjadi portfolio yang berguna dalam mencari peluang casting di masa depan. 

Melalui kelas akting IDS Education, Kamu akan mendapatkan pendidikan komprehensif, belajar dari ahli di industri ini, dan membangun jaringan dengan para profesional yang relevan sertaa memperkuat landasan karier dalam dunia akting. Bergabunglah sekarang dan mulailah perjalanan menuju karier yang sukses di dunia akting.

Acting Class