Blog

BAGIKAN

Mengenal Apa Itu UI/UX Design Hingga Pilihan Karirnya

ui/ux design

UI dan UX namanya selalu disandingkan bersamaan, namun ternyata baik UX dan UI memiliki banyak perbedaan dalam hal pengertian hingga bidang pekerjaan. Bagi yang tidak familiar dengan dua hal ini mungkin merasa bingung sebenarnya apa UI/UX design itu, meskipun kehadiran UX dan UI tidak akan pernah lepas dari aktivitas sehari-hari. Setelah mengerti apa itu UI/UX design, mungkin saja setelahnya kamu berniat untuk membangun karir di bidang ini.

Apa itu UI/UX Design 

apa itu ui/ux design

UX design mengacu pada “User Experience” yang memiliki tujuan membangun interaksi antara perusahaan, produk atau dengan penggunanya terkesan mudah, nyaman, dan menyenangkan. Untuk itu dalam prosesnya UX design harus mengerti kebutuhan pengguna, mudah dipelajari dan digunakan, serta pengguna memiliki kendali penuh dalam penggunaannya. Dikatakan bahwa bila seseorang tidak mengerti cara kerja sebuah benda maka hal itu bukan kesalahan orang tersebut, melainkan UX design yang diterapkan tidak efisien atau bahkan buruk. Mengutip dari Enginees.io Don Norman sebagai orang yang mengenalkan UX design mengatakan bahwa sebuah perangkat, benda, komputer, dan tampilan antarmuka harus fungsional, mudah digunakan, dan intuitif.

Sedangkan UI design atau “User Interface” adalah desain antarmuka dalam aspek digital. UI design diibaratkan sebagai panduan bagi pengguna dalam menggunakan produk.Untuk itu fokus dari UI design yaitu membentuk pengalaman yang nyaman dan mudah bagi pengguna secara visual, estetika, dan interaktivitas. UI design akan berhubungan dengan situs web, aplikasi, dan perangkat lunak. Elemen dalam UI design seperti tombol, layout, ikon, tipografi, warna, dan lainnya.

Perbedaan UI/UX Design

  • Perbedaan pertama pada UI/UX design adalah, pada UX design dapat diterapkan pada produk fisik dan digital, sementara UI design hanya diterapkan dalam produk digital saja.
  • Kemudian, UX design berpusat pada mengidentifikasi dan memecahkan masalah pengguna, sedangkan UI design berusaha menciptakan desain antarmuka yang intuitif, menyenangkan, secara estetika dan interativitas.
  • Design UX biasanya lebih dahulu dilakukan dalam pengembangan sebuah produk, kemudian baru diikuti UI design. UX designer akan memetakan bagaimana pengalaman pengguna akan berjalan dan UI designer akan mengkreasikannya secara visual bagaimana pengalaman pengguna tersebut akan terbentuk. 

Tanggung Jawab Seorang UI/UX Designer

ux designer

Meskipun UI dan UX design saling berpengaruh, namun dalam berkarir tidaklah harus menguasai keduanya. 

Seorang UX designer akan membuat produk dan teknologi yang mudah dalam kegunaan dan aksesibilitas, serta menyenangkan. Kebutuhan yang diperlukan UX designer dalam menjalankan pekerjaannya meliputi strategy & content, wireframing & protoyping, terakhir execution dan analytics. Tanggung jawab seorang UX designer memanglah kompleks, namun hal tersebut akan berbeda pada tiap perusahaan. Meskipun dalam setiap pekerjaannya UX designer akan bergantung pada kebutuhan pengguna, namun UX designer juga harus memastikan apakah produk atau layanan telah mengikuti kebutuhan bisnis.

Perlu diingat bahwa UX designer hanya bertanggung jawab pada perjalanan pengguna dalam menggunakan produk. Kebutuhan visual adalah tugas dari UI designer. UI designer akan bertanggung jawab pada tampilan dan perasaan serta responsivitas dan interaktivitas saat menggunakan produk atau layanan. Seorang UI designer haruslah memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Riset pengguna memang dilakukan oleh UX designer, namun interpretasi visual dilakukan oleh UI designer melalui informasi yang diberi UX designer. Selain itu tugas UI designer mempresentasikan hasil interface yang telah dikerjakan kepada pengembang produk atau layanan.

Tugas UI designer yang utama tentu saja mendesain tampilan dari produk termasuk menyusun tata letaknya. UI designer juga harus mempertimbangkan bagaimana sebuah aplikasi akan terlihat berbeda sesuai perangkat yang digunakan. Memilih warna dan font yang sesuai karakter produk, membuat elemen dan animasi yang interaktif juga menjadi pertimbangan dalam membuat interface. Namun yang paling penting adalah memastikan pengguna merasa akrab dengan produk meskipun itu adalah kali pertama mereka menggunakannya. 

Kolaborasi Antara UI/UX Design

kolaborasi ux designer

Walaupun secara arti memiliki definisi yang berbeda, antara UX dengan UI tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Keduanya sama-sama penting dan saling bekerjasama membentuk alat yang terlihat baik dan mudah digunakan. UX designer akan menangani hal-hal seperti pengoptimalan produk yang efektif, sedangkan UI designer akan berfokus pada tampilan serta suasana sebagai tampilan dan interaktivitas produk. Sehingga pada proses kerjanya UI designer akan memegang kendali atas tampilan dari hasil akhir produk tersebut dan tampilan tersebut akan berpengaruh pada User Experience (UX). UX dan UI designer harus memiliki kesamaan visi yang mengarahkan pada tujuan yang sama.

JOIN NOW!

Step by Step to Become a Product Designer