Blog

BAGIKAN

Mengenal Lebih Dalam Tentang Ilustrasi pada Desain Grafis

Ilustrasi pada Desain Grafis

Konsep menggambar adalah tindakan mencoret-coret di atas kertas dengan pensil atau pewarna. Menggambar adalah aktivitas memproses goresan alat menggambar untuk menandai permukaan media dengan tanda tertentu dan menggunakan berbagai teknik dan alat untuk membuat gambar. Ilustrasi adalah salah satu bagian dari menggambar. 

Dalam Ilustrasi pada Desain Grafis, Ilustrasi merupakan visualisasi dari sebuah tulisan, cerita ataupun suatu ide yang dilakukan dengan teknik drawing, fotografi, lukis, serta teknik seni rupa lainnya. 

Dibawah ini akan dijelaskan apa itu ilustrasi, fungsi, beserta 8 unsur desain grafis yang harus kamu ketahui. 

Apa itu Ilustrasi? 

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan kata ilustrasi bukan? Kata Ilustrasi berasal dari bahasa Latin “Ilustrare”, yang berarti menjelaskan atau menerangkan, dengan demikian gambar ilustrasi diartikan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan suatu peristiwa.

Menggambar ilustrasi merupakan kegiatan menggambar yang bertujuan untuk memperjelas ide cerita atau narasi, dimana tujuan utamanya adalah untuk memperkuat, memperjelas, memperindah, dan memperbagus cerita tersebut.

Namun secara umum pengertian ilustrasi adalah hasil visualisasi dari suatu tulisan dengan teknik menggambar, fotografi, lukisan, atau teknik seni rupa lainnya yang fokus pada hubungan subjek dengan tulisan ketimbang pada bentuknya.

Menurut Martha Thoma ilustrasi adalah suatu karya seni yang mengambil inspirasi dari karya kesusastraan untuk menghiasi naskah dan membantu menjelaskan cerita atau mencatat peristiwa.

Dalam bidang desain grafis, ilustrasi merupakan salah satu unsur penting. Ilustrasi merupakan salah satu unsur pada tata letak di bidang desain grafis.

Tata letak sendiri biasa disebut juga dengan layout merupakan usaha dalam menyusun atau menata unsur-unsur yang terdapat pada desain grafis agar hasil desain terlihat tertata, rapi, dan estetis.

Ilustrasi pada Desain Grafis

Jenis Jenis Ilustrasi Pada Desain Grafis

Dalam dunia desain grafis, Ilustrasi merupakan interpretasi visual dari sebuah konsep, teks ataupun proses tertentu. Esensi dari sebuah Ilustrasi adalah pemikiran, ide dan konsep yang menjadi landasan akan apa yang ingin dikomunikasikan oleh gambar.

Nah, dibawah ini adalah jenis jenis ilustrasi yang bisa kamu ketahui. 

  1. Ilustrasi Dekoratif

Ilustrasi yang dibuat untuk berfungsi sebagai penghias sesuatu dengan bentuk yang disederhanakan atau dilebih-lebihkan (dibuat gaya tertentu sebagai style). 

  1. Ilustrasi karikatur

Gambar Ilustrasi Karikatur adalah gambar yang didalamnya berisi kritikan ataupun sindiran yang dalam penggambarannya telah mengalami penyimpangan bentuk pada proporsi tubuh. Kata karikatur berasal dari kata Italia caricare yang berarti memberi muatan atau melebih-lebihkan. Ilustrasi Karikatur ini biasanya banyak ditemukan pada majalah atau Koran.

  1. Ilustrasi Naturalis

Pernahkah kamu melihat lukisan pegunungan? Nah, gambar Ilustrasi Naturalis merupakan gambar yang memiliki bentuk serta warna yang sama persis dengan keadaan yang sebenarnya ada di alam tanpa dilakukan pengurangan maupun penambahan pada bentuk yang diilustrasikan. Jadi, tidak ada yang berubah pada jenis ilustrasi ini. 

  1. Ilustrasi kartun

Gambar Ilustrasi Kartun adalah jenis ilustrasi yang disajikan dalam bentuk yang menarik dan biasanya berisi cerita yang menarik. Kartun tidak hanya dibuat untuk menghibur pembaca, tetapi juga memiliki arti dan tujuan dan maksud seperti menyampaikan sebuah pesan tersirat melalui gambar kartun. Jenis Ilustrasi ini banyak dijumpai pada majalah anak-anak, komik serta buku cerita bergambar.

  1. Ilustrasi Khayalan

Ilustrasi khayalan sering kita jumpai pada buku Novel. Gambar Ilustrasi Khayalan adalah Gambar yang menggambarkan atau gambaran akan hal-hal yang abstrak dan bersifat khayalan. Gambar ini merupakan hasil pengolahan daya cipta yang secara imajinatif. 

  1. Ilustrasi Buku Pelajaran

Kita sering menemui jenis ilustrasi ini ketika masih bersekolah dulu. Gambar Ilustrasi Buku Pelajaran adalah Gambar yang memiliki fungsi untuk menerangkan suatu teks atau keterangan sebuah peristiwa baik itu ilmiah ataupun gambar bagian. Ilustrasi ini dapat berupa foto, gambar natural, dan juga bisa berbentuk bagan. Fungsi ilustrasi yang terdapat pada buku pelajaran adalah untuk menerangkan isi teks yang sifatnya ilmiah maupun non ilmiah.

  1. Ilustrasi Cerita Bergambar

Ilustrasi cerita bergambar merupakan sebuah cerita yang alurnya diperjelas dengan keberadaan ilustrasi. Pada jenis ini, ilustrasi yang dibuat tidak hanya mengilustrasikan sesuatu, namun juga ikut menceritakan atau menjelaskan sesuatu melalui gambar yang biasanya dibuat berseri atau terdiri dari beberapa panel. Gambar dihadirkan untuk melihat dan merasakan sebuah peristiwa dengan mengamati ekspresi tokoh, situasi lingkungan sekitar ataupun suasana yang dimaksudkan dalam cerita.

Ilustrasi pada Desain Grafis

Fungsi Ilustrasi 

Deskriptif

Fungsi deskriptif dari ilustrasi adalah menggantikan uraian mengenai sesuatu secara verbal dan naratif dengan menggunakan kalimat panjang. Ilustrasi dapat dimanfaatkan untuk melukiskan sehingga dapat lebih cepat dan lebih mudah dipahami. Dalam hal ini, gambar ilustrasi dapat memberikan penjelasan ringkas suatu tulisan sehingga lebih cepat dipahami pembacanya.

Ekspresif

Fungsi ilustrasi dalam memperlihatkan dan menyatakan sesuatu gagasan, perasaaan, maksud, situasi ataupun konsep yang abstrak menjadi yang nyata sehingga mudah dipahami. Maksudnya adalah menyampaikan ide dan gagasan dalam bentuk gambar merupakan fungsi ekspresif dari ilustrasi.

Analitis / Struktural

Dalam proses analitis, suatu ilustrasi dapat digunakan untuk menjelaskan bagian-bagian suatu benda secara rinci. Atau bisa dikatakan Ilustrasi dapat menunjukkan rincian bagian demi bagian dari suatu benda ataupun sistem atau proses secara detail, agar lebih mudah dipahami. 

Kualitatif

Fungsi ini adalah untuk menyampaikan informasi penting dalam bentuk daftar, tabel, grafik, kartun, foto, gambar, sketsa, dan simbol.

Itulah pengertian mengenai ilustrasi pada desain Grafis. Untuk kamu yang memiliki ketertarikan untuk belajar ilustrasi, kamu dapat mengambil kelas di IDS | International Design School yang menyediakan Program College Digital Design & Illustration yang akan mengajarkan mahasiswa untuk mengintegrasikan pola pikir kreatif, estetika desain, membuat ilustrasi dan strategi komunikasi. Untuk informasi selengkapnya, kalian bisa cek website kita ya. 

Sumber: aboutmalang.com

Roadmap to Success: Career Path in 3D Animation Production
Fast Track to International Degree