Blog

BAGIKAN

Mengenal Mitologi dalam Animasi dan Inilah 3 Rekomendasi Filmnya

mitologi animasi

Kamu mungkin pernah menyaksikan film animasi bertema kisah para dewa dari luar negeri. Film-film seperti Saint Seiya dari Yunani atau Naruto dari Jepang adalah contoh film animasi yang menggambarkan dewa atau makhluk kuat dengan kekuatan super.

Fenomena ini disebut mitologi. Kisah-kisah mitologi memiliki daya tarik tersendiri untuk diadaptasi menjadi film animasi. Buktinya, telah banyak film bertema mitologi yang sukses dirilis. Penasaran apa itu mitologi dalam animasi dan film-film apa saja yang direkomendasikan? Simak artikel ini untuk mengetahuinya!

Mitologi dalam animasi

Pengertian mitologi, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adalah ilmu tentang bentuk sastra yang berisi konsepsi dan dongeng suci mengenai kehidupan dewa dan makhluk halus dalam suatu kebudayaan.

Dalam film, cerita-cerita tentang dewa sering kali bersifat fiktif, diciptakan untuk hiburan. Namun, banyak dari kisah-kisah ini mengambil inspirasi dari berbagai mitologi, termasuk nama, sifat, dan kekuatan tokoh-tokoh mitologi tersebut.

Di Indonesia, film animasi yang mengangkat cerita rakyat dan kekayaan budaya lokal dapat menjadi inspirasi bagi animator. Saat ini, popularitas film animasi meningkat, yang menjadi kesempatan untuk melestarikan budaya dan kearifan lokal serta memberikan manfaat ekonomi melalui cerita-cerita tersebut.

Tantangan dalam membuat animasi mitologi

Beberapa ahli perfilman Indonesia menyatakan bahwa mengadaptasi mitologi dan cerita rakyat menjadi animasi menghadapi beberapa tantangan dalam praktik industri. Selain selera masyarakat yang berubah dari masa ke masa, yang membuat cerita rakyat mungkin dianggap kurang menarik, struktur cerita dalam mitologi umumnya mengandung pesan dalam bentuk simbol-simbol yang memerlukan minat khusus untuk memahaminya.

Struktur cerita yang cenderung simbolik ini perlu disesuaikan agar sesuai dengan karakter penonton di era kekinian. Menghadapi tantangan ini, upaya kreatif dan penyesuaian diperlukan agar adaptasi mitologi dan cerita rakyat dapat sukses dalam menyentuh dan menarik minat penonton modern.

Rekomendasi film-film animasi mitologi

Saat ini kita lebih banyak mengenal film-film animasi bertema mitologi dari luar negeri, seperti Yunani dan Jepang. Walaupun begitu, Indonesia juga memiliki karya animasi mitologi yang bisa kamu tonton. Berikut beberapa rekomendasi film animasi mitologi dari dalam maupun luar negeri :

  • Inuyasha

inuyasha

InuYasha, salah satu animasi yang menemani masa kecil anak ’90-an juga menghadirkan karakter dari mitologi Jepang. Serial ini bercerita tentang Kagome yang kembali ke era Sengoku setelah memasuki sumur keramat di rumahnya dan bertemu yokai, manusia setengah iblis bernama Inuyasha.

Karakter Inuyasha ini sebenarnya terinspirasi dari yokai anjing yang dikenal sebagai Inugami. Dalam mitologi Jepang, Inugami diciptakan dengan memenggal anjing kelaparan dan konon ritual tersebut bisa mengabulkan semua permintaan.

  • Spirited Away

spirited away

Bercerita tentang kisah seorang gadis berusia 10 tahun bernama Chihiro dan kedua orangtuanya yang masuk ke sebuah tempat seperti taman hiburan terbengkalai yang merupakan tempat istirahat makhluk supernatural dari alam duniawi.

Salah satu karakter yang diadaptasi dari mitologi Jepang adalah Boh, anak berkekuatan super yang dibesarkan oleh ibu seorang penyihir di Pegunungan Ashigara. Dalam mitologi Jepang, Boh adalah Kintaro yang dipercaya memiliki kekuatan besar.

  • Petualangan Garuda Cilik

Petualangan Garuda Cilik

Film animasi garapan Chandra Endroputro ini berkisah tentang pengorbanan Garuda mencari air keabadian, Tirta Amerta demi membebaskan Ibunya dari perbudakan. Berbagai rintangan dihadapi dengan keberanian hingga akhirnya setia menjadi kendaraan Dewa Wisnu.

Kisah aslinya dicuplik dari asal-usul Garuda Wisnu Kencana. Dalam cerita aslinya diceritakan seorang raja memiliki 100 orang istri, salah dua diantaranya, Kadru dan Winata, berselisih dan bersaing untuk merebut hati sang raja.

Dikemas secara menarik dan mudah dipahami, film animasi keluarga ini merupakan hasil karya anak bangsa dan telah berhasil memperoleh penghargaan Piala Citra tahun 2015 sebagai “Film Pendek Animasi Terbaik”.

Tadi telah dijelaskan mengenai mitologi dalam animasi dan beberapa rekomendasi filmnya. Menarik, bukan? Ternyata jalan cerita dalam film animasi dapat terinspirasi dari berbagai sumber. Jika kamu tertarik untuk membuat film animasi yang mengangkat kekayaan budaya Indonesia, IDS International Design School menyediakan program Digital Animation & Games yang tepat untukmu.

Program ini mengajarkan berbagai teknik menggambar animasi dan juga bagaimana menyampaikan cerita melalui gambar. Jadi, jika kamu berminat untuk mengejar karier di bidang animasi, ayo daftar di sekolah animasi di IDS International Design School sekarang!

College Program

Jago Bikin Film