Blog

BAGIKAN

Menjadi Assistant Camera Profesional

Assistant Camera

Apa itu 1st AC (Assistant Camera)?

Ketika kamera mulai rolling, tugas 1st AC (Assistant Camera) adalah untuk memfokuskan kamera. Perlu skil istimewa supaya sepanjang film bisa selalu fokus. Tapi bukan hanya itu saja tugas 1st AC. Perlu waktu untuk mengatur dan benar-benar mengendalikan kamera. Hal ini perlu leadership yang baik. Oleh karena itu disini dibagikan berbagai tips dan skill yang diperlukan untuk para 1st AC atau Assistant Camera dari para kameramen profesional.

DIEGO MONTIEL

Jaga tim kamu

Pahami cara menyampaikan berita buruk seperti berita baik. Pahami kapan untuk menyampaikan kepada tim, atau biarkan mereka yang memahaminya sendiri. Harus seimbang. 

Jangan anggap tim seperti anak kecil

Kamu tidak keren hanya karena kamu punya anggota di bawah kamu. Tetap bicara pada mereka dengan baik dan tulus, jangan menghakimi, dan dengarkan mereka. Integritas akan membuat seseorang menghormati kamu dengan sendirinya. Kalau kamu bercanda, maka siap-siap untuk diajak bercanda. Tapi kalau kamu tidak suka bercanda, jangan mulai bercanda dengan mereka. 

Mampu secara fisik dan metal

Jaga kesehatan dan jaga pola hidup. Ingat Tom Cruise terkena pedang, tapi bisa berubah seketika jadi mampu menghindar karena mental dan fisiknya mampu menghandle.

Have Fun!

Ini bukan tentang siapa yang paling hebat, tapi justru tentang tim yang baik. Seperti halnya olahraga tim yang harus saling bekerja sama dengan baik antar anggota tim. Setiap kamera bergerak disitulah tim saling melengkapi. Setelah bisa dilengkapi, perjalanan akan smooth saling melengkapi dan saling menyempurnakan.

ANDREW BRADFORD

Sebenarnya mengatur fokus kamera adalah hanya 10% dari tugas 1st AC (Assistant Camera)

Meskipun sebenarnya mengatur fokus itu penting, tapi sisanya adalah bagaimana kamu mengatur tim dan mengatasi perbedaan pendapat atau yang lainnya. Mengatur tim adalah kunci. Film sejatinya adalah game mengatasi masalah. Kalau game over, bermakna kamu tidak berhasil dalam pembuatan film ini.

Antisipasi

Selalu ada hal yang terjadi, dan seringkali kita dalam keadaan tidak siap. Bisa saja tiba-tiba harus mengubah lensa, stik kamera, atau sesuatu lain yang mempengaruhi frame utama. Kita tidak akan pernah tahu kapan kita harus mengantisipasi. Mungkin sesimpel ketika harus menyiapkan kartu memori siap saat kita berpindah tempat shooting.

Pastikan lingkungan selalu bersih

Terutama kebersihan kamera. Set kamera yang bersih dan rapi dengan yang tidak bersih maupun rapi, bisa sangat terlihat perbedaannya. Hal ini bisa menghambat proses shooting, terlebih dengan kabel-kabel yang bisa mengganggu mobilitas. 

Pahami dan Cintai Sisi Teknis

Ketika kita memahami sekaligus mencintai sisi teknis, kita akan bisa menyelesaikan masalah-masalah tersebut dengan solusi yang kreatif.

Jangan ragu melangkah

Pastikan setiap hal yang kamu lakukan bisa mengasah dan mendukung skill kamu sebagai AC atau Assistant Camera, karena nanti kamu akan bisa memotivasi tim untuk terus bertumbuh dan menjadi lebih baik.

NICHOLAS REY

Be Nice!

Memang terlihat spele, tapi ini terlalu penting untuk dilewatkan. Justru karena kita dengan tulus berbuat baik, kita ada di industri ini. Mereka nyaman melihat kita bekerja di bidang ini dan nyaman dengan keberadaan kita. Kita juga tidak akan pernah tahu siapa yang menjadi bos kita suatu saat. Itulah kenapa penting menjadi baik kepada setiap orang.

Peduli dan sadar

Peduli dan sadar terhadap apa yang disekitar. Siapa yang memberikan masukan, apa yang disarankan, kapan harus memberi saran, dan lain lain. 

Terus belajar!

Kita selalu bisa bertumbuh. Maka penting untuk selalu terbuka menerima ilmu bahkan dari seseorang yang tidak kita duga. Selalu ada kesempatan untuk belajar setiap bertemu orang baru. Kamera dan teknologinya juga terus menerus mengalami perkembangan pesat. Maka jika tidak terus belajar, kita akan tertinggal dan tidak akan bisa beradaptasi dengan perubahan. Sangat perlu juga untuk selalu up to date mengenai apa yang sedang marak digunakan atau dibicarakan para ahli kamera. Supaya kita bisa memperkaya referensi akan apa yang paling tepat digunakan untuk produksi kita. 

Stay calm

Salah satu hal yang paling penting adalah untuk tetap tenang dan rileks akan apapun yang terjadi. Ketika kita tetap tenang dan relaks, kita selalu bisa mengontrol apa yang kita katakan atau lakukan. Jadi sehingga masalah datang, slow down, pikirkan, jangan menjadi rancu, lalu biarkan kita menyelesaikan masalah dengan tenang, agar bisa mengurangi kesalahan dan keteledoran juga. Dalam camera department, penting untuk tetap tenang dan terkontrol. Karena ketenangan atau sebaliknya ini menular kepada orang disekitar. Maka ciptakan ketenanganmu sendiri. 

Silakan aplikasikan tips-tips diatas agar bisa menjadi 1st AC atau Assistant Camera yang dipercaya oleh banyak pihak dan menjadi titik baik karir kamu. Sebagai tambahan informasi, kamu bisa mempelajari lebih banyak dan spesifik mengenai perfilman atau video dengan bergabung bersama kami di IDS | International Design School, khususnya College Program dengan jurusan Digital Film and Media Production. Tunggu apa lagi untuk join? See you there!

JOIN NOW!

How to Start Your Career in Animation & Game Industry
Fast Track to International Degree