Blog

BAGIKAN

Menjelajahi Tren Desain 2024: Dari Pixelation hingga Surrealism

sketsa desain grafis

Melangkah ke tahun 2024, panggung global desain terbuka lebar untuk memasuki bab baru kreativitas yang memukau. Setiap detik menjadi catatan dalam evolusi inovasi dan keberanian artistik. Estetika visual mengambil langkah maju dengan tren-tren mendalam yang memperkaya keindahan sekaligus menghadirkan solusi fungsional terbaik. Dari eksplorasi pixelation hingga perjalanan melintasi dunia surrealism, mari bersama-sama meresapi dan meneropong puncak-puncak kreativitas yang akan mengukir sejarah desain tahun ini. Selamat datang di era mutakhir desain, di mana inspirasi dan penciptaan menyatu, menciptakan pandangan baru yang memukau dalam dunia estetika visual!

Untuk kamu, baik yang masih dalam tahap pemula maupun yang telah berpengalaman dalam dunia desain, mengantisipasi tren desain grafis 2024 menjadi langkah krusial. Melihat beberapa prediksi tren di bawah ini bukan hanya memberikan inspirasi baru, tetapi juga membantu kamu merancang strategi yang lebih unggul dalam menghasilkan karya-karya yang mampu bersaing di tahun mendatang.

Dalam proses ini, jangan ragu untuk mempertimbangkan untuk mempelajari keterampilan baru atau menggali gaya desain yang mungkin belum pernah kamu eksplor sebelumnya. Perkembangan dunia desain memberikan ruang luas bagi eksperimen dan inovasi, dan dengan mengadopsi elemen-elemen baru, kamu dapat meningkatkan keahlianmu sambil menjelajahi keberagaman konsep kreatif. Dengan begitu, kamu dapat menghadapi tahun 2024 dengan segala kesiapan dan kesegaran ide yang baru.

Top 5 Tren Desain 2024

1. Pixelation

pixelation

Tren desain grafis Pixelation muncul sebagai perwujudan kreativitas yang mendalam, merangkul akar dari era video game dan animasi komputer 8-bit yang klasik. Dengan menyuguhkan sentuhan visual yang khas, tren ini berhasil menghadirkan nuansa kenyamanan dan nostalgia yang menggetarkan. Penggunaan kisi, bentuk huruf yang bersegi empat, dan seni pixel menjadi elemen utama yang mengalir dengan harmonis, membentuk estetika unik yang dipegang teguh oleh tren ini. Keberanian dalam menggabungkan unsur-unsur pixel art ini menciptakan desain yang tak hanya bersifat modern, namun juga mengeluarkan kehangatan melalui elemen-elemen grafis yang membawa ingatan pada keindahan masa lalu.

2. Flow and FormĀ 

flow and formĀ 

Flow and Form memadukan keindahan bentuk-bentuk geometris dan kealamian organik. Dalam tren ini, esensi sepenuhnya berkisar pada atmosfer profesional yang diselipkan dengan kehidupan melalui seni blob yang bermain-main, serta bentuk-bentuk yang mengalir dengan lembut di mural dan merek-merek yang memancarkan semangat muda. Dengan menyatukan elemen-elemen ini, Flow and Form tidak hanya menghadirkan estetika yang mencolok, tetapi juga mengekspresikan dinamika antara struktur yang tegas dan kelembutan yang alami, menciptakan pengalaman visual yang memikat dan penuh semangat.

3. Motion Collage

motion collage

Tren motion collage memunculkan inspirasi dari budaya zine, scrapbook buatan tangan, dan seni kolase foto. Dalam perpaduan kreatif ini, tercipta tampilan yang kompleks dan dinamis, menghadirkan perubahan yang terus-menerus dalam setiap elemen. Dengan memanfaatkan unsur-unsur dari kultur zine yang penuh karakter, kekreatifan scrapbook yang personal, dan dinamika kolase foto, tren ini menggambarkan harmoni unik antara kekacauan dan keindahan. Motion collage menciptakan narasi visual yang terus berkembang, mengajak penonton untuk menjelajahi lapisan-lapisan makna dalam setiap elemen yang terlibat, menciptakan pengalaman yang tidak hanya estetis tetapi juga penuh dengan kejutan.

4. Surrealism

surrealism

Merangkul estetika seni pada abad ke-20, seni fantasi, dan desain yang ethereal dan aneh, tren ini menonjolkan hubungan yang mendalam di bawah sadar sebagai inti dari ekspresinya. Dengan inspirasi yang meluas dari gerakan seni masa lalu dan dunia fantasi, tren ini membentuk lanskap visual yang memikat dan membingkai keterhubungan antara elemen-elemen yang berbeda. Sentuhan ethereal dan nuansa yang aneh menciptakan atmosfer yang memikat, memungkinkan setiap karya untuk menjadi perjalanan yang mendalam ke dalam kompleksitas bawah sadar dan mendekati wilayah magis imajinasi.

5. The Bold Rebrand

the bold rebrand

Bayangkanlah kombinasi skema warna yang cerah dan berpendar, ditemani oleh penggunaan huruf sans serif yang berbentuk bulat. Organisasi yang ingin mengadopsi perubahan secara generasional dapat memanfaatkan tren ini sebagai sarana untuk mengekspresikan pesan positif, menyemangati keseruan, dan menaburkan aura optimisme. Dalam menyuarakan transformasi generasional, elemen-elemen desain yang penuh warna dan bersifat ramah ini menciptakan identitas yang segar dan bersahabat, mencerminkan semangat perubahan dan keterbukaan terhadap ide-ide baru.

Seiring dengan perkembangan berbagai perusahaan dalam industri yang sangat kompetitif, fokus untuk memberikan pengalaman pengguna dan persepsi merek yang sangat baik menjadi semakin mendesak. Menjadi pelopor dalam tren desain dengan cepat telah menjadi prioritas bisnis utama. Mampu tetap selaras dengan tren-tren ini memberikan keuntungan bagi para desainer untuk menciptakan produk yang sesuai dengan preferensi audiens target mereka. Dengan demikian, desain yang memanfaatkan tren-tren terkini dapat menangkap perhatian dengan lebih efektif dan memberikan kesan pertama yang positif, membantu menciptakan ikatan yang kuat antara merek dan konsumen.

Ingin belajar mengenai desain grafis? Ayo ikuti Program Digital Design & Illustration di IDS Education!

College BTEC

Mengapa memilih IDS sebagai tempat belajar desain? Karena dalam Program Digital Design & Illustration kami, kamu akan belajar untuk menggabungkan pemikiran kreatif, estetika desain, pembuatan ilustrasi, dan strategi komunikasi guna menciptakan karya desain unggul yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Kurikulum kami difokuskan pada aspek-aspek penting seperti tipografi, fotografi, ilustrasi, komposisi, dan pemahaman tentang pemanfaatan warna. Kami juga memberikan penekanan pada desain berbasis pengguna, termasuk design thinking, UI & UX. Kamu akan dibimbing dalam mengembangkan ide, merancang, dan menerapkan solusi desain yang efisien dan sesuai dengan kebutuhan klien.

Tidak hanya itu, IDS juga memberikan pemahaman yang mendalam mengenai kebutuhan bisnis, sehingga kamu siap untuk berkarir di berbagai sektor industri kreatif maupun lingkungan startup. Bergabunglah dengan kami untuk mengasah bakat dan pengetahuan kamu dalam dunia desain digital yang dinamis.

Roadmap to Success: Career Path in 3D Animation Production
Fast Track to International Degree