Blog

BAGIKAN

Panduan Google My Business, Apa Pentingnya untuk Promosi Bisnis?

Google My Business

Apa yang Anda lakukan jika membutuhkan sebuah layanan di tempat yang baru pertama kali kamu kunjungi? Kamu mungkin akan mencari layanan yang kamu butuhkan tersebut lewat Google. Kamu pun akan menemukan berbagai rekomendasi yang tersedia di tempat kamu berada pada saat itu. Pertanyaannya, bagaimana cara mereka menampilkan bisnis mereka di Google? Inilah saat kamu perlu berkenalan dengan Panduan Google My Business atau Google My Business.

Apa Itu Google My Business?

Google My Business atau yang lebih sering disebut dengan Google My Business merupakan sebuah tools dari Google yang dapat digunakan untuk bisnis atau organisasi dengan mengelola kehadiran mereka di internet lewat Google.

Dengan mendaftar di Google My Business, profil bisnis kamu akan tampil pada halaman hasil pencarian (SERP) lokal di Google serta Google Maps.

Dengan Google My Business kamu dapat membuat bisnis kamu mudah untuk ditemukan dan dikenal dengan personalisasi alamat, nomor telepon, jam buka, foto, serta review dari para pelanggan sebelumnya.

Google My Business

Apa Alasan Penting Menggunakan Google My Business?

Menggunakan Google My Business membuat bisnis kamu lebih mudah ditemukan oleh pelanggan dengan tampil di hasil penelusuran Google dan Google Maps. Selengkapnya alasan penting menggunakan Google My Business adalah sebagai berikut:

  • Memberikan Informasi Valid Mengenai Bisnis

Keterpercayaan merupakan salah satu faktor yang seringkali mempengaruhi keputusan penggunaan produk atau layanan tertentu. Karena itulah pelanggan seringkali mencari informasi terlebih dahulu di Google.

Mereka dapat menemukan informasi valid mengenai bisnis kamu dari Google, seperti alamat, nomor telepon, website, foto lokasi, hingga review dari konsumen sebelumnya.

  • Membantu Pelanggan Menemukan Bisnis

Pelanggan pun akan dimudahkan jika kamu mendaftar di Google My Business. Mereka dapat menemukan lokasi dan saluran komunikasi dengan lebih mudah.

Fitur ini akan sangat berguna untuk bisnis yang memerlukan interaksi langsung, seperti rumah sakit, restoran, supermarket, dan lain sebagainya.

  • Membangun Komunikasi dengan Pelanggan

Pelanggan dapat memberikan ulasan mengenai produk dan layanan kamu di profil bisnis kamu. Bisnis kamu akan diperkuat dengan ulasan positif.

Kamu juga tidak dapat menghindarkan bisnis dari ulasan negatif seperti komplain dan kritik. Namun kamu dapat memperbaikinya lebih awal dengan memberikan tanggapan yang baik.

  • Mendapatkan Insight Mengenai Pelanggan

Google My Business memberikan kamu insight mengenai pelanggan kamu. Kamu dapat memantau beragam data yang dapat kamu kustomisasi.

Dengan data tersebut, kamu dapat mengenal pelanggan kamu. Dengannya kamu dapat menentukan strategi bisnis yang terbaik untuk bisnis kamu.

  • Meningkatkan Traffic Website

Google My Business memiliki integrasi dengan website bisnis. Dengannya kamu dapat mengakses laporan terperinci dan mendalam mengenai traffic website bisnis yang kamu sertakan.

Google My Business

Bagaimana Cara Mendaftar Google My Business?

Setelah mengetahui pentingnya Google My Business, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara mendaftar Google My Business?

Pertama-tama kamu perlu mempersiapkan lokasi toko atau kantor sebagai petunjuk arah di Google Maps. Kamu juga memerlukan informasi pasti mengenai bisnis, seperti nama bisnis, deskripsi singkat, nomor telepon, email, website, dan informasi penting lainnya.

  1. Dengan akun Google, kunjungi website Google My Business dan klik ‘Mulai Sekarang’.
  2. Masukkan nama bisnis
  3. Masukkan alamat bisnis
  4. Masukkan koordinat maps
  5. Pilih kategori bisnis
  6. Masukkan Kontak Bisnis, seperti nomor telepon dan URL website bisnis
  7. Pilih ‘Ya’ untuk terus mengupdate informasi Google My Business
  8. Verifikasi Google My Business, biasanya dilakukan via Pos ke alamat yang telah kamu tuliskan sebelumnya. Pilih kirim untuk segera mengirimkan Pin verifikasi Google My Business
  9. Lengkapi profil bisnis dari dashboard Google My Business. Kamu juga dapat menggunakan Google My Business versi mobile dengan mendownload aplikasinya di playstore.

Simpulan

Demikian panduan singkat mengenai penggunaan Google My Business untuk kesuksesan bisnis kamu. Google My Business merupakan salah satu alat yang dapat mengoptimalkan promosi bisnis dengan membangun online presence lewat Google.

Dengannya pelanggan dapat dengan mudah mencari tahu bisnis kamu dan dengan informasi tersebut, mereka dapat membangun rasa percaya yang berpengaruh pada kaputusan penggunaan produk dan layanan.

Maka sangat disayangkan jika kamu melewatkan kesempatan tersebut dengan tidak memulai Google My Business untuk bisnismu sekarang.

Sumber: qwords.com

JOIN NOW!