Blog

BAGIKAN

Apa itu Ilustrasi? Simak Pengertian dan Prinsip-prinsipnya

Ilustrasi

Illustrasi merupakan salah satu cara menggambar yang unik dan menarik untuk diketahui. Perkembangan peminat gambar ilustrasi dari waktu ke waktu semakin tinggi karena gambar ilustrasi memiliki karakter yang berbeda dengan gambar-gambar yang lain. Gambar ilustrasi memiliki karakter yang khas dan dapat memancing orang untuk tertarik dan langsung menyukai karakternya.

Gambar ilustrasi sekarang sudah mulai mudah ditemui di berbagai platform. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui secara pasti perihal pengertian gambar ilustrasi terutama prinsip-prinsip yang harus dipakai dalam menggambar ilustrasi. Artikel ini akan membahas tentang pengertian dan prinsip ilustrasi yang dirangkum dari berbagai sumber.

Pengertian Ilustrasi

Kata ilustrasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti gambar (foto, lukisan) untuk membantu memperjelas isi buku, karangan, dan sebagainya. Kata ilustrasi sendiri berasal dari bahasa Latin yaitu ilustrate, yang memiliki arti menjelaskan atau menerangkan. Oleh karena itu, ilustrasi berarti gambar yang bersifat menerangkan sebuah narasi atau peristiwa.

Melansir dari laman sumber.belajar.kemdikbud.go.id Ilustrasi juga bisa dikatakan sebagai sebuah proses menggambar yang memiliki tujuan-tujuan yang spesifik. Oleh karena itu, menggambar ilustrasi cukup berbeda dengan proses menggambar biasa. Proses menggambar ilustrasi biasanya memiliki tujuan untuk memperkuat cerita, memperindah, dan memperbagus sebuah kisah.

Gambar ilustrasi sangat berguna di dalam sebuah cerita. Kisah yang dipaparkan dengan disertakan sebuah gambar ilustrasi akan membantu membaca dan merangsang mereka untuk beradaptasi dalam cerita tersebut. Oleh karena itu, ilustrasi sangat membantu dalam mengembangkan imajinasi dan juga lebih memudahkan untuk memahami sebuah narasi.

Menggambar illustrasi juga memiliki fungsi lain yang perlu diketahui. Berikut ini adalah fungsi dari menggambar ilustrasi:

  • Menarik perhatian pembaca karena memiliki warna yang cukup unik.
  • Memudahkan orang dalam memahami suatu keterangan dalam rangka untuk memberikan penjelasan sebuah cerita yang disajikan.
  • Sebagai sarana untuk mengungkapkan pengalaman sebuah kejadian yang dituangkan dalam sebuah gambar.
  • Memberikan penjelasan melalui gambaran singkat isi tulisan atau cerita yang ingin disampaikan.
  • Sebagai nilai keindahan dalam sebuah perwajahan.

Ilustrasi

Prinsip-prinsip Ilustrasi

Setelah mengetahui tentang pengertian ilustrasi yang disertai dengan tujuannya. Kamu juga perlu mengetahui prinsip-prinsip dalam menggambar ilustrasi. Secara umum ada 4 prinsip illustrasi yang harus dipahami. Berikut ini adalah 4 prinsip yang perlu diketahui.

#1 Komposisi

Prinsip pertama menggambar ilustrasi adalah komposisi. Komposisi adalah satu faktor penting dalam menggambar apapun termasuk ilustrasi. Oleh karena itu, komposisi yang tepat akan membantu gambar ilustrasi menjadi lebih baik dan berkarakter. Komposisi juga bisa bisa membuat gambar yang dibuat menjadi lebih indah secara menyeluruh.

Komposisi pada sebuah gambar ilustrasi biasanya meliputi jenis, objek, warna, dan juga latar belakang. Gambar ilustrasi tanpa sebuah komposisi yang jelas akan kehilangan karakter dan pola yang sudah ditentukan.

#2 Proporsi

Prinsip kedua dalam sebuah gambar ilustrasi adalah proporsi. Proporsi selalu berhubungan dengan sedikit atau banyaknya objek yang ingin digambar dalam sebuah gambar ilustrasi. Proporsi pada gambar ilustrasi haruslah pas dan ideal. Tidak kurang dan tidak lebih. Tujuan dari adanya prinsip proporsi ini adalah supaya gambar yang dihasilkan bisa dinikmati dengan baik.

Gambar ilustrasi dengan proporsi yang pas akan bisa dilihat dengan lebih harmonis dan dapat bersinergi dengan baik untuk menghasilkan sebuah gambar yang baik dan enak dipandang mata. Sebuah gambar tanpa proporsi yang pas hanya akan membuat orang lain yang melihat akan kebingungan dan kesulitan mendapatkan pesan dari gambar yang diilustrasikan.

#3 Keseimbangan dan Keselarasan

Prinsip ketiga dari sebuah gambar ilustrasi adalah keseimbangan dan keselarasan. Keseimbangan berarti gambar ilustrasi yang disajikan seimbang. Baik dari pesan maupun proporsinya. Sedangkan keselarasan berarti sebuah gambar haruslah selaras satu sama lain. Baik antar satu objek utama dan objek pendukung, atau juga antar gambar dengan kisah yang diilustrasikan.

Tanpa keseimbangan dan keselarasan, gambar ilustrasi akan menyulitkan orang lain untuk memahami isi dan maknanya. Oleh karena itu, prinsip ini sangat penting untuk diketahui.

#4 Kesatuan

Prinsip keempat dari sebuah gambar ilustrasi adalah kesatuan. Kesatuan merupakan faktor penting yang mempengaruhi apakah gambar ilustrasi bisa dipahami dengan baik atau tidak. Kesatuan yang dimaksud di sini adalah kesatuan antara gambar dengan warna, atau juga gambar dengan gambar.

Jika gambar illustrasi tidak memiliki prinsip kesatuan maka pesan dari gambar tidak akan bisa tersampaikan dengan baik kepada orang-orang. Oleh sebab itu, gambar ilustrasi diharapkan bisa menyatu sebagai sebuah satu kesatuan yang utuh.

Demikian adalah pengertian dan prinsip-prinsip dalam menggambar ilustrasi. Gambar ilustrasi sejauh ini memang masih menjadi andalan untuk menjelaskan secara lebih detail cerita atau kisah yang tengah dipaparkan. Dengan gambar ilustrasi, orang akan lebih mudah paham terhadap sebuah informasi yang disampaikan.

Kamu ingin belajar membuat ilustrasi? Kamu bisa sekolah desain di IDS | International Design School. kembangkan bakat desainmu dengan mengikuti Program College Digital Design & Illustration. Dengan belajar selama 20 bulan langsung dari ahlinya, kamu bisa loh mewujudkan cita-citamu untuk menjadi seorang desainer grafis yang professional di bidangnya.

JOIN NOW!

Jago Bikin Film