Blog

BAGIKAN

Perjalanan Para Ahli Efek Visual: Pengumuman Penerima Penghargaan VES Fellows 2023

ves 2023

VES (Visual Effects Society) telah mengumumkan penerima penghargaan VES Fellows terbarunya. Mereka akan dirayakan dalam sebuah acara khusus yang berlangsung pada bulan Oktober. Para VES Fellows yang dihormati tahun ini akan menerima huruf post-nominal “VES” sebagai pengakuan atas kontribusi luar biasa mereka dalam industri efek visual. Para penerima penghargaan ini adalah Jeff Barnes, Toni Pace Carstensen, Bob Coleman, Chuck Finance, Shannon Gans, Tim McGovern, dan Ray McMillan.

Ketua Dewan VES, Lisa Cooke, menyatakan, “Para penerima penghargaan VES kami mewakili sekelompok seniman, inovator, dan profesional luar biasa yang memiliki dampak besar dalam industri efek visual. Mereka juga telah memberikan pelayanan yang luar biasa kepada komunitas VFX global. Kami dengan bangga memberikan penghargaan kepada mereka yang telah membantu membentuk warisan bersama kami dan terus menginspirasi generasi praktisi VFX masa depan.”

1. Jeff Barnes, VES

Jeff Barnes, VES

Seorang eksekutif kreatif yang telah memberikan pengaruh besar di dunia hiburan dan teknologi, dengan jejak karir yang merentang dari Silicon Valley hingga Hollywood. Saat ini menjabat sebagai Wakil Presiden Eksekutif Pengembangan Kreatif di Light Field Lab, Barnes aktif dalam mendorong inisiatif pemasaran lintas saluran dan pembuatan konten untuk platform tampilan holografik inovatif yang dikenal sebagai SolidLight, yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Sebelumnya, Jeff Barnes adalah salah satu pendiri dan pemimpin di beberapa perusahaan terkemuka di bidang hiburan dan efek visual. Di antara perusahaan-perusahaan tersebut adalah CaféFX, The Syndicate, dan Sententia Entertainment. Studio-studio yang dipimpinnya telah menjadi penyedia citra yang memenangkan berbagai penghargaan dalam lebih dari 80 film layar lebar yang dirilis oleh studio-studio terkenal, termasuk film-film seperti “Armageddon,” “The Aviator,” “Pan’s Labyrinth,” “Alice in Wonderland,” “Iron Man,” dan wahana taman hiburan “Harry Potter and Forbidden Journey” di Universal Studios.

Selama kariernya, Barnes telah berperan aktif dalam pengembangan, dukungan, dan kemajuan komunitas kreatif. Ia pernah menjabat sebagai Ketua dan Wakil Ketua Dewan Direksi global VES (Visual Effects Society), dan juga diakui dengan gelar Anggota Seumur Hidup VES sebagai pengakuan atas kontribusinya yang berharga dalam industri efek visual.

2. Toni Pace Carstensen, VES

Toni Pace Carstensen, VES

Salah satu anggota pendiri Visual Effects Society (VES). Ia bergabung dengan organisasi tersebut sebagai anggota keempat dengan nomor keanggotaan 0004. Toni Pace Carstensen juga memiliki sejarah panjang dalam peran kepemimpinan di VES, di mana ia pernah menjabat sebagai Bendahara pertama dalam organisasi ini.

Selain itu, Toni Pace Carstensen adalah salah satu anggota pendiri Komite Eksekutif VES dan telah menjadi bagian dari Dewan Direksi global VES selama bertahun-tahun. Ia juga memiliki peran penting sebagai Ketua Bersama Komite Pendidikan Global VES. Selain itu, ia merupakan editor bersama edisi pertama Buku Pegangan Efek Visual VES.

Toni Pace Carstensen juga terlibat dalam pengembangan konsep VESAGE, sebuah buku yang menampilkan seni pribadi anggota VES. Selain itu, ia pernah menjabat sebagai Ketua Komite Visi VES, yang berfokus pada berbagai aspek dalam industri efek visual, termasuk VR/AR dan hologram. Selain peran-peran organisasi, Toni Pace Carstensen juga pernah menjabat sebagai Bendahara Bagian Los Angeles.

Di dunia produksi film, Toni Pace Carstensen memiliki kredit fitur yang mencakup peran sebagai Produser VFX/Manajer Produksi Digital dalam film-film seperti “Avatar,” “Minority Report,” dan “Fantasia 2000.”

Toni Pace Carstensen adalah Anggota Seumur Hidup VES dan pada tahun 2017, ia menerima penghargaan VES Founders Award sebagai pengakuan atas kontribusi luar biasanya dalam industri efek visual.

3. Bob Coleman, VES

Bob Coleman, VES

Sama-sama dianugerahi penghargaan Anggota Seumur Hidup VES pada tahun ini. Beliau merupakan Presiden dan Pendiri dari Agensi Seniman Digital. Agensi Seniman Digital (DAA) telah mengumpulkan tim talenta VFX yang terdiri dari para seniman yang telah memenangkan Academy Award, VES Award, dan Emmy Award. DAA diakui sebagai agensi yang terkemuka dalam mewakili artis VFX yang bekerja di film layar lebar, televisi, dan iklan.

Karier Bob Coleman dalam produksi film, efek visual, dan pasca produksi telah berlangsung selama lebih dari 40 tahun. Selama perjalanan karirnya, ia telah menduduki posisi-posisi kepemimpinan senior di perusahaan-perusahaan terkemuka seperti Victor Duncan Inc., Optimus Inc., Editel Chicago, Lucas Arts, Skywalker Sound, Digital Magic, serta entitas seperti Virgin Digital Studios 525 dan Virgin Televisi de Meksiko.

Bob Coleman juga telah lama menjadi bagian dari Komite Penghargaan VES, di mana ia aktif selama 23 tahun. Dari tahun tersebut, ia menjalani sembilan tahun sebagai Ketua Komite. Selain itu, ia telah memberikan kontribusi dan kepemimpinan yang signifikan bagi berbagai komite di VES, termasuk Komite Ketenagakerjaan dan Hukum, Tunjangan, KTT VES, serta Keanggotaan Bisnis VES.

4. Chuck Finance, VES

Chuck Finance, VES

Chuck telah menjadi anggota berharga di dalam Visual Effects Society (VES) selama lebih dari dua dekade. Sebelumnya, dalam kariernya yang berfokus pada pendidikan, informasi, dan pembuatan film teater, Chuck Finance membangun reputasi sebagai seorang produser dan sutradara film sains. Ia telah berkontribusi dalam berbagai proyek film yang berkaitan dengan sains untuk lembaga-lembaga seperti American Geological Institute, National Science Foundation, Jet Propulsion Laboratory, dan berbagai perusahaan produksi film komersial lainnya.

Pada suatu waktu, Chuck Finance adalah salah satu pendiri dari Perpetual Motion Pictures. Di perusahaan ini, ia bertanggung jawab atas produksi efek visual, judul, dan elemen optik dalam berbagai film, termasuk film-film seperti “Bill and Ted’s Excellent Adventure,” “Leviathan,” dan “Mom and Dad Save the World.” Selanjutnya, ia melanjutkan karirnya sebagai seorang Produser VFX lepas dan Konsultan VFX untuk film-film dan program televisi.

Peran Chuck Finance dalam VES juga sangat signifikan. Ia telah berperan dalam VES Awards, dengan keterlibatannya yang mendalam dalam Komite Penghargaan selama hampir dua dekade. Ia bahkan pernah menjabat sebagai Ketua dan Wakil Ketua dalam komite tersebut, memberikan kontribusi penting dalam pengakuan prestasi dalam dunia efek visual.

5. Shannon Gans, VES

Shannon Gans, VES

Shannon dikenal sebagai seorang produser dan pengembang studio serta tim yang beroperasi di persimpangan antara kreativitas, teknologi, dan bisnis. Beliau adalah bagian dari tim Apple yang terlibat dalam pengembangan headset realitas campuran terbaru perusahaan tersebut. Ia bertanggung jawab atas pengembangan konten realitas campuran untuk perangkat tersebut. Selain itu, Shannon Gans juga menjabat sebagai produser eksekutif dalam produksi serial animasi untuk Jon Stewart yang ditayangkan di HBO.

Shannon Gans terkenal karena perannya sebagai CEO dan salah satu pendiri New Deal Studios, sebuah studio kreatif abad 21 yang bergerak dalam bidang efek visual, desain, dan produksi. Studio ini telah meraih banyak penghargaan dan terlibat dalam lebih dari 200 film dan iklan terbesar, termasuk film-film seperti “Interstellar” dan “The Aviator.”

Pengalaman produksi dan pengembangan Shannon Gans sangat luas, mencakup berbagai bidang seperti waktu nyata, film layar lebar independen, iklan, efek visual, dan konten interaktif spasial.

Selama kariernya, Gans telah memainkan peran penting di dalam Visual Effects Society (VES), termasuk dalam berbagai periode di Dewan Direksi global VES, di mana ia telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam perkembangan industri efek visual.

6. Tim McGovern, VES

Tim McGovern, VES

Tim McGovern adalah salah satu yang menerima penghargaan Anggota Seumur Hidup VES dan Penghargaan Pendiri 2023. Ia adalah seorang supervisor efek visual dan Direktur kreatif yang sangat diakui dalam industri. Karirnya dimulai pada awal era efek visual digital/komputer, dan dia telah berkontribusi dalam industri VFX analog dengan pekerjaan pemenang penghargaan di bidang VFX dan animasi komputer.

Prestasi terkenal Tim McGovern meliputi penghargaan Academy Award untuk Efek Visual Digital dalam film “Total Recall.” Selain itu, ia telah meraih lima penghargaan Clio, satu Hugo, dan satu Mobius sebagai pengakuan atas kontribusinya dalam industri periklanan dan efek visual.

Tim McGovern adalah salah satu anggota pendiri Sony Pictures Imageworks dan telah memegang peran penting di perusahaan tersebut, termasuk sebagai Senior VFX Supervisor dan SVP Urusan Kreatif dan Teknis. Setelah meninggalkan Sony Pictures Imageworks, ia melanjutkan karirnya sebagai pengawas efek visual dan pembuat film independen. Ia telah mengawasi VFX untuk film-film Hollywood di Mumbai dan saat ini bekerja di DNEG Mumbai. Selain itu, Tim McGovern juga menjabat sebagai Chief Creative Officer di Whisper Pictures, sebuah perusahaan yang berfokus pada pengembangan dan produksi film keluarga animasi.

McGovern telah memainkan peran kepemimpinan yang signifikan dalam Visual Effects Society (VES) selama lebih dari 20 tahun terakhir. Ia telah menjadi anggota Dewan Direksi global VES dan juga pernah menjadi Wakil Ketua Dewan. Selain itu, ia adalah salah satu pendiri Komite Penghargaan VES dan anggota Produksi Virtual Komite. Selama kariernya, ia juga merupakan Ketua pendiri Komite VES untuk Penjangkauan ke Kawasan Berkembang, dan telah memberikan kontribusi besar dalam pertumbuhan VES di berbagai wilayah di empat benua. Ia juga telah berperan dalam membantu pembentukan Bagian VES di negara bagian Washington, Georgia, Perancis, Jerman, India, serta memberikan dukungan untuk Montreal dan Toronto dalam mencapai status Bagian VES mereka.

7. Ray McMillan, VES

Ray McMillan, VES

Ray McMillan adalah seorang supervisor/produser efek visual yang sangat dihormati, sekaligus sutradara dan sutradara fotografi. Ia dikenal atas kontribusinya dalam berbagai film, termasuk “The Day After Tomorrow,” “The Incredible Hulk,” dan “X-Men.” Karirnya telah dihiasi dengan lebih dari 40 penghargaan, termasuk International Clios, Penghargaan Direktur Seni dari New York, Toronto, Los Angeles, dan Chicago, serta Penghargaan Festival Film dan TV Internasional dari New York.

Awal karier Ray McMillan adalah sebagai seorang animator yang telah mendapatkan pelatihan klasik di Children’s Television Network. Kemudian, ia beralih ke dunia efek visual dan terlibat dalam produksi iklan, film layar lebar, dan serial televisi di seluruh Amerika Serikat dan Kanada. Ia juga memiliki pengalaman sebagai supervisor VFX dalam serial “Jane” yang disiarkan di Apple+.

Selama kariernya, Ray McMillan telah terlibat aktif dengan Bagian VES Toronto. Ia pernah menjabat sebagai Bendahara dan Sekretaris Bagian dalam beberapa kesempatan. Ia juga memainkan peran penting dalam pemutaran film di studio VES Toronto.

Ray McMillan adalah salah satu dari beberapa tokoh yang dihormati dalam dunia industri efek visual. Selain itu, ia telah menerima pengakuan atas kontribusinya melalui pemberian VES Founders Award 2023. Selain Ray McMillan, penghargaan Anggota Seumur Hidup VES juga diberikan kepada beberapa tokoh lainnya seperti Tim McGovern, Bob Coleman, dan Sandra Joy Aguilar, Pengarsip dan Kurator yang ditunjuk oleh Lembaga. Selain itu, produser dan Gubernur AMPAS, Brooke Breton, VES, juga termasuk di antara yang menerima keanggotaan VES Seumur Hidup. Tidak hanya itu, VES Hall of Fame kelas 2023 juga mencakup beberapa nama terkenal dalam industri, seperti Samuel Z. Arkoff, Lawrence W. Butler, Wah Chang, Norman Fajar, ASC, Hari Walter Percy, OBE, Marcel Delgado, Farciot Edouart, ASC, dan Edward D. Wood, Jr.

Apakah kamu tertarik untuk meraih karier di industri animasi? Bergabunglah dengan program Digital Animation & Games di IDS Education!

banner college

Mengapa harus kuliah animasi IDS? Karena Program Digital Animation & Games di IDS fokus pada pengajaran keterampilan kreatif dan teknis yang diperlukan dalam produksi animasi dan efek visual untuk industri film dan televisi. Mahasiswa dalam program ini akan mengembangkan pemahaman menyeluruh tentang proses pembuatan animasi dan game, mulai dari tahap ide dan storytelling, hingga desain karakter, serta produksi karya dengan standar internasional.

Salah satu aspek penting dari program ini adalah penerapan keterampilan menggunakan perangkat lunak industri terkemuka seperti Autodesk Maya dan Unreal Engine. Mahasiswa akan mendalami teknologi dan alat-alat yang digunakan secara luas dalam industri kreatif. Dengan fokus pada detail teknis dan kreativitas, program ini bertujuan untuk melatih para mahasiswa menjadi profesional yang siap untuk berkarir di industri animasi dan game.

Selain itu, program ini mendorong pengembangan portfolio yang kuat, mempersiapkan mahasiswa untuk tantangan dalam industri yang kompetitif. Dengan kombinasi pengetahuan teoritis dan praktis, lulusan diharapkan memiliki keterampilan yang diperlukan untuk menjadi pemimpin di bidang animasi dan game.

College Program

Open Day - Discover your creative
Getting into film and digital vidio industry