Blog

BAGIKAN

Pentingnya Pengembangan Karyawan di Tempat Kerja Modern

pengembangan karyawan

Di tempat kerja saat ini, pengembangan karier telah berubah. Jalur karier statis tidak lagi relevan seperti di masa lalu, hal ini dikarenakan pekerjaan karyawan semakin tidak stabil. Laporan Global Talent Trends 2022 LinkedIn menemukan bahwa 59% karyawan memasukkan pengembangan profesional sebagai area teratas yang harus diinvestasikan oleh bisnis mereka untuk meningkatkan budaya perusahaan. Hal ini menjadi acuan bagi pembisnis untuk melihat pentingnya pengembangan karyawan di perusahaanya.

Meskipun mungkin bisnis sudah menangani pengembangan karyawan dengan baik, ada baiknya untuk mempertimbangkan kembali pendekatan tersebut. Pentingnya pengembangan karyawan bagi karyawan sudah jelas, tetapi apakah pemimpin perusahaan memberikan perhatian yang sama? Di sebagian besar organisasi/perusahaan, ada banyak ruang untuk meningkatkan pengembangan karier, memungkinkan perusahaan membuat perbedaan yang berarti dalam kehidupan karyawan. 

Untuk tetap menjadi pemberi kerja yang kompetitif, penting untuk mengikuti perubahan ini dan menyadari bahwa dibutuhkan lebih dari sebelumnya untuk mempertahankan karyawan. Ada satu solusi yang bisa dimanfaatkan oleh sebuah organisasi/perusahaan, yaitu dengan melakukan pengembangan karyawan.

Mengapa pengembangan karyawan harus menjadi prioritas utama SDM?

Pengembangan karyawan adalah proses membantu karyawan mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman mereka dalam pekerjaan mereka saat ini atau dalam persiapan untuk peran di masa depan. Ini adalah investasi jangka panjang dalam karier karyawan dan keberhasilan bisnis perusahaan.

Pengembangan karyawan tidak hanya memberikan manfaat bagi karyawan, tetapi juga bagi bisnis. Tentu hal ini dapat membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi, memperkuat tim, dan memungkinkan perusahaan untuk merespons perubahan pasar dan teknologi.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan pengembangan karyawan, termasuk pelatihan, mentoring, pengembangan kepemimpinan, dan program rotasi pekerjaan. Penting untuk memahami kebutuhan karyawan dan menyesuaikan program pengembangannya.

Dalam dunia kerja yang semakin tidak banyak perubahan, pengembangan karyawan menjadi semakin penting. Menggunakan pendekatan yang tepat untuk pengembangan karyawan dapat membantu perusahaan untuk mempertahankan karyawan yang berkualitas tinggi dan menciptakan budaya perusahaan yang sehat dan produktif.

Apa itu pengembangan karyawan dan mengapa penting bagi bisnis?

Pengembangan karyawan merupakan praktik untuk mempelajari keterampilan baru dan meningkatkan keterampilan yang sudah dimiliki oleh karyawan. Hal ini melibatkan bantuan dari pemberi kerja, di mana karyawan diberikan kesempatan untuk belajar teknologi dan teknik baru, mengembangkan pengetahuan tentang industri atau pelajaran tertentu, dan meningkatkan kompetensi mereka di berbagai bidang. Pengembangan karyawan penting karena pemberi kerja ingin memiliki karyawan yang sangat terampil, sementara karyawan ingin meraih kesuksesan dalam perannya.

Pendidikan berkelanjutan dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak jika dilakukan dengan benar dan tepat. Salah satu contoh, seorang sales tidak akan diminta untuk mempelajari keterampilan akuntansi jika perusahaan tidak membutuhkan keterampilan tersebut dalam tim mereka. Namun, jika sales mengambil kelas tentang pemasaran digital dan berhasil meningkatkan kehadiran online perusahaan serta menarik bisnis baru, tentu ini akan bermanfaat bagi kedua belah pihak. Dari sisi karyawan yaitu mereka dapat meningkatkan keterampilan mereka dan melihat nilai pekerjaan mereka secara langsung, sementara bagi bisnis dapat menuai hasil dari upaya mereka dan mengisi kesenjangan keterampilan.

Membuat rencana pengembangan karier adalah cara terbaik untuk menemukan perbedaan antara kebutuhan karyawan dan kebutuhan bisnis. Rekanan ini dapat mencakup keterampilan yang dibutuhkan individu dalam peran mereka serta kompetensi yang diperlukan untuk naik ke tingkat berikutnya dalam jalur karier mereka. Berinvestasi dalam keterampilan yang akan membantu karyawan dan bisnis berkembang di masa depan adalah langkah yang cerdas.

Ada banyak cara berbeda untuk melakukan pengembangan karyawan, termasuk program pelatihan berkelanjutan, pelatihan di tempat kerja, bimbingan, tugas peregangan, konferensi, dan kelas. Beberapa organisasi menganggap pengembangan karyawan sebagai “3 P”: Pengalaman di tempat kerja, Paparan (belajar melalui observasi), dan Pendidikan (pembelajaran terstruktur). Menggabungkan ketiganya dalam strategi pengembangan karyawan dapat memberikan jalur holistik menuju pertumbuhan dan meningkatkan keberhasilan karyawan secara menyeluruh.

Secara keseluruhan, penting bagi bisnis untuk memprioritaskan pengembangan karyawan karena hal ini dapat membantu mempertahankan karyawan yang sangat terampil dan memiliki kontribusi pada pertumbuhan bisnis di masa depan.

pengembangan karyawan

Mengapa penting untuk mengembangkan karyawan? 

Terlepas dari manfaat untuk karyawan dan bisnis, ada 4 alasan lain mengapa organisasi/perusahaan harus memprioritaskan pengembangan karier karyawan:

  1. Menarik talenta terbaik: Karyawan ingin tahu bahwa mereka dapat tumbuh dalam organisasi/perusahaan mereka, dan memiliki peluang untuk pengembangan karier yang berkelanjutan dapat membantu menarik kandidat terbaik selama proses rekrutmen.
  2. Mempertahankan karyawan: Pengembangan profesional juga membantu mempertahankan karyawan terbaik. Kurangnya peluang pertumbuhan menjadi alasan paling sering umum untuk karyawan resign, dan kurangnya akses ke pembelajaran dan pengembangan dapat meningkatkan kemungkinan karyawan meninggalkan pekerjaan mereka.
  3. Melibatkan karyawan: Karyawan yang merasa terlibat dalam pekerjaan mereka cenderung lebih produktif, kreatif, dan termotivasi. Pengembangan karier dan tantangan pekerjaan yang menantang dapat membantu meningkatkan keterlibatan karyawan.
  4. Meningkatkan kinerja bisnis: Pengembangan karyawan dapat memperkuat hasil bisnis karena karyawan selalu mengetahui tren industri dan teknologi baru. Ini adalah kesempatan bagi perusahaan untuk memperkenalkan strategi dan penawaran mutakhir, tetap berada di depan pasar, dan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan.

Dalam mengembangkan karyawan, organisasi/perusahaan dapat mencoba beberapa solusi seperti: e-learning, program bimbingan internal, atau proyek minat untuk mendorong karyawan untuk mempelajari keterampilan baru dan berinvestasi dalam pertumbuhan mereka. Mengutip data Culture Amp, organisasi juga dapat memprioritaskan pengembangan karyawan sebagai bagian dari strategi untuk mempertahankan talenta terbaik dan memperkuat hasil bisnis.

Pentingnya pengembangan karyawan tentu tidak dapat diragukan lagi. Ini adalah kunci untuk membangun organisasi/perusahaan yang sukses dan berkelanjutan. Bisnis yang menginvestasikan waktu dan sumber daya dalam pengembangan karyawan cenderung lebih sukses dalam jangka panjang.

Salah satu alasan utama mengapa pengembangan karyawan begitu penting adalah karena bakat karyawan merupakan aset terpenting dalam bisnis. Dengan investasi dalam pengembangan karyawan, perusahaan dapat meningkatkan loyalitas dan retensi karyawan. Hal ini dapat menghasilkan tim yang lebih produktif dan kreatif di tempat kerja. Jika karyawan merasa dihargai dan didorong untuk berkembang, mereka akan cenderung tetap bekerja di perusahaan tersebut dan membantu membangun organisasi yang tahan lama.

Sebuah laporan terbaru dari Culture Amp menunjukkan bahwa pengembangan karyawan adalah pendorong utama keterlibatan, retensi, dan kinerja bisnis. Laporan tersebut menggambarkan betapa pentingnya pengembangan karyawan dalam mencapai kesuksesan bisnis. 

Dalam dunia bisnis yang kompetitif seperti sekarang ini, pengembangan karyawan adalah suatu keharusan. Perusahaan yang menginvestasikan waktu dan sumber daya dalam pengembangan karyawan memiliki keunggulan yang signifikan dalam menciptakan organisasi yang bersemangat dan berbakat. Jadi, jangan ragu untuk memulai investasi dalam pengembangan karyawan untuk membangun organisasi yang sukses dan berkelanjutan di masa depan.

Jika ingin meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawan di organisasi/perusahaan, pertimbangkan untuk mengikuti program corporate training yang disediakan oleh International Design School. Program pelatihan kami dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pengembangan karyawan di berbagai bidang, mulai dari kepemimpinan, manajemen proyek, hingga keterampilan teknis dan komunikasi.

Dengan mengikuti program pelatihan IDS, miliki akses ke materi pelatihan terbaru, metode pengajaran inovatif, dan instruktur yang berpengalaman. IDS juga menawarkan pendekatan kustomisasi untuk mengadaptasi program pelatihan dengan kebutuhan dan tujuan bisnis.

Jangan lewatkan kesempatan untuk meningkatkan keterampilan, kemampuan karyawan dan secara signifikan meningkatkan performa bisnis. Hubungi kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang program pelatihan dan mulailah mengejar pertumbuhan dan organisasi/perusahaan.

Roadmap to Success: Career Path in 3D Animation Production
Fast Track to International Degree