Blog

BAGIKAN

Peran Training Karyawan Baru dalam Meningkatkan Kolaborasi dan Sinergi Perusahaan

Training Kerja

Setiap perusahaan yang membutuhkan karyawan baru biasanya memiliki prosedur mengenai tahapan agar seseorang dapat menjadi karyawan dalam perusahaan tersebut. Mulai dari proses rekrutmen hingga proses training saat sudah diterima di perusahaan. Walau proses rekrutmen merupakan tahapan yang penting dalam penerimaan karyawan, tahapan itu tidak akan berjalan baik tanpa pelaksanaan training. Dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai pentingnya training karyawan baru.

Pentingnya Orientasi dan Training Karyawan Baru

Proses orientasi atau training karyawan baru merupakan tahapan penting setelah proses rekrutmen. Tujuan utama dari orientasi karyawan baru adalah agar mereka mendapatkan pengetahuan mengenai latar belakang, budaya kerja, serta visi dan misi perusahaan. 

Selain beberapa hal di atas, berikut beberapa tujuan dari proses training karyawan baru:

  • Membuat para karyawan baru merasa diterima sebagai bagian di dalam tim
  • Memastikan karyawan baru mendapatkan informasi dasar perusahaan serta tanggung jawabnya agar dapat melakukan pekerjaan dengan baik
  • Membuat karyawan baru mengerti organisasi perusahaan dengan baik, seperti visi misi, budaya, atau nilai perusahaan
  • Sebagai proses bersosialisi dalam perusahaan

Lamanya proses training karyawan baru ini tergantung kepada masing-masing perusahaan. Selain beberapa hal di atas, biasanya informasi yang diberikan saat orientasi meliputi kebijakan perusahaan, rutinitas karyawan, benefit karyawan, struktur organisasi, serta tur keliling perusahaan untuk perkenalan.

corporate training

Dengan banyaknya manfaat yang didapat oleh karyawan baru dari training ini, sangatlah penting untuk memasukkan agenda training dan orientasi ketika ada karyawan baru yang masuk. Selain itu, dengan adanya training dapat meningkatkan skill serta kemampuan bagi para karyawan baru untuk melakukan pekerjaannya nanti. Selain itu, sangatlah penting untuk memberikan training sesuai dengan kompetensi karyawan tersebut.

Tahap Proses Training Bagi Karyawan

Dengan manfaat yang besar dari proses training bagi karyawan, tentu pelaksanaan training pun harus berdasarkan pertimbangan yang matang. Oleh karena itu penting untuk menerapkan tahapan-tahapan proses training berikut:

  • Analysis

Tahapan pertama dalam perencanaan proses training adalah analysis. Di tahapan ini, pihak HR akan melakukan analisis kebutuhan training yang disesuaikan dengan kompetensi karyawan. Proses analisis juga biasanya untuk memantapkan kembali tujuan awal diadakan training yaitu untuk rencana strategis jangka panjang atau rencana untuk saat ini.

  • Design

Pada tahap ini, HR melakukan perencanaan mengenai program training secara keseluruhan. Dalam proses ini pun meliputi objektif, metode penyampaian, serta evaluasi program.

  • Develop

Di dalam tahapan develop akan dilakukan pembuatan instruksi yang berisi konten dan materi program training. Selain itu, HR pun mendesain metode instruksional yang lebih spesifik, merancang peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan saat training nantinya.

  • Implementation

Selanjutnya adalah tahap implementation yang dilakukan oleh HR untuk mengembangkan prosedur yang sudah dibuat dan memulai proses melatih fasilitator dan karyawan. Biasanya prosedur untuk fasilitator berisi kurikulum training , metode training , serta sistem pengujian. Sedangkan prosedur untuk karyawan berisi tentang persiapan karyawan untuk menggunakan alat training .

  • Evaluation 

Tahapan terakhir dan yang paling penting adalah evaluasi. Di tahapan ini, HR dapat melihat hasil dari training yang sudah diterapkan kepada karyawan. Ada 2 cara yang biasanya dilakukan untuk melakukan evaluasi yaitu;

  • Time series

Membandingkan performance karyawan sebelum dan setelah menjalani training 

  • Controlled Experimentation

Membandingkan performance karyawan yang tidak mendapatkan training dengan karyawan yang sudah mendapatkan training. 

Setelah menyimak penjelasan di atas, terlihat dengan jelas mengenai pentingnya training karyawan baru. Karena dengan adanya tahapan training, tidak hanya karyawan baru yang mendapatkan manfaatnya tetapi perusahaan pun akan mendapatkan manfaat yang besar. Selain itu, karyawan pun akan semakin terasah kemampuan serta kompetensinya sehingga perusahaan pun mendapatkan karyawan dengan kualitas yang semakin membaik.

Trend Learning, Training & Development

Ingin meningkatkan skill karyawan? Yuk bergabunglah dengan program Corporate Training kami di IDS dan dorong pertumbuhan perusahaan ke level yang lebih tinggi. Dengan pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, kami akan membantu karyawan mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan kepemimpinan yang diperlukan untuk meraih kesuksesan.

Tingkatkan kualitas tim dan lihat perubahan positif dalam bisnis. Daftar sekarang untuk program pelatihan karyawan IDS dan jadikan perusahaan sukses di era digital yang kompetitif.

Roadmap to Success: Career Path in 3D Animation Production
Fast Track to International Degree