Blog

BAGIKAN

Perbedaan Anime dan Kartun: Mengungkap Esensi Keduanya

anime vs kartun

Apakah kamu lebih suka menonton anime atau kartun? Dua genre ini memiliki gaya gambar yang berbeda dan mungkin Kamu masih bingung tentang perbedaan antara anime dan kartun. Namun, jangan khawatir! Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara Anime dan Kartun.

Anime adalah istilah yang berasal dari kata “Animation” dalam bahasa Inggris dan digunakan untuk menggambarkan animasi manual atau digital yang berasal dari Jepang. Anime memiliki ciri khas dalam gaya gambar yang unik, dengan penggambaran karakter yang lebih realistis, ekspresif, dan sering kali menampilkan ciri khas budaya Jepang dalam ceritanya. Anime juga dikenal karena rentang genre yang luas, mulai dari aksi, petualangan, romansa, hingga fantasi dan sci-fi.

Di sisi lain, kartun berasal dari kata “Cartoon” yang mengacu pada gambar 2D karakter yang lucu atau sarkastik yang diciptakan untuk menghibur penontonnya. Kartun umumnya lebih berfokus pada komedi dan sering kali mengambil bentuk cerita pendek atau seri yang bersifat episodik. Gaya gambar dalam kartun lebih sederhana dan kadang-kadang lebih eksageratif dalam menggambarkan ekspresi karakter.

Jadi, perbedaan anime dan kartun terletak pada asal usulnya, gaya gambar, dan tema cerita yang lebih khas. Baik anime maupun kartun memiliki daya tarik dan keunikan mereka sendiri, tergantung pada preferensi dan selera pribadi masing-masing penonton.

Bedanya Anime dan Kartun

“Kageki Shoujo!!” manga karya Kumiko Saiki ini akan diadaptasi versi animenya. Kabar ini didapat dari situs resminya, dikatakan jika Kageki Shoujo!! Akan tayang Juli 2021. Versi anime “Kageki Shoujo!!” disutradarai oleh Kazuhiro Yoneda (Akatsuki no Yona, Hozuki no Reitetsu) yang digarap di studio PINE JAM. Sementara untuk series-nya akan dikerjakan oleh Tadashi Morishita (Akatsuki no Yona), desain karakternya oleh Takahiro Kishida (Gleipnir, Haikyuu!!, Madoka Magica), dan musiknya dibuat oleh Tsuneyoshi Saito (Father, PriPara). Plot Cerita “Kageki Shoujo!!” Rencananya anime ini dibuat dengan judul yang sama, tapi dengan sedikit perubahan cerita. Cerita yang disajikan dalam series ini adalah bagian dari cerita dalam Kageki Shoujo!! Season Zero. “Kageki Shoujo!!” menceritakan tentang sekelompok gadis SMA yang pergi ke akademi seni SMA Kouka Kageki untuk bermain teater musik tanpa memikirkan gander yang harus diperankan. Ada sosok bernama Narada Ai yang merupakan eks idol, ia merasa kurang antusias saat harus memerankan sosok perempuan. Ada juga teman sekamarnya bernama Watanabe Sarasa—seringkali mengambil perans ebagai seorang laki-laki. Dari pertunjukan teater di sekolah, hingga ke panggung lain, sekelompok gadis SMA ini selalu bersemangat menampilkan yang terbaik. Saiki sendiri memulai serial “Kageki Shoujo!” melalui majalah Jump Kai pada tahun 2012 dan berakhir di tahun 2014. Di tahun 2015, ia kembali meluncurkan sekuel dari manga tersebut dengan judul “Kageki Shoujo!!” (dengan dua tanda seru) di majalah Melody. Bukan hanya kabar baik berupa jadwal rilis anime-nya, “Kageki Shoujo!!” juga sudah memberikan bocoran berupa preview dari tampilan anime-nya sendiri. Cek video ini buat tahu gimana visual anime-nya. https://youtu.be/dMKr0CSYeEM Jangan ngaku anime lover kalau kamu cuma suka jadi penonton setia! Sekarang profesi animator menjadi salah satu profesi yang banyak diincar. Kebutuhan akan animasi yang bukan hanya untuk film saja, membuat profesi ini makin naik daun. Kamu yang mendamba menjadi seorang animator bisa ambil kuliah animasi atau kursus animasi di International Design School dengan program digital Animation.

  • Perbedaan Dari Segi Karakteristik Visual

Perbedaan antara Anime dan Kartun dapat ditemukan dalam aspek visualnya. Gambar Anime memiliki karakteristik fisik yang lebih luas, detail, dan realistis. Sebagai contoh, mata yang lebih besar dengan ekspresi yang kaya, serta mulut yang berbentuk imut dan kecil. Anime cenderung menampilkan detail-desain yang lebih kompleks dan menghadirkan gambar yang menyerupai manusia atau objek nyata. 

Di sisi lain, Kartun memiliki karakteristik visual yang berfokus pada tujuan hiburan. Fitur tubuh karakter dalam kartun cenderung tidak realistis dan dibentuk secara eksageratif untuk memberikan efek komedi atau visual yang lucu. Salah satu contoh kartun yang terkenal adalah Spongebob Squarepants, dengan penampilan karakter yang menyerupai spons berwarna dan bertubuh kotak, serta memiliki hidung panjang yang lucu.

Perbedaan ini mencerminkan pendekatan yang berbeda dalam gaya penggambaran dan tujuan visual dari kedua genre. Anime lebih cenderung mengutamakan detail dan realisme, sementara Kartun lebih fokus pada penghiburan dan menghadirkan visual yang mengundang tawa.

  • Perbedaan dari Segi Topik Atau Tema yang Ditampilkan

Perbedaan berikutnya antara Anime dan Kartun terletak pada topik atau tema yang diangkat dalam ceritanya. Jika Kamu sering menonton kedua genre ini, pasti akan memahami bahwa anime cenderung fokus pada tema-tema yang berhubungan dengan kehidupan nyata, seperti konflik, emosi, dan berbagai aspek kehidupan manusia lainnya. Anime seringkali menghadirkan cerita yang kompleks, mendalam, dan penuh dengan pertimbangan moral.

Di sisi lain, kartun lebih ditujukan sebagai media hiburan, humor, dan sindiran. Kartun cenderung mengangkat tema-tema yang lucu dan menghibur untuk membuat penonton tertawa dan sejenak melepaskan kepenatan dari dunia nyata. Kartun seringkali menghadirkan cerita yang ringan, sederhana, dan dapat dinikmati oleh seluruh keluarga.

Perbedaan ini menunjukkan bahwa Anime lebih berfokus pada eksplorasi tema-tema yang mendalam dan serius, sementara Kartun lebih mengutamakan aspek hiburan dan humor. Meskipun demikian, baik Anime maupun Kartun memiliki daya tariknya sendiri dan dapat memberikan pengalaman menonton yang menyenangkan sesuai dengan preferensi penontonnya.

  •  
  • Perbedaan Dari Segi Durasi Penayangan

Salah satu perbedaan lain antara Anime dan Kartun adalah durasi penayangannya. Sebagian besar seri anime memiliki durasi 22 hingga 25 menit setiap episodenya. Namun, tidak jarang juga ada anime dengan durasi yang lebih lama. Durasi ini memungkinkan cerita anime untuk dikembangkan dengan lebih mendalam dan memberikan ruang bagi karakter dan alur cerita untuk berkembang secara lebih detail.

Di sisi lain, kartun umumnya memiliki durasi penayangan yang lebih bervariasi. Kartun dapat memiliki durasi sekitar 5 menit hingga satu jam. Durasi yang cukup lama untuk kartun ini sering kali tidak terasa bagi penonton, karena mereka terlalu asyik tertawa dan menikmati tayangan yang disajikan.

Perbedaan durasi penayangan ini menunjukkan bahwa Anime cenderung memberikan lebih banyak waktu bagi cerita dan karakter untuk berkembang, sedangkan Kartun memiliki fleksibilitas yang lebih besar dalam hal durasi penayangan, tergantung pada konsep dan tujuan hiburan yang ingin dihadirkan.

Meskipun durasi penayangan berbeda, baik Anime maupun Kartun memiliki daya tarik masing-masing dan dapat memberikan pengalaman menonton yang menyenangkan bagi para penggemarnya.

  • Perbedaan Dari Segi Ekspresi Wajah

Pembeda lain antara Anime dan Kartun terletak pada penggambaran ekspresi wajah karakter. Dalam Anime, ekspresi wajah biasanya digambarkan dengan detail yang tinggi. Misalnya, ketika karakter merasa malu, akan ditampilkan gambar tetesan keringat yang besar. Saat karakter sedang marah, ekspresi wajahnya akan menunjukkan vena atau nadi yang tegang. Bahkan, saat karakter jatuh cinta, wajahnya akan digambarkan merona atau bahkan mimisan karena grogi. 

Di sisi lain, dalam Kartun, penggambaran ekspresi wajah biasanya lebih sederhana dan tidak memperhatikan detail-detail kecil seperti itu. Ekspresi wajah dalam kartun biasanya digambarkan dengan garis-garis besar yang lebih simpel tanpa banyak detail yang rumit.

Perbedaan ini mencerminkan gaya visual yang berbeda antara Anime dan Kartun. Anime cenderung memperhatikan detail-detail kecil dalam penggambaran ekspresi wajah untuk memberikan nuansa yang lebih mendalam pada karakternya. Sementara itu, Kartun lebih fokus pada penyampaian ekspresi secara umum tanpa terlalu banyak memperhatikan detail-detail yang kompleks.

Baik Anime maupun Kartun memiliki pendekatan yang berbeda dalam penggambaran ekspresi wajah, yang menciptakan gaya visual yang unik dalam masing-masing genre tersebut.

  • Perbedaan Dari Asal Pembuatannya

Salah satu perbedaan terakhir antara Anime dan Kartun terletak pada asal pembuatannya. Anime merupakan genre animasi yang berasal dari Jepang, sehingga budaya, setting, dan cerita yang diangkat cenderung identik dengan Jepang. Anime sering kali menggambarkan kehidupan sehari-hari, mitologi Jepang, atau tema-tema yang khas dari budaya Jepang.

Di sisi lain, Kartun berasal dari Amerika Serikat, sehingga setting, budaya, dan cerita yang diangkat lebih mengarah ke Barat. Kartun Amerika sering kali menghadirkan cerita dengan latar belakang kota-kota Amerika, menggambarkan kehidupan sehari-hari, dan memiliki humor yang lebih mengarah ke sensibilitas Barat.

Perbedaan ini mencerminkan akar budaya yang berbeda antara Anime dan Kartun, yang mempengaruhi tema, cerita, dan gaya penyampaian dalam karya-karya tersebut. Dengan mengetahui perbedaan antara Anime dan Kartun, kita dapat lebih menghargai kedua genre ini dan menghindari kesalahpahaman. Baik Anime maupun Kartun, keduanya memberikan hiburan yang menyenangkan dan dapat dinikmati oleh berbagai kalangan penonton.

Jadi, apa kartun atau anime yang menjadi tontonan favoritmu?

moana

Apakah kamu lebih suka menikmati kartun yang penuh dengan humor dan keseruan, ataukah kamu lebih tertarik dengan dunia anime yang memikat dengan cerita yang dalam dan visual yang indah?

Kartun sering kali menjadi pilihan bagi mereka yang mencari hiburan ringan dan lucu. Dengan karakter yang kocak dan cerita yang menghibur, kartun dapat membuat kita tertawa dan melepas penat setelah seharian beraktivitas.

Di sisi lain, anime menawarkan pengalaman yang berbeda. Dengan plot yang kompleks, karakter yang mendalam, dan penggambaran visual yang memukau, anime mampu menarik perhatian penonton dengan cerita yang lebih serius dan emosional. Dalam anime, kita sering kali dihadapkan pada pertanyaan-pertanyaan filosofis dan dilema moral yang membuat kita berpikir lebih dalam tentang kehidupan dan manusia.

Tidak ada jawaban yang salah atau benar dalam memilih antara kartun dan anime. Semuanya tergantung pada selera dan preferensi pribadi. Yang terpenting, menontonlah apa yang membuatmu bahagia dan terhibur.

Temukan keajaiban animasi dan wujudkan imajinasimu! Bergabunglah dengan IDS Education untuk belajar animasi dan jadilah ahli dalam menciptakan dunia digital yang hidup. Dapatkan pelatihan praktis dari para profesional industri yang berpengalaman dan eksplorasi teknik-teknik terkini dalam animasi komputer.

Di IDS Education, Kamu akan memperoleh pengetahuan mendalam tentang konsep animasi, desain karakter, teknik gerakan, efek visual, dan banyak lagi. Melalui program yang komprehensif dan kreatif, Kamu akan mengasah keterampilan dan mengembangkan portofolio yang mengesankan.

Tingkatkan karier di industri animasi yang terus berkembang dan bergabunglah dengan komunitas yang bersemangat dan berdedikasi. Jangan ragu untuk mewujudkan impian dalam animasi dengan IDS Education. Daftar sekarang dan mulailah perjalanan menuju kesuksesan dalam dunia animasi!

College Program

Step by Step to Become a Product Designer