Blog

BAGIKAN

Kenali Perbedaan Jurusan Desain Grafis dan Desain Produk Ini Yuk!

Perbedaan Jurusan Desain Grafis Dan Desain Produk

Bagi kamu yang tertarik dengan desain dan ingin mengambil jurusan tentang desain saat kuliah nanti tapi bingung karena banyak macamnya, kamu tidak perlu khawatir karena di artikel ini akan membahas 2 jurusan desain, yaitu jurusan Desain Grafis dan Desain Produk. Walau pun memiliki nama yang mirip, tentu akan ada perbedaan jurusan desain grafis dan desain produk yang perlu kamu ketahui, supaya tidak salah pilih jurusan. Simak terus artikel ini agar menemukan perbedaan kedua jurusan tersebut.

Jurusan Desain Grafis

Dikutip dari website Villa Merah, Desain grafis merupakan sebuah bentuk seni yang memiliki tujuan untuk memecahkan masalah komunikasi dengan menggunakan kombinasi elemen yang terdiri dari bentuk, garis, warna, dan elemen lainnya. Dari visual yang dihasilkan, diharapkan bisa menjadi sarana pencapaian informasi atau pesan secara jelas dan efektif, bahkan mampu membentuk persepsi manusia mengenai suatu hal.

Di jurusan desain grafis, kamu akan belajar mengenai penciptaan elemen grafis utama dalam proses komunikasi visual yang mengacu pada foto dan gambar. Saat bekerja setelah lulus, para desainer grafis biasanya lebih banyak bekerja dalam bidang percetakan seperti brosur, kartu nama, atau pun undangan. Selain itu, biasanya juga para desainer grafis bekerja untuk membuat logo, ikon, atau pun website.

Jika kamu tertarik dengan jurusan ini, kamu diwajibkan untuk menguasai dasar-dasar desain seperti tipografi serta teori warna. Kemampuan menggambar pun akan dibutuhkan di jurusan ini, selain itu kamu juga diminta untuk memahami mengenai graphic software yang akan dibutuhkan untuk pekerjaanmu nanti. Selain itu, kamu diharapkan untuk memahami prinsip desain grafis yang terdiri dari 8 elemen yaitu:

  • Kesatuan (unity)
  • Keseimbangan (balance)
  • Proporsi (proportion)
  • Penekanan (emphasis)
  • Irama (rythm)
  • Kesederhanaan (simplicity)
  • Ruang (space)
  • Kejelasan (clarity)

Perbedaan Jurusan Desain Grafis Dan Desain Produk

Jurusan Desain Produk

Kamu akan belajar mengenai perencanaan dan perancangan produk untuk memenuhi kebutuhan manusia jika kamu belajar di jurusan desain produk. Perencanaan dan perancangan produk yang akan kamu buat tentunya mempertimbangkan beberapa hal, mulai dari fungsi hingga nilai estetikanya. 

Sisi kreativitas dan inovasi kamu pun akan diolah karena kamu dituntut untuk membuat produk yang bisa menjadi solusi untuk permasalahan yang ada di masyarakat. Produk yang kamu hasilkan pun tidak hanya harus bernilai estetis, tetapi juga harus bisa dipasarkan dan menjawab permintaan konsumen. 

Di jurusan ini, kamu akan belajar mengenai Prinsip Rekayasa Produk, Desain Produk Gaya Hidup, Pemodelan Digital, Desain Produk Lingkungan, hingga Bisnis Desain. Biasanya jurusan desain produk juga akan dibagi menjadi beberapa program peminatan, beberapa di antaranya adalah fashion, craft, dan vehicle. Lulusan dari jurusan desain produk memiliki banyak prospek bekerja yaitu desainer produk bagi industri atau pun usaha sendiri, hingga menjadi peneliti untuk suatu desain produk.

Tentu selain dua jurusan di atas, masih ada beberapa jurusan desain lainnya yang menarik dan penting untuk kamu ketahui sebelum memutuskan akan mengambil jurusan apa saat kuliah nanti. Sesuaikan dengan bidang yang kamu inginkan atau pekerjaan yang kamu mimpikan, agar saat kuliah nanti kamu tidak merasa salah memilih jurusan.

Jika setelah membaca perbedaan jurusan desain grafis dan desain produk di artikel ini tapi kamu masih bingung mau pilih jurusan apa, kamu bisa cari tahu lebih lanjut mengenai jurusan desain yang tersedia juga di IDS | International Design School. Ada beberapa program yang bisa kamu pilih, mulai dari College Program, Short Course yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

JOIN NOW!

Step by Step to Become a Product Designer