Blog

BAGIKAN

6 Permainan Tradisional Serial Squid Game yang Mematikan

featured imageMasih ingat dengan serial Squid Game? Serial yang dirilis pada 17 September 2021 oleh Netflix ini viral sebab memiliki jalan cerita yang tidak biasa. Film karya sutradara Hwang Dong-Hyuk ini bahkan mendapatkan urutan pertama dalam film populer di Netflix Indonesia. 

Squid Game adalah serial pertahanan diri yang memperlihatkan ratusan peserta memainkan enam permainan tradisional di Korea Selatan. Pemain yang bertahan hidup dan mampu menyelesaikan seluruh permainan, akan mendapat hadiah sebesar 45,6 milyar won. Meski hadiah yang diberikan nilainya sangat fantastis, namun setiap peserta harus bertaruh nyawa untuk mendapatkan hadiah tersebut. Setiap peserta yang tereliminasi otomatis harus kehilangan nyawa mereka. 

Dalam Squid Game kita bisa melihat permainan sederhana yang biasa dimainkan saat masa kanak-kanak berubah menjadi permainan yang menegangkan sekaligus menegangkan. 

Berikut 6 permainan masa kecil di Korea Selatan yang membawa nostalgia sekaligus kematian di serial Squid Game.

  1. Red Light, Green Light

Red Light, Green Light

Permainan pertama yang harus dimainkan peserta serial Squid Game adalah Red Light, Green Light. Kunci dari permainan Red Light, Green Light adalah bergerak dengan cepat dan aman. Permainan ini merupakan permainan kelompok dan membutuhkan seorang penjaga. Di belakang penjaga, para pemain harus berbaris di garis ‘start’, saat penjaga mengatakan ‘Green Light’ maka pemain harus bergerak untuk mencapai garis ‘finish’ dan pemain harus berhenti melangkah saat penjaga mengucapkan ‘Red Light’.

Dalam serial ini, penjaga dari permainan Red Light, Green Light adalah sebuah boneka besar yang bernama Young-hee. Setiap peserta Squid Game yang masih bergerak saat Young-hee telah mengucapkan ‘Red Light’, maka peserta tersebut dieksekusi mati.

  1. Dalgona

Dalgona

Permainan kedua dalam serial Squid Game setiap peserta diharuskan mengukir bentuk dalgona—lingkaran, segitiga, bintang, atau payung dengan hati-hati. Sebelumnya para peserta diberi sebuah jarum dan diharuskan untuk memilih salah satu dari gambar dalgona yang tersedia. Jika ukiran dalgona tersebut retak sedikit saja, maka tentara akan menembak mati para peserta di tempat. 

  1. Tarik Tambang

Tarik Tambang

Permainan ketiga adalah tarik tambang, permainan ini dimainkan dengan membuat kelompok berisi sepuluh orang. Permainan tarik tambang di serial Squid Game dimainkan dengan cara yang biasa, yaitu masing-masing kelompok akan saling menarik tambang ke arah yang berbeda dan pemenang ditetapkan dari kelompok yang berhasil menarik lawan. Untuk memenangkan permainan tarik tambang dalam serial Squid Game, para pemain harus memiliki strategi terlebih dahulu, sebab bila tidak, kelompok yang kalah akan langsung jatuh ke dalam jurang.

  1. Kelereng

Kelereng

Permainan selanjutnya adalah kelereng, para peserta harus saling berpasangan untuk memainkan permainan ini. Setiap peserta masing-masing diberikan 10 butir kelereng, pemenang permainan dinilai dari peserta yang berhasil memiliki seluruh kelereng lawan. Permainan kelereng tidak memiliki aturan yang pasti, sehingga setiap peserta dapat memilih cara bermain dan aturannya sendiri. Pemain yang kalah atau yang sudah tidak memiliki kelereng lagi maka akan ditembak mati.

Karena kelereng merupakan permainan tradisional, set yang dihadirkan dibuat menyerupai gang perumahan.

  1. Menyeberangi jembatan kaca

Jembatan Kaca

Permainan kelima adalah menyebrangi jembatan kaca, peserta harus memilih kaca yang kuat untuk mereka pijaki. Dibutuhkan keberuntungan dan kejelian mata untuk bisa memenangkan permainan ini. Bila peserta salah memijak dan malah memilih kaca yang tipis dan rapuh, mereka langsung jatuh ke jurang dan mati. 

  1. Squid Game

Final game

Final dari serial Squid Game adalah peserta harus bermain permainan ‘Squid Game’. Pemain yang tersisa dibagi peran yang berbeda, yaitu sebagai penyerang dan penjaga. Penyerang harus bergerak melewati kepala simbol cumi-cumi yang telah diawasi penjaga. Untuk memenangkan permainan, masing-masing peserta mengantongi sebuah pisau untuk mengeliminasi peserta lain dengan cara berusaha saling membunuh. Pemain yang berhasil mengalahkan pemain lain harus berdiri di garing lingkaran untuk mengklaim hadiah.

Meski permainan yang harus dimainkan peserta merupakan permainan sederhana yang biasa dimainkan semasa kanak-kanak, dalam serial Squid Game semua permainan terasa sangat menegangkan karena setiap peserta bertaruh nyawa, dari mulai ditembak, jatuh ke dalam jurang, hingga saling membunuh. Serial ini sangat cocok bagi penonton yang menyukai adegan menantang.

Sumber: 6 Permainan Tradisional Serial Squid Game yang Mematikan

JOIN NOW!

Open Day - Discover your creative
Getting into film and digital vidio industry