Blog

BAGIKAN

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Masuk Jurusan Animasi

Animasi

Hal yang harus dipersiapkan sebelum masuk jurusan animasi adalah salah satu informasi yang penting untuk diketahui. Ketika kuliah di jurusan animasi, kamu akan mempelajari tentang konsep gambar bergerak dari produksi sebuah film atau televisi. Proses ini melibatkan banyak gaya, proses, dan teknik yang berbeda-beda.

Di jurusan animasi, kamu akan mempelajari tentang cara menampilkan gambar yang berurut sedemikian rupa sehingga bisa membuat penonton merasakan gerakan pada gambar yang ditampilkan. Artikel ini akan membahas tentang hal yang harus dipersiapkan sebelum masuk jurusan animasi yang perlu kamu ketahui. Simak artikel ini sampai tuntas.

  1.  Kreatifitas

Hal yang harus dipersiapkan sebelum masuk jurusan animasi pertama yang wajib kamu punyai adalah kreatifitas. Kreatif adalah kunci penting ketika kamu ingin masuk ke jurusan ini. Pasalnya, jika kamu tidak kreatif, maka kamu akan kesulitan belajar dan menyesuaikan diri untuk membuat animasi.

Di jurusan animasi, kamu akan dilatih untuk menciptakan sebuah karya tokoh utama yang memuat tentang karakter, warna, dan gaya yang unik. Oleh karena itu, sepanjang perkuliahan, kreatifitasmu akan terus diuji dan dilatih.

  1.  Berorientasi pada Detail

Selanjutnya, hal yang harus dipersiapkan sebelum masuk jurusan animasi adalah berorientasi pada detail. Dalam membuat karakter animasi, detail adalah unsur utama yang harus dipenuhi oleh sang animator. Pasalnya, untuk membuat satu episode karya animasi, kamu akan membutuhkan waktu berbulan-bulan.

Maka dari itu, mahasiswa animasi harus memiliki kesabaran lebih untuk bisa menyelesaikan karyanya dan harus berorientasi pada detail. Tidak semua orang bisa menjalankan peran sebagai seorang animator. Sebelum masuk ke jurusan animasi kamu harus pastikan bahwa kamu punya orientasi pada detail.

  1. Kemampuan Menyampaikan Pesan

Selanjutnya, kemampuan menyampaikan pesan juga merupakan hal yang harus dipersiapkan sebelum masuk ke jurusan animasi. Pesan adalah inti dari sebuah cerita. Maka dari itu setiap animator perlu bisa menyampaikan pesan dengan baik melalui animasi yang dibuatnya.

Selain itu, setiap gambar animasi yang dibuat haruslah menarik. Perpaduan antara menarik dan pesan kepada penonton akan membuat kaya kamu menjadi menarik. Oleh karena itu, orang yang mampu menyampaikan pesan dengan baik akan mempermudah seseorang dalam bidang ini.

Jurusan Animasi

  1.  Bersiap untuk Magang

Magang adalah salah satu cara untuk melatih diri ketika masuk ke dunia kerja. Maka dari itu, jika kamu sudah mantap untuk masuk ke jurusan animasi, maka hal yang juga kamu pikirkan adalah kamu bersiap untuk magang. Magang akan melatih kemampuanmu dalam menjadi seorang animator.

Selain itu, kamu juga akan bisa belajar banyak hal baru tentang animasi yang dibutuhkan di dunia kerja. Tidak hanya itu, dengan magang, kamu akan bisa memperluas jaringan atau network tentang peluang kerja di dunia animasi dan berkesempatan untuk praktik kerja secara langsung dengan orang yang sudah terjun lama di dunia animasi.

  1.  Latihan Mencari Referensi

Sebagian besar animator memerlukan referensi untuk bisa membuat karyanya. Oleh karena itu, jika kamu sudah memutuskan untuk masuk ke jurusan animasi, maka kamu harus pintar-pintar mencari referensi. Referensi yang perlu kamu pelajari tidak hanya berasal dari animasi lokal, akan tetapi juga internasional.

Dengan pintar mencari referensi, maka hasil karya animasimu tidak akan monoton dan kamu bisa mendapatkan inspirasi untuk membuat cerita dengan lebih baik lagi.

  1.  Belajar Menggunakan Software

Hal yang harus dipersiapkan sebelum masuk jurusan animasi selanjutnya adalah belajar menggunakan software. Seorang animator tidak akan bisa membuat animasi jika tidak menguasai software yang mendukungnya untuk membuat animasi. Software adalah alat perang kamu jika masuk ke dunia animasi. Kamu juga harus rajin-rajin belajar supaya kemampuan kamu bisa lebih terasah dengan lebih baik setiap waktunya.

  1.  Mempunyai Peralatan yang Mendukung

Terakhir, hal yang harus dipersiapkan sebelum masuk dunia animasi adalah mempunyai peralatan yang mendukung. Alat ini sangat penting karena ini bisa mendukung proses kerja kamu. Jika alat yang kamu miliki tidak mendukung software untuk membuat animasi maka kamu akan kesulitan dan mengalami kendala ketika berkarya. Oleh karena itu, kamu harus memiliki komputer yang mumpuni untuk bisa mendukung aktivitasmu.

Demikian adalah 7 hal yang harus dipersiapkan sebelum masuk dunia animasi. International Design School juga memiliki jurusan animasi yang bisa mengajari kamu untuk menjadi seorang animator andal. Ketika kamu masuk ke IDS kamu akan mempelajari proses pembuatan animasi & game mulai dari ide, storytelling, desain karakter, hingga mampu menciptakan hasil karya berstandar internasional.

Selain itu, kamu juga akan mempelajari perangkat lunak Autodesk Maya & Unreal yang menjadi standar industri animasi & game, juga Pixologic ZBrush untuk digital sculpting dan berbagai software keluaran Adobe seperti Substance, Photoshop, Illustrator, Premiere Pro dan After Effects.

Nah buat kamu yang mau lebih banyak tau tentang dunia animasi. Ayo join di IDS | International Design School di Sekolah Animasi. Kamu juga bisa dapet gelar Bachelor dari Universitas terkenal di Luar Negeri loh! Ayo buruan daftar kuliah di IDS.

JOIN NOW!

Jago Bikin Film