Blog

BAGIKAN

Plot Twist dalam Film, Strategi, Serta Daftar Film dengan Plost Twist Terbaik

Plot Twist

Sebagai penikmat film, tentu kamu tidak menginginkan cerita yang itu-itu saja. Bahkan rasanya akan lebih baik jika terjadi plot twist dalam film tersebut agar memberikan efek kejutan bagi para penonton film. Bagi kamu yang belum tau apa itu plot twist, mari mengenalnya lebih dalam melalui artikel ini.

Plot Twist dalam Film

Plot twist merupakan perubahan alur cerita yang biasanya terjadi dalam cerpen, film, drama, sinetron, novel, atau bentuk cerita lainnya. Biasanya perubahan ini memiliki alur yang bertolak belakang dengan cerita yang disuguhkan sejak awal. Dengan adanya perubahan cerita ini, tentu akan menimbulkan banyak reaksi dari penonton film. Ada yang puas, tetapi tidak jarang juga ada yang kecewa dikarenakan perubahan yang terlalu drastis.

Biasanya, para pembuat film atau drama menyelipkan plot twist dalam karya mereka agar penonton tidak mudah menebak alur ceritanya. Selain itu, dengan adanya plot twist pun dapat meningkatkan rasa penasaran bagi para penonton sehingga mereka tidak ingin berhenti menonton dan akan terus menonton hingga akhir dfilm. 

Plot twist pun berfungsi untuk menurunkan kadar kebosanan para penonton. Hal ini penting untuk dilakukan agar penonton tidak bosan di tengah-tengah film hingga memutuskan untuk tidak menonton sampai akhir.

Strategi Membuat Plot Twist dalam Film

twist

Bagi kamu yang tertarik untuk membuat sebuah karya film, ada beberapa strategi yang dapat kamu lakukan untuk membuat plot twist yang akan kamu buat yaitu:

  • Hilangkan Pemeran yang (Terlihat) Penting 

Biasanya dalam sebuah film, sudah terlihat siapa pemeran pentingnya. Oleh karena itu, salah satu plot twist yang dapat kamu lakukan adalah dengan menghilangkan pemeran yang terlihat penting di awal film. Contohnya dengan membuatnya terbunuh atau tidak berdaya sehingga seolah-olah karakter tersebut sudah tidak akan muncul lagi dalam film.

  • Munculkan Karakter Secara Mengejutkan

Strategi ini bisa digunakan dengan cara menghidupkan kembali karakter yang sudah dibuat mati di cerita sebelumnya. Atau bisa juga karakter yang sebelumnya terlihat baik ternyata memiliki rahasia besar yang menjadi kunci cerita fil yang kamu buat. Jangan lupa juga sesuaikan timing agar plot twist yang kamu buat lebih seru untuk diikuti.

  • Buat Karakter Penting Seolah-olah Tidak Penting

Berbeda dengan strategi pertama, strategi ini adalah membuat karakter yang pada awalnya terlihat hanya karakter pembantu saja menjadi karakter penting di tengah hingga akhir film. Dengan begitu, penonton pun akan semakin penasaran dengan jalan cerita hingga akhir film.

  • Sisipkan Peristiwa Besar

Setelah membahas karakter, kamu juga bisa menyisipkan peristiwa besar di tengah-tengah film. Tapi kamu juga perlu ingat bahwa peristiwa ini sebisa mungkin bukan merupakan kilmaks cerita yang dapat membuat film yang kamu ciptakan menjadi anti klimaks. Kamu bisa menciptakan peristiwa yang harus diselesaikan oleh tokoh utama dalam film agar penonton tetap penasaran hingga akhir film.

  • Matangkan Konsep Cerita

Konsep dan alur cerita dalam suatu film adalah hal yang krusial, oleh karena itu harus dipersiapkan dengan baik, terutama jika kamu ingin menyisipkan plot twist di dalamnya. Tidak jarang plot twist dalam sebuah film membuat film tersebut menjadi anti klimaks sehingga membuat penonton menjadi tidak puas. Kamu juga bisa mempersiapkan konsep cerita cadangan agar jika kamu merasa cerita yang kamu buat tidak terlalu menarik, kamu sudah memiliki alternatif cerita lainnya.

Film dengan Plot Twist Terbaik

festival film terbesar

Menurut IMDb, berikut beberapa judul film dengan plot twist terbaik:

  • The Usual Suspect (1995)
  • Oldboy (2003)
  • A Perfect Getaway (2009)
  • Donnie Darko (2001)
  • Sleuth (1972)
  • Surveillance (I) (2008)
  • Stay (I) (2005)
  • Shutter Island (2010)
  • American Psycho (2000)
  • Brazil (1985)

Menyisipkan plot twist dalam film memang memiliki risiko yang besar, tetapi jika kamu yakin dengan alur cerita yang kamu buat maka kamu bisa tetap mencoba untuk membuat film tersebut. Siapa tau filmmu yang selanjutnya akan masuk ke dalam daftar film dengan plot twist terbaik?

Yuk Belajar Film di IDS | International Design School!

Web-Banner_IDS-Edu_International-Pathway_V3

Belajar film di IDS memiliki banyak keuntungan. IDS menawarkan Program Studi Digital Film & Media Production yang mengasah keterampilan mahasiswa menjadi filmmaker yang handal. Mereka akan mempelajari semua aspek produksi film, mulai dari penulisan skenario, teknik kamera, pencahayaan, hingga proses produksi dan pasca produksi.

Selain itu, IDS memberikan pemahaman tentang aspek manajemen dan bisnis dalam produksi dan distribusi film. Mahasiswa juga akan memproduksi sebuah film sebagai tugas akhir dengan bimbingan praktisi film.

IDS menyediakan fasilitas yang lengkap untuk filmmaking. Mahasiswa dapat mengakses perangkat lunak seperti Celtx untuk penulisan skenario, serta Adobe Premiere Pro CC, Adobe After Effects CC, dan Da Vinci Resolve untuk editing. IDS juga menyediakan perangkat kamera, lensa, dan pencahayaan yang membantu mahasiswa dalam proses pembuatan film.

College Program