Blog

BAGIKAN

Prediksi Tren Desain Grafis Tahun 2023

Trend Design

Sudah menjelang akhir tahun nih, sebentar lagi tahun baru, dan setiap pergantian tahun pasti ada yang baru. Awal tahun baru biasanya banyak prediksi tren yang akan hadir di tahun tersebut. Tren fashion, tren desain, tren musik dan sebagainya selalu diprediksi walaupun belum tentu terjadi juga, tetapi banyak yang antusias dengan prediksi-prediksi tersebut. Nah, kali ini kita akan membahas prediksi tren desain grafis 2023??

Berikut prediksi tren desain grafis tahun 2023!

  • Minimal Vintage

Tren desain grafis 2023 pertama yang bakal digunakan banyak orang adalah tema minimal vintage. 

Nampaknya, gaya minimalis yang disukai para desainer akan terus berlanjut menjadi sebuah tren hingga tahun selanjutnya. Bedanya, gaya minimalis yang sudah ada akan dipadukan dengan sentuhan vintage. 

Ciri khas dari desain minimal vintage biasanya dapat terlihat dari palet warna yang digunakan, seperti hitam, putih, atau cokelat. 

Sedangkan, font yang biasa digunakan untuk desain minimal vintage adalah Sans Serif, Cooper, atau Myers Typeface.

  • Penggunaan Font Sans Serif

Penggunaan font Sans Serif belakangan memang tidak begitu populer, banyak desainer yang mulai beralih menggunakan font dengan bentuk yang lebih variatif. 

Pada tahun 2023 ini, font Sans Serif akan kembali difavoritkan.

Sama seperti desain minimalis yang akan menjadi tren karena dapat meningkatkan aksesibilitas, font Sans Serif juga akan digandrungi pengguna karena alasan yang sama. 

Website yang menggunakan font Sans Serif akan memberikan aksesibilitas kepada pengguna dalam seluruh kalangan, terlebih kepada pengguna tunanetra. Sebab, font Sans Serif lebih mudah dibaca teknologi pembaca layar.  

  • Distorted Type

Tren desain selanjutnya masih berhubungan dengan font yang banyak dipilih desainer. 

Saat memilih font, terkadang desainer menggunakan font yang telah digunakan oleh brand-brand lain, untuk menghindari penjiplakan, font perlu dimodifikasi.

Misalnya dengan meregangkan ukuran font, membuat lengkungan baru, atau menambahkan efek-efek lain yang kreatif.

Cara ini disebut dengan distorted type, tren desain grafis ini juga cocok dengan kehadiran Metaverse, memberikan kesan antara realita dan fantasi.

  • Liquid Gradients

Untuk warna yang akan menjadi tren desain tahun 2023, liquid gradients akan menjadi salah satu referensi untuk karya desain.

Gradasi warna memiliki ragam jenisnya, mulai dari yang berbentuk linear ataupun radial. Salah satu bentuk gradasi warna yang unik adalah liquid gradients. 

Keunikan liquid gradients terletak pada teksturnya yang terasa lebih bebas, dapat terasa lesu, mengkilap, cair, ataupun terasa berminyak.

Kamu bisa menggunakan liquid gradients agar karyamu tidak terkesan membosankan karena menghasilkan suasana science-fiction.

Selain dapat diaplikasikan sebagai background pada desain grafis, liquid gradients juga bisa memberikan sentuhan yang menarik pada font atau logo.

Graphic Designer

  • Inklusivitas

Aksesibilitas pada desain grafis tidak hanya dapat dibangun melalui font, tren desain grafis pada tahun 2023 akan mengedepankan inklusivitas.

Artinya, desain harus bisa merangkul banyak pengguna dari ras, suku, budya, warna kulit yang berbeda. 

Saat terhubung dengan banyak orang, kita menyadari betapa beragamnya masyarakat.

Melalui inklusivitas, kita dapat menunjukkan hal tersebut melalui representasi yang dihadirkan dalam karya visual.

  • Desain 3D

Menghilangkan desain 3D dalam karya visual, sepertinya akan sulit. 

Bentuk desain yang telah lama hadir ini akan menjadi dimensi yang baru bagi desainer grafis.

Kelebihan desain 3D adalah mampu membuat sebuah karya menjadi lebih hidup.

Ada  berbagai tools untuk menciptakan desain 3D, mulai dari Blender, 3D Transform, Autodesk Maya, hingga Zbrush.

Element 3D tidak hanya dapat diterapkan ke dalam objek persona, namun juga dapat divariasikan menjadi sebuah font, objek geometri, dan lain sebagainya.

  • 90s Nostalgia

Desain grafis telah melakukan banyak kreasi dari inspirasi gaya pop tahun 80-an, kini saatnya beralih ke tren desain grafis baru, ke dekade berikutnya. 

Pada tahun 2023, orang-orang akan lebih merasa nyaman menggunakan gaya yang familiar, yang akan dipenuhi oleh tampilan retro tahun 90-an.

Melalui gaya retro tahun 90-an, desain grafis pada tahun 2023 akan menghadirkan keunikan tersendiri.

Gaya seperti ini akan memberikan pengaruh yang kuat sebagai branding produk. 

Kalau kalian adalah seorang  calon desainer yang ingin memperdalam ilmunya, jangan khawatir IDS |International Design School  membuka sekolah desain. Diajar oleh orang-orang terpilih akan membuatmu melangkah lebih dekat menuju impian. You ‘r already in your track, Gorgeous.

Sumber: glints.com

JOIN NOW!

Step by Step to Become a Product Designer