Blog

BAGIKAN

Profesi yang paling banyak dicari di 2023

Profesi yang paling banyak di cari

Salah satu tujuan kuliah adalah untuk bekerja, tapi apakah jurusan kamu saat ini masih relate dengan kebutuhan industri setelah lulus nanti? Yuk kita cari tahu, profesi yang paling banyak dicari di tahun 2023.

Seperti yang kita ketahui bahwa teknologi semakin berkembang dan maju, membuat dunia semakin bergerak ke arah digital. Peran sektor pekerjaan pun ikut menopang perubahan dari masa kuno ke masa modern, hingga akhirnya profesi pekerjaan pun harus mengikuti perkembangan jaman.

Perubahan seperti itu tentunya memunculkan banyak profesi-profesi baru, kira-kira apa saja profesi yang paling banyak dicari ya? Nah, kami sudah merangkumnya nih buat kamu, simak di bawah ini:

  1. Data Scientist (Ilmuwan Data)

Tugas dari seorang Data Scientist adalah mengumpulkan, mengolah, menganalisis data untuk menghasilkan informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan. Maka dari itu, ilmu yang dibutuhkan dari seorang yang berprofesi Data Scientist adalah ilmu tentang data, penambangan data, dan yang berhubungan dengan analisis data. Data Scientist bisa berasal dari jurusan Matematika, Teknik Informatika, Statistika, serta Sistem Informasi. Berbicara soal gaji, Data Scientist junior di Indonesia mendapatkan gaji sekitar 7-10 Juta Rupiah.

  1. UI/UX Design

Bertugas merancang interface (tampilan muka) dan pengalaman dari sebuah produk digital agar nyaman digunakan dan memenuhi kebutuhan pengguna. Seseorang yang berprofesi sebagai UI/UX Design harus menguasai sistem pemrograman, desain grafis, analisis data serta skill penelitian kualitatif dan kuantitatif. Biasanya UI/UX Design berasal dari jurusan Desain Komunikasi Visual, Interaktif Media Desain, dan Desain Grafis. Gaji untuk seorang UI/UX Design bervariasi, dimulai dari 8 Juta hingga puluhan Juta Rupiah tergantung skill yang kamu miliki. Menggiurkan bukan?

Profesi yang paling banyak di cari

  1. Digital Product Designer

Tugasnya adalah merancang dan mengembangkan produk digital seperti aplikasi, laman/website, perangkat lunak, dll dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna. Keterampilan yang harus dimiliki seorang Digital Product Designer adalah skill mendesain produk, desain UI/UX, dan juga desain grafis. Jurusan Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Desain Grafis bisa kamu ambil apabila ingin jadi Digital Product Designer. Skill dan pengalaman berpengaruh dengan gaji yang diterima oleh Digital Product Designer, ratenya dimulai dari 6 hingga 25 Juta ke atas.

  1. Engagement Manager

Fungsi dari seorang Engagement Manager ialah mengelola ketertarikan pengguna atau penonton atau pengikut agar tetap menggunakan atau mengkonsumsi produk yang dihasilkan dari sebuah bisnis. Di profesi ini, penting untuk mempunyai keterampilan manajemen program, analisis bisnis, dan manajemen relasi pengguna. Jurusan yang bisa kamu ambil untuk menjadi Engagement Manager adalah Manajemen, Komunikasi, Pemasaran ataupun jurusan Branding. Lagi-lagi keterampilan dan pengalaman menentukan gaji yang didapat dari seorang Engagement Manager.

  1. Machine Learning Engineer

Tugas dari seorang Machine Learning Engineer adalah mengembangkan produk dengan memanfaatkan intelegensi artifisial (AI) untuk memenuhi kebutuhan pengguna produk. Keterampilan yang harus dimiliki yakni Pemrograman, Statistika, dan juga ilmu tentang Data. Kamu bisa ambil jurusan Teknik Informatika, Sistem Informasi, Ilmu Komputer, Matematika, dll. Melihat dari kemampuan yang harus dimiliki, tentunya gaji seorang Machine Learning Engineer tidak murah. Ratenya bisa belasan Juta.

Itu dia berbagai Profesi yang Paling Banyak Dicari saat ini hingga bertahun-tahun ke depan. Kalau kamu pengen tahu tentang jurusan, profesi, kampus yang menyediakan jurusan-jurusan yang tadi kita bahas, kamu bisa langsung bergabung di International Design School.

Institusi pendidikan yang bikin kamu siap untuk bekerja di industri kreatif dengan wawasan teknologi modern dan berintegritas tinggi.

Tertarik untuk mempelajari menjadi Designer? yuk kembangkan passion yang kamu miliki untuk menjadi seorang Designer terkenal. IDS mempunyai College Program Digital Design and Illustration, kembangkan potensimu bersama IDS yang menawarkan kamu untuk menjadi seorang UI Designer yang kompeten di bidangnya. Let’s Transform Passion into Action!

Sumber: Profesi yang paling banyak dicari di 2023

JOIN NOW!

How to Start Your Career in Animation & Game Industry
Fast Track to International Degree