Blog

BAGIKAN

7 Prinsip Penting dalam Membangun Program Pengembangan yang Berhasil

Program Pengembangan

Menurut penelitian, alasan nomor satu karyawan bergabung atau meninggalkan perusahaan adalah pengembangan karyawan. Hal ini juga berpengaruh besar terhadap keterlibatan dan retensi karyawan di perusahaan. Sebuah laporan dari Culture Amp menemukan bahwa 46% lebih karyawan akan terlibat ketika mereka dapat mengembangkan keterampilan yang relevan dengan minat mereka. Sementara itu, karyawan yang merasa tidak memiliki akses ke peluang tersebut memiliki kemungkinan 2x lebih besar untuk keluar.

Oleh karena itu, sangat penting bagi perusahaan untuk memberikan kesempatan bagi setiap karyawannya untuk melakukan pengembangan karyawan yang personal dan terukur. Namun, cara tepat untuk mengembangkan karyawan seringkali ambigu. Dalam artikel ini, terdapat 7 tips utama untuk mengembangkan program pengembangan karyawan yang bermakna dan efektif.

  1. Prioritaskan pengembangan sebagai komponen inti dari budaya organisasi. Para pemimpin perlu memastikan bahwa pertumbuhan dan pembelajaran menjadi prioritas utama, dan memberikan dukungan dan sumber daya yang dibutuhkan untuk mencapai pertumbuhan yang bermakna dan memotivasi.
  2. Jelaskan secara detail mengenai peran dan tanggung jawab yang diharapkan dari setiap anggota organisasi. Pastikan setiap orang memahami bagaimana mereka dapat berkontribusi pada pengembangan pribadi mereka. Meskipun jalur pengembangan yang berpusat pada karyawan, para pemimpin dan manajer masih memiliki tanggung jawab penting dalam menyediakan struktur dan panduan yang memadai untuk bawahan langsung mereka.
  3. Seimbangkan kebutuhan dan keinginan individu dan bisnis dalam pengembangan karyawan. Ini bisa sulit, tetapi menciptakan keseimbangan ini dapat mencapai “titik yang tepat” dalam pengembangan karyawan. Waktu dalam merancang pengembangan sangat penting di sini karena dapat membantu karyawan memahami di mana mereka berhasil atau gagal dalam hal harapan dan tujuan organisasi, dan dapat menggunakan pengetahuan itu untuk membentuk rencana pengembangan mereka.
  4. Personalisasi rencana pengembangan karyawan agar sesuai dengan kebutuhan individu. Setiap karyawan menginginkan sesuatu yang berbeda, dan rencana pengembangan yang dibuat untuk karyawan tingkat pemula akan terlihat sangat berbeda dari rencana yang dibuat untuk karyawan lama yang ingin naik ke posisi baru.
  5. Gunakan variasi metode pengajaran dan pembelajaran. Mungkin beberapa karyawan lebih suka belajar melalui diskusi, sementara yang lain lebih suka belajar melalui praktik langsung. Penting untuk mempertimbangkan preferensi individu dan beradaptasi dengan cara yang paling efektif untuk setiap karyawan.
  6. Buat keterlibatan karyawan dalam program pengembangan. Pertimbangkan ide-ide dan masukan dari karyawan tentang bagaimana program pengembangan dapat ditingkatkan atau disesuaikan dengan kebutuhan individu atau tim.
  7. Perhatikan pengembangan sebagai proses berkelanjutan. Pengembangan karyawan bukanlah proses satu kali atau acara yang terpisah, tetapi harus menjadi proses yang berkelanjutan dan memadukan pengembangan secara formal dan informal. Terus pantau kemajuan karyawan dan jangan takut untuk menyesuaikan rencana pengembangan jika diperlukan.

Membantu karyawan berkembang dan tumbuh secara pribadi merupakan faktor kunci dalam meningkatkan retensi, keterlibatan, dan kinerja bisnis. Namun, pengembangan karyawan yang baik memerlukan komitmen dan kerja keras dari semua pihak. Dalam hal ini, struktur, sumber daya, dan alat yang tepat dapat mendukung karyawan dengan rencana pengembangan yang efektif tanpa membebani kepemimpinan dan tim SDM.

Program Pengembangan

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin mengembangkan karyawan:

  1. Buatlah rencana pengembangan yang efektif dan personalisasi. Setiap karyawan memiliki kebutuhan dan tujuan yang berbeda-beda dalam karier mereka. Oleh karena itu, pastikan untuk membuat rencana pengembangan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan masing-masing karyawan. Rencana tersebut harus mencakup langkah-langkah yang jelas untuk mencapai tujuan karier mereka, serta jadwal evaluasi dan tindak lanjut yang teratur.
  2. Berikan pelatihan dan pengembangan keterampilan. Pelatihan dan pengembangan keterampilan merupakan bagian penting dalam pengembangan karyawan. Pastikan untuk memberikan pelatihan yang relevan dengan pekerjaan dan karier karyawan, serta memberikan kesempatan untuk belajar keterampilan baru yang dapat membantu mereka dalam pekerjaan mereka.
  3. Berikan umpan balik dan dukungan yang tepat. Memberikan umpan balik yang jelas dan teratur dapat membantu karyawan memahami kekuatan dan kelemahan mereka, serta membantu mereka mengidentifikasi area di mana mereka perlu berkembang lebih lanjut. Pastikan juga untuk memberikan dukungan dan bantuan yang tepat untuk mengatasi hambatan dan tantangan dalam pengembangan karier mereka.
  4. Berikan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang. Memberikan kesempatan bagi karyawan untuk tumbuh dan berkembang dalam pekerjaan mereka dapat membantu meningkatkan keterlibatan dan motivasi mereka. Berikan tugas-tugas baru yang menantang dan tanggung jawab yang lebih besar sesuai dengan kemampuan mereka.
  5. Terus mendorong dan memberikan penghargaan. Pastikan untuk terus mendorong dan memberikan penghargaan pada karyawan yang telah berhasil mencapai tujuan karier mereka. Hal ini dapat membantu meningkatkan motivasi dan rasa percaya diri mereka, serta memperkuat hubungan kerja Anda dengan mereka.

Dalam membangun rencana pengembangan karyawan, pastikan untuk melibatkan karyawan dalam proses tersebut. Dengan memberikan kesempatan kepada mereka untuk berbicara tentang kebutuhan dan tujuan mereka, pastikan juga bahwa rencana pengembangan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan mereka, sehingga membantu meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan retensi karyawan.

Sedang mencari program pelatihan untuk mengembangkan kemampuan karyawan di perusahaan kamu? Jangan lewatkan kesempatan ini! Ikuti program pelatihan pengembangan karyawan yang diselenggarakan oleh IDS sekarang. Dapatkan manfaat dari rencana pelatihan yang dipersonalisasi dan bermakna secara pribadi, dengan dukungan dari struktur, sumber daya, dan alat yang tepat. Bergabunglah dengan perusahaan-perusahaan terkemuka yang telah sukses meningkatkan retensi, keterlibatan, dan kinerja bisnis mereka melalui program pelatihan IDS. Kunjungi website kami sekarang dan daftarlah sebelum kehabisan tempat!

Roadmap to Success: Career Path in 3D Animation Production
Fast Track to International Degree