Blog

BAGIKAN

Kenal Lebih Dekat Program Studi Animasi  dan Prospek Kerjanya

Program Studi Animasi

Film animasi tidak hanya digemari oleh anak kecil tetapi orang dewasa juga, terlebih karena karakter dari animasi biasanya lucu – lucu dan menarik perhatian, sebut saja olaf dari film animasi Frozen atau Vanellope dari film Ralph breaks the internet. 

Untuk membuat satu animasi menjadi film, biasanya Animator membutuhkan waktu yang lama, karena proses menggambarnya tidak sembarang. Namun tetap terbayarkan karena film animasinya tayang dengan sempurna. 

Tapi tahukah kamu, jika Animator itu pekerjaan yang keren dan membanggakan? 

Sudah banyak lho buktinya, ada banyak animator asal Indonesia yang berkontribusi dalam berbagai film hollywood seperti Griselda Sastrawinata yang terlibat di Film Disney “Moana”, Frozen 2, Kung Fu Panda 2 dan lain – lain. 

Selain itu ada Michael Reynold Tagore yang berpartisipasi dalam film Box Office The Hobbit, Iron Man dan lain – lain.  Selain film, jadi animator itu cakupannya luas, bisa menjadi pembuat game, storyboard dan lain – lain.

Nah, sebelum membahas lebih jauh tentang program studi animasi, kira – kira apa sih animasi? 

Apa Itu Animasi? 

Animasi secara sederhananya adalah gambar yang bergerak yang dihasilkan dari metode mengumpulkan gambar secara berurutan. 

Kamu bisa bayangkan kertas yang bergambar dan disusun secara berurutan, lalu digeser dan memunculkan efek bergerak, itulah animasi. 

Dengan adanya teknologi yang canggih di jaman sekarang, kamu bisa membuat animasi sekaligus ceritanya dan lahirlah proses kreatif film animasi maupun game. 

Teknologi hadir untuk mendukung proses kreatif animasi menjadi tampilan luar biasa secara visual. Karena perkembangan teknologi inilah muncul program studi animasi di kampus atau sekolah – sekolah tertentu. 

Program Studi Animasi

Program Studi Animasi 

Semakin berkembangnya jaman dan teknologi, disiplin ilmu semakin berkembang pula, salah satunya adalah program studi animasi. 

Program studi animasi biasanya berfokus pada pembuatan film animasi, desain animasi dan game animasi. Lebih tepatnya kamu akan belajar bagaimana membuat game animasi dan film animasi di program studi ini. 

Program ini bisa ditemukan di beberapa kampus maupun sekolah khusus yang menyediakan pembelajaran animasi, seperti di International Design School yang mempunyai program studi Digital Animation & Games. 

Program studi animasi di IDS mengajarkan mahasiswanya untuk mempunyai kemampuan kreatif dan teknis dalam memproduksi kebutuhan animasi dan efek visual di industri film maupun televisi. 

Nantinya kamu akan belajar proses pembuatan animasi dan game mulai dari ide, storytelling, desain karakter hingga mampu menciptakan hasil karya berstandar internasional. 

Adapun perangkat lunak yang harus dikuasai, yaitu Autodesk Maya & Unreal yang menjadi standar industri animasi & game, juga Pixologic ZBrush untuk digital sculpting dan berbagai software keluaran Adobe seperti Substance, Photoshop, Illustrator, Premiere Pro dan After Effects. 

Prospek Kerja Pembuat Animasi / Animator 

Prospek kerja animator ini menjanjikan lho, ada banyak animator yang sudah berhasil di kancah nasional maupun internasional dengan karya – karyanya yang keren. 

Sebut saja Livia Prima, alumni IDS yang aktif mengikuti pameran – pameran animasi seperti Hellofest dan Popcon, dan event – event di Indonesia maupun internasional seperti Comic Con France, paris. 

Selain mempunyai karya sendiri, atau mengikuti pameran, prospek kerja lainnya adalah 2D & 3D Animator, Story writer, Game Designer, Texture Artist, Concept Artist, Game Producer, Modeller dan Level Designer. 

Jika kamu tertarik ingin mengikuti jejak Livia dan juga animator sukses lainnya, kamu bisa kuliah dan belajar animasi sampai jago di Internasional Design School, jurusan Digital Animation & games.  Ubah bakat gambarmu dengan menjadi Animator dan hasilkan karya yang keren bersama IDS sekarang! 

JOIN NOW!

Fast Track to International Degree