Blog

BAGIKAN

Prospek Kerja Desain Grafis, Ketahui Besaran Gaji yang Didapat

Desainer grafis dan ilustrator

Prospek kerja desain grafis di Indonesia saat ini perlahan sudah mulai membaik. Pasalnya, sebagian besar orang sudah menyadari pentingnya peran seorang desain grafis untuk menunjang pekerjaan dan usaha mereka. Oleh karena itu, untuk kamu yang sedang berkuliah atau sedang menentukan akan masuk ke dunia desainer grafis, maka ini adalah kabar baik.

Desain grafis mampu menawarkan prospek kerja yang baik untuk masa depan. Seorang desainer grafis yang baru lulus atau fresh graduate akan mendapatkan gaji sebesar Rp6.000.000 sampai dengan Rp8.000.000 setiap bulan.  Nilai itu didapatkan dari laman Qerja.com. Gaji sebanyak itu untuk seorang lulusan baru sudah cukup besar.

Artikel ini akan membahas tentang prospek kerja desain grafis dan juga beberapa perusahaan yang memberikan peluang bagi desainer grafis untuk bekerja. Simak artikel ini sampai tuntas.

Divisi Creative di Advertising Agency

desainer berpengalaman

Ketika kamu menginginkan sebuah pekerjaan yang fleksibel dan dinamis, maka menjadi seorang desain grafis di advertising agency adalah salah satu pilihan yang sangat bisa diandalkan. Di advertising agency, kamu akan mendapatkan pengalaman sebagai kreatif muda yang didorong untuk berkreasi dan memiliki pengalaman yang banyak. Di industri ini, kemampuan kreatif sangat dibutuhkan, terutama kreatif muda yang dinamis.

Sudah tidak bisa dipungkiri bahwa semua perusahaan membutuhkan desain grafis, termasuk advertising agency. Oleh karena itu tampilan visual pada industri periklanan ini bisa kamu manfaatkan sebagai pekerjaan yang menghasilkan uang. Dalam dunia periklanan, tidak hanya dibutuhkan seorang yang bisa mendesain gambar saja, namun juga gambar sebuah iklan atau kampanye yang bermakna. Kamu bisa masuk ke perusahaan periklanan jika memang ide kreatif yang kamu miliki sesuai dengan kualifikasi mereka. Di Jakarta, beberapa advertising agency yang bisa kamu coba adalah Ogilvy Indonesia, Y&R Indonesia, dan Leo Burnett Indonesia

Ketika bekerja di advertising agency, kamu akan diajarkan untuk membuat desain yang bisa menarik perhatian orang yang menjadi target pasar sebuah produk atau kampanye. Oleh karena itu, ini menjadi kesempatan emas bagi kamu untuk bisa belajar lebih lanjut tentang desain pemasaran dan periklanan.

Desainer Grafis di Branding Agency

desainer grafis hebat

Selain perusahaan periklanan, perusahaan yang membutuhkan jasa desain grafis adalah branding agency. Branding agency membutuhkan gambar visual dengan sangat signifikan karena hal itu berhubungan brand yang sedang mereka bangun. Visual yang dibutuhkan oleh branding agency bertujuan sebagai identitas dan representatif dari sebuah perusahaan.

Desainer grafis pada branding agency biasanya akan ditugaskan untuk mendesain logo, marketing kit, brand identity, manual guide, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba masuk ke perusahaan branding untuk menguji kemampuan dan keahlianmu dalam desain grafis. Selain kemampuan desain grafis, bekerja di branding agency juga akan dibekali dengan kemampuan dan pemahaman tentang strategi branding dan pemasaran terpadu. Desain grafis dalam ranah ini memiliki peran yang sangat signifikan sehingga kamu bisa memanfaatkan kreatifitas untuk bekerja di branding agency.

Ketika memutuskan untuk bekerja di perusahaan branding, kamu juga akan bisa belajar bagaimana cara untuk membranding diri. Membuat desain yang mudah diingat dan bisa menarik simpati banyak orang. Jadi, selain kamu akan mendapatkan upah dari pekerjaanmu, ilmu yang didapatkan ketika bekerja di sini juga tidak kalah penting.

Desainer Grafis pada Perusahaan Media

Desain Grafis dan DKV

Selain menjadi seorang desainer grafis di perusahaan advertising dan branding, kamu juga bisa bekerja di perusahaan media. Perusahaan media ini tentu sudah tidak asing lagi bagi kamu, karena sering berinteraksi dengan perusahaan ini sehari-hari. Di perusahaan media, prospek kerja desain grafis sangat baik. Mereka membutuhkan tampilan visual untuk mendukung konten yang mereka sajikan.

Perusahaan media biasanya meliputi surat kabar, majalah, stasiun televisi, stasiun radio, dan media berita online. Semua bidang yang mereka geluti membutuhkan seorang desainer grafis untuk mengisi kekosongan dalam pembuatan konten bergambar mereka. Hal ini kemudian menyebabkan permintaan perusahaan media terhadap orang yang ahli dalam bidang desain grafis menjadi meningkat dan membludak. Oleh karena itu, ini menjadi kesempatan kamu yang ingin kuliah dan meniti karir sebagai desainer grafis.

Namun, satu hal yang perlu diingat ketika kamu memutuskan untuk bekerja di perusahaan media bahwa kamu harus menjadi seorang yang cekatan dan tidak boleh lengah sedikitpun. Pasalnya, media adalah perusahaan yang menyediakan informasi kepada audiens dan informasi yang mereka sajikan berupa informasi yang aktual. Oleh karena itu kecepatan dan ketepatan menjadi sangat penting bagi perusahaan media.

Berikut adalah prospek kerja desain grafis yang perlu untuk kamu ketahui. Jadi, pada zaman digital ini, prospek kerja desain grafis sudah tidak perlu diragukan lagi dan kamu hanya perlu menyiapkan diri menjadi seorang desainer grafis yang cakap dan andal.

Ingin menjadi seorang Desainer Grafis atau sedang mencari sekolah desain? IDS memiliki kelas desain grafis yang cocok untuk kamu yang ingin bekerja sebagai Desainer Grafis, yaitu Digital Design & Illustration. Wujudkan impianmu menjadi Desainer Grafis profesional bersama International Design School.

JOIN NOW!

Roadmap to Success: Career Path in 3D Animation Production
Fast Track to International Degree