Blog

BAGIKAN

Ini Dia Prospek Kerja Jika Kuliah Di Jurusan Perfilman

Kuliah Jurusan Perfilman

Adanya kuliah jurusan perfilman menjadi tanda bahwa perkembangan film Indonesia semakin tahun semakin meningkat. Dengan didukung inovasi teknologi, film bisa menjadi sebuah gambaran bagaimana keadaan dunia pada saat film itu dibuat. 

Tak hanya sekedar itu, film saat ini juga menjadi disiplin ilmu yang terus dikembangkan, agar nantinya menjadi pondasi terciptanya film-film yang berkualitas.

Jika kamu berkuliah di jurusan perfilman ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan, bahkan prospek kerjanya saja sangat menjanjikan. 

Apalagi jika kamu punya skill dalam memproduksi sebuah film, maka kuliah jurusan perfilman cocok untuk mengembangkan skill kamu ke tingkat yang lebih advance. 

Apa Manfaat Jika Kuliah Di Jurusan Perfilman?

Mungkin pertanyaan tersebut yang sering ada di benak kamu ketika membahas jurusan perfilman. Sebenarnya, banyak hal dan manfaat yang akan kamu dapatkan jika masuk jurusan perfilman, nantinya kamu akan mempelajari bagaimana membuat film dari awal hingga tahap akhir, diantaranya;

  1. Bagaimana cara pembuatan naskah atau skenario
  2. Teknik penyutradaraan
  3. Belajar mengenai tata artistik dan estetika
  4. Teknik dan dasar-dasar penggunaan kamera
  5. Penyuntingan gambar visual dan audio

Dan masih banyak lagi. Intinya, kamu akan dibentuk supaya bisa menghasilkan karya film yang bagus dan berkualitas.

Dengan banyaknya manfaat, tentu setiap harinya kamu bisa mendapatkan ilmu – ilmu baru untuk mempertajam skill kamu dalam membuat film. 

Seperti yang dikatakan sebelumnya, kuliah di jurusan perfilman mempunyai prospek kerja yang menjanjikan. Mau tahu apa saja? Simak terus artikel berikut ini. 

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Perfilman?

Kuliah Jurusan Perfilman

Well, walaupun banyak anak muda yang terjun ke dunia content creator, sama – sama membuat sebuah karya, tetapi masih banyak yang belum paham dan melirik jurusan perfilman di setiap kampus, padahal prospek jangka panjang dari jurusan perfilman sangat bagus lho. 

Karena aspek pendukung dalam pembuatan sebuah film cukup banyak, maka peluang kerjanya pun juga banyak, apalagi setiap tahun film-film yang dibuat selalu berinovasi, dengan begitu semakin berkembang juga prospek pekerjaannya. 

Beberapa prospek menarik di industri film yang wajib kamu tahu;

  1. Sutradara

Merupakan orang yang memberi pengarahan dan bertanggung jawab atas masalah artistik dan teknis dalam pembuatan film. Sutradara juga memilih para pemain, membimbing pemain agar sesuai dengan karakter yang akan diperankan. Bisa dibilang ujung tombak dari sebuah film adalah sutradara ini, makanya gak heran gaji yang dipatok untuk seorang sutradara berkisar mulai dari Rp 85.000.000 hingga Rp 300.000.000 per film.

  1. Penulis Skenario

yang menciptakan dan meletakkan dasar acuan bagi pembuatan film dalam bentuk naskah (skenario). Ia akan menulis penokohan, jalan cerita, monolog atau dialog, dan deskripsi visual dalam bentuk skenario. Seorang Penulis Skenario akan menciptakan alur, konflik, dan karakteristik tokoh. Rate harga dari seorang Penulis Skenario tergantung dari jam terbang, gajinya berkisar antara 20 hingga 200 jutaan.

  1. Editor

Yakni bertugas menyunting atau mengumpulkan video yang sudah diambil maupun direkam. Menyusun ulang potongan rekaman video sesuai dengan naskah atau skenario. Gajinya bervariasi ditentukan juga oleh skill dan jam terbang, jika kamu sudah punya skill yang tinggi, kamu bisa mendapatkan gaji yang gak main-main bisa diatas 500jt per project film.

Nah itu beberapa prospek kerja jika kamu kuliah di jurusan perfilman, gimana sungguh menjanjikan bukan? 

Jika kamu ingin belajar dan serius menggeluti dunia perfilman, IDS | International Design School menyediakan Sekolah Film yang bisa membantu kamu mengembangkan skill dan bakat di dunia industri film.  

JOIN NOW!

How to Start Your Career in Animation & Game Industry
Fast Track to International Degree