Blog

BAGIKAN

Proyek VFX Impian Untold Studio Akhirnya Terwujud!

VFX

Dalam proyek VFX tersebut, ada juga tokoh dalam seriesnya dengan nama Fiddler’s Green yang sebenarnya tempat, sih, bukan manusia. Akhirnya setelah berbagai teknologi dan kerjasama dalam tim, tokoh Fiddler’s Green tampil maksimal. Menjadi tokoh yang punya kemampuan transformasi, dari sosok manusia dan bisa menjadi padang rumput, bunga-bunga liar, dan kupu-kupu. Pepohonan didalamnya bersifat 2,5D. Transformasi ini dimulai dengan kepakan sayap kupu-kupu, dan akhirnya layar terpenuhi daun dan bunga-bunga yang berputar. 

Setelah itu, Untold Studio juga berkontribusi pada Episode ke 111, episode bonus, lebih tepatnya saat tokoh bernama Calliope perlu bantuan dari kelompok Three Fates. Kelompok Three Fates kemudian mengunjungi Calliope di kamar, dan saat kamarnya terbuka, ternyata menunjukan visi dari Yunani Kuno dan Mount Helicon. Desain untuk pemandangan ini terinspirasi dari Apollo and The Muses on Mount Helicon karya Claude Lorrain. Untold Studio mendesain pemandangan ini dengan sebuah lingkungan terbuka yang berada di samping sungai yang diapit oleh bebatuan dan bongkahan runtuhan.

Dalam episode bonus tersebut juga ada animasi bernama A Dream of a Thousand Cats. Untuk mempersiapkan berbagai aspek pendukung bagian ini, tim memutuskan untuk bekerja sama dengan Hisko Hulsing (seorang direktur dan sutradara profesional) untuk dapat detail visual kucing, mulai dari bulunya, mata, hingga ekspresi dan bagian-bagian muka. Mereka fokus untuk membangun visual dari kucing domestik yang nyata dari komik. Namun tidak juga sampai melebih-lebihkan apa yang bisa dilakukan oleh kucing sungguhan, karena akan terlihat aneh nantinya bila berlebihan. Selain itu, mereka juga mempelajari rekaman kucing selama berjam-jam agar bisa mencapai hasil yang sesuai dengan nada aslinya. Apapun dilakukan untuk membuat hasil proyek VFX terlihat nyata dan sesuai dengan kehidupan asli. Lalu saat dicoba diputar, para pemilik kucing bilang kalau kucing mereka antusias ke layar, berarti mereka berhasil. 

Dari step by step dan berbagai sentuhan ajaib para super team diatas, kita dapat simpulkan bahwa pembuatan proyek VFX ini tidak mudah dan perlu banyak kolaborasi antar para ahli. Selain itu, setiap bagian dibuat semirip mungkin dan bisa memberikan fantasi kepada penonton.

Jika kamu sangat tertarik untuk punya bakat dan karya di bidang Animasi , Ayo join di IDS | International Design School di Sekolah Animasi. Kamu juga bisa dapet gelar Bachelor dari Universitas terkenal di Luar Negeri lho. Ayo buruan daftar kuliah di IDS. Kami tunggu untuk bergabung, see you there!

Sumber: awn.com

JOIN NOW!

Step by Step to Become a Product Designer