Blog

BAGIKAN

Mengenal Psikologi Warna dalam Desain

Psikologi warna

Seni visual memang erat kaitannya dengan penggunaan warna. Warna mampu menunjukkan sifat dan mood atau suasana dari sebuah entitas. Dunia tampak lebih suram dan menyedihkan tanpa warna. Ternyata di balik warna-warna yang ada, tersimpan psikologi warna. Hal tersebut mengartikan bahwa warna dapat melambangkan perasaan atau makna tersendiri. Meski ada juga dari beberapa negara yang menyimbolkan warna dengan arti berbeda. Namun, sebuah warna tetap memiliki makna tertentu secara umum. Kenali lebih dalam lagi soal psikologi warna dalam desain, yuk!

Warna Merah

Merah adalah warna dasar. Dalam psikologi warna, merupakan yang paling emosional serta cenderung ekstrim. ini juga menyimbolkan agresivitas, keberanian, gairah, kekuatan, dan vitalitas. Tampilan desain akan terlihat lebih menonjol jika menggunakan warna Merah karena terlihat lebih terang jika dibandingkan dengan warna lain. 

Warna Oranye

Oranye ditandai sebagai warna matahari dan senja. Berbagai hal yang berhubungan dengan energi, antusiasme, flamboyan, dan perhatian digambarkan oleh warna ini. Sifatnya menarik, cerah dan ceria menawarkan keterbukaan serta keramahan bagi yang melihatnya.

Warna Kuning

Warna kuning jadi warna yang paling sulit ditangkap oleh mata. Sifatnya cerah, memberikan energi positif, menyeimbangkan pikiran, menjaga suasana hati, dan optimisme. Meski melambangkan optimis, sebaiknya tidak digunakan berlebihan pada sebuah desain. 

Warna Biru

Biru merupakan warna langit dan laut dan termasuk golongan warna populer. Biasanya melambangkan kewenangan, martabat, keamanan dan kesetiaan. Selain itu, biru diyakini mampu membuat tubuh memproduksi bahan kimia yang menyenangkan, maka itu sering digunakan di dalam kamar tidur. 

Selain itu, orang jadi lebih produktif jika ditempatkan di sebuah ruangan berwarna biru. Bahkan, ada studi yang menunjukkan angkat besi mampu menangani beban lebih berat di pusat kebugaran biru. Jika dalam penggunaan desain, biru kerap dipakai sebagai logo pemerintahan, pendidikan, dan medis.

Warna Hijau

Alam dan kesuburan sering direpresentasikan oleh warna hijau. Selain itu, warna ini menandakan kesegaran, ketenangan, alam, natural, juga kesehatan.  Dalam dunia desain, hijau sering dipakai di bidang kesehatan, konstruksi, real estate, ekologi, konservasi alam, atau olahraga semacam golf.

Mengenal Psikologi Warna dalam Desain

Warna Ungu

Segala hal yang berbau kemewahan, kerajaan, spiritualitas, kekayaan, dan kecanggihan direpresentasikan oleh warna ungu. Warna ini juga bisa menggambarkan kekuasaan dan kedudukan dan jadi warna feminin sekaligus romantis. 

Warna Coklat

Sebagai simbol bumi dan alam, warna coklat memperlihatkan utilitas, membumi, warna kayu, dan kekayaan yang berlimpah. Kesan yang diberikan juga hangat, nyaman, dan aman. Sebuah pondasi dan kekuatan hidup juga dapat disimbolkan oleh warna ini. 

Warna Hitam

Hitam jadi warna yang kuat dan membangkitkan otoritas, kekuasaan, keberanian, keanggunan, dan gaya. Dalam dunia fashion, hitam bisa memberikan ilusi agar orang tampak lebih langsing. Jika dalam hal religi, seorang imam yang mengenakan warna hitam dimaknai tunduk kepada Tuhan. Sisi lain dari warna hitam berarti sangat kuat dan orang yang menggunakannya akan terlihat jahat juga menyeramkan. Tokoh penjahat dalam film atau drakula kerap memakai warna ini sebagai simbol keabadian. 

Warna Putih

Putih adalah warna perdamaian. Warna ini juga bisa menjadi simbol kepolosan, kemurnian, kesederhanaan, dan kesucian. Penggunaannya sangat populer, terutama di dunia fashion karena tampak bercahaya, netral, dan mudah dikombinasikan dengan warna apapun. Sama halnya dengan desain grafis. Tak jarang, warna putih dipakai sebagai teks yang menyala di latar belakang atau background berwarna gelap. 

Memahami tentang psikologi warna menjadikanmu paham soal warna apa yang cocok digunakan dalam membuat sebuah desain. Dengan begitu, hasilnya bakal terlihat lebih matching. Kamu juga bisa asah skill desain dengan ambil program Digital Design and Illustration di IDS Education!

JOIN NOW!

How to Start Your Career in Animation & Game Industry
Fast Track to International Degree