Blog

BAGIKAN

Rekomendasi 4 Sekolah Film Terbaik di Amerika dan Australia

Sekolah Film Terbaik di Amerika dan Australia

Kamu berkeinginan untuk sekolah perfilman di AS atau Australia?

Pergi ke sekolah film adalah cara yang paling efektif untuk mempelajari aspek-aspek produksi film. Ada banyak pemahaman mengenai film yang bisa kamu dapatkan dengan sekolah film terbaik. Misalnya saja memahami cara menggunakan peralatan, cara menciptakan ide-ide kreatif, cara menghasilkan visual yang estetik, hingga memahami mengatur keuangan. 

Kelebihan dari ikut sekolah film salah satunya adalah sebagai jembatan untuk memperluas jaringan. Untuk berkenalan dengan veteran industri tentu kamu harus berada dalam satu komunitas yang sama. 

Saat merencanakan pendidikan ada banyak hal yang diperhitungkan, apalagi bila rencanamu adalah memilih sekolah di luar negeri, mencari sekolah film dengan kualitas terbaik bisa sangat menyulitkan. 

Berikut adalah daftar sekolah film di Amerika dan Kanada terbaik yang bisa kamu pertimbangkan!

  1. American Film Institute – AFI Conservatory

American Film Institute

AFI Conservatory adalah sekolah film yang telah didirikan sejak tahun 1969 terletak di Hollywood Hill, Los Angeles. AFI Conservatory terbagi ke dalam enam disiplin ilmu, yaitu Sinematografi, Penyutradaraan, Pengeditan, Produksi, Desain Produksi, dan Penulisan Skenario. Mahasiswa di AFI disebut juga dengan Fellow. Selama dua tahun, fellow akan bekerjasama dengan fellow lainnya untuk menulis, memproduksi, mendesain, mengarahkan, merekam, mengedit sebanyak 4 sampai 10 film. 

AFI Conservatory memiliki ukuran kelas yang kecil untuk memastikan bahwa setiap fellow dapat menerima instruksi berfokus dari instruktor. Instruktor AFI Conservatory adalah orang-orang profesional yang memiliki pengalaman puluhan tahun dalam industri film. AFI Conservatory juga kerap mengundang dosen tamu seperti, Steve McQueen, Sofia Coppola, Barry Jenkins, Brian Grazer, dan Ari Aster.

  1. ArtCenter College of Design

ArtCenter College of Design

ArtCenter College of Design adalah sebuah perguruan tinggi seni di Pasadena, California yang didirikan pada tahun 1930. ArtCenter menawarkan 11 program sarjana dan 6 program pascasarjana yang terbagi ke dalam berbagai disiplin ilmu desain dan seni, termasuk perfilman. Dalam mendukung para siswanya untuk siap memproduksi film, ArtCenter menyediakan peralatan dan fasilitas yang canggih. Siswa ArtCenter akan dibekali dengan dasar storytelling yang kuat untuk film pendek ataupun film layar lebar. Siswa kemudian diarahkan untuk memilih trek khusus seperti sinematografi, penyuntingan, atau penyutradaraan. Setiap program Art Center merupakan tempat untuk mengembangkan kreativitas, membentuk visi, dan manajemen karir. Alumni dari ArtCenter diantaranya Michael Bay dan Zack Snyder. 

  1. Victorian College of the Arts

The Victorian College

Victorian College of the Arts adalah perguruan tinggi yang menyatukan berbagai disiplin ilmu kreatif, salah satunya adalah Film. VCA terletak di Melbourne, Australia. Perguruan tinggi ini mengedepankan praktik dan pengembangan ide kreatif dan storytelling sebagai inti dari pengajaran VCA. VCA berkomitmen untuk memberikan pengalaman belajar yang mendalam dan transformatif dalam mengejar keunggulan artistik, inovasi, dan pendidikan yang menyerap. Ruang kelas VCA sengaja dibuat intensif dan praktek berdasarkan studio. 

VCA juga memiliki spesialisasi di tingkat sarjana dan pascasarjana, yaitu animasi, dokumenter, narasi, produksi, dan penulisan skenario. Para alumni dari VCA telah bekerja secara luas dalam industri film dan televisi juga telah menghasilkan karya yang mendapatkan penghargaan terkemuka seperti Cannes, Sundance, Toronto, Berlin, Tribeca, dan New York festival film.

  1. Griffith University

Griffith University

Griffith University memberikan pengarahan kepada siswanya untuk membawa visualisasi yang hidup ke dalam layar dan memberikan landasan yang menyeluruh mengenai sejarah, praktek, dan analisis kritis film. Siswa juga akan mempelajari aspek produksi film seperti editing, sinematografi, pengarahan gambar, desain produksi, dan lainnya. Semuanya dibangun dalam kerja sama tim. Griffith University juga memberi dukungan untuk membantu para siswa mempelajari cara menemukan dukungan dan audiens untuk membangun produksi film, yaitu dengan kemitraan internasional yang dimiliki Griffith. Griffith Film School merupakan anggota aktif dan memiliki reputasi yang kuat dalam World Film School Association (CILECT), grup dari 160 Sekolah Film Internasional. Selain itu Griffith Film School juga bermitra dengan APSA, NEP Group, World of Science and Factual Producers, Gobelins L’école De L’image and the BFA.

Bila kamu tertarik untuk mendaftar sekolah film di luar negeri, terlebih Australia, IDS | International Design School akan menjembatani mu agar kamu bisa bersekolah di Griffith University. Tawaran yang menarik bukan? IDS memiliki Program Digital Film & Media Production, sebuah program untuk mempersiapkan filmmaker yang kompeten.

JOIN NOW!

Fast Track to International Degree