Blog

BAGIKAN

Sekolah Akting, Apakah Wajib bagi Seorang Aktor?

Sekolah Film

Sekolah akting adalah salah satu solusi bagi kamu yang ingin belajar akting. Pasalnya, jika hendak menjadi seorang aktris atau aktor, kamu haruslah mempunyai skill akting yang memadai. Dalam sebuah film, ada banyak aspek yang harus dipenuhi oleh seorang aktor. Di akting sendiri, aktor haruslah memerankan peran yang bisa jadi sangat jauh dari kepribadian sang aktor.

Maka dari itu, sekolah akting adalah hal yang penting dan perlu untuk diikuti oleh seorang aktor. Aktor haruslah membebaskan dirinya agar akting bisa dimainkan dengan baik. Selain itu emosi yang sedang dirasakan juga perlu diubah dengan sedemikian rupa sehingga bisa menyesuaikan dengan emosi dari peran yang sedang dimainkan.

Dalam sebuah film, peran seorang aktor tidak selalu datang secara alami. Perlu adanya pembelajaran yang dilakukan supaya bisa mengontrol emosi dan karakter sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh sutradara. Dengan kelas akting, ini akan membantumu untuk mempermudah hal itu. Terdapat banyak kelas akting yang bisa membantumu mengembangkan berbagai kemampuan berikut ini:

  1.  Kelas Teknik Akting

Kelas teknik akting merupakan pelatihan dasar bagi calon aktor atau aktris yang bercita-cita tinggi menjadi seorang aktor atau aktris film. Kelas teknik akting akan mengajarkanmu bagaimana berakting dengan menggunakan teknik. Ini wajib karena, akting tidak bisa datang secara alami terus menerus. Perlu adanya kemampuan bagi seorang aktor atau aktris untuk bisa menjiwai peran yang dimainkan.

Oleh karena itu, jika kamu adalah orang yang ingin menjadi seorang aktor, maka wajib bagi kamu untuk ikut dalam kelas teknik akting.

  1. Kelas Teknik Audisi

Untuk bisa menjadi seorang aktor yang terkenal dan profesional, kamu perlu mengikuti berbagai audisi agar bisa lolos dan diterima di sebuah proyek film yang kamu harapkan. Oleh karena itu, di kelas ini kamu akan diajarkan tentang audisi dalam peran profesional.

Materi yang diajarkan juga fokus pada proses audisi, panggilan balik, dan cara agar percaya diri ketika masuk ke sebuah audisi.

  1.  Pelajaran pada Adegan

Sebagai seorang aktor atau aktris, menguasai adegan adalah hal yang sangat penting. Pelatihan jenis ini akan mengajarkan kamu untuk bisa menganalisis dan mempraktikkan adegan di luar rekaman kamera. Ini akan memudahkan dalam berakting dan membayangkan bagaimana jika situasi dalam adegan benar-benar terjadi.

Dalam sekolah akting ini, pengajar merasa perlu selain mengetahui adegan-adegan untuk film, juga dasar-dasar teknik akting yang kamu miliki. Modal ini yang akan bisa kamu gunakan untuk mempelajari akting dengan lebih baik lagi.

Sekolah Film

  1.  Improvisasi

Improvisasi adalah skill yang jarang sekali dimiliki oleh orang-orang biasa. Teknik ini sangat rumit dan perlu dipelajari dengan jam terbang yang juga tinggi. Ketika kamu tampil di panggung atau di depan ribuan orang, kamu haruslah berimprovisasi untuk menambah daya gerak dan daya tarik sebuah cerita.

Namun, untuk belajar berimprovisasi, kamu perlu meluangkan banyak waktu untuk akting dan memperbanyak jam terbang. Pasalnya, kamu perlu waktu berpikir secara cepat atau spontan bahkan penonton tidak boleh mengetahui kalau kamu sedang berpikir untuk improvisasi.

  1.  Vokal

Selain akting dan memainkan mimik wajah, satu hal yang tidak kalah penting untuk seorang aktor ketika akting adalah perihal vokal. Vokal adalah suara yang dikeluarkan ketika memerankan sebuah peran di dalam film. Tentu setiap pemain mempunyai warna suara yang berbeda-beda. Hal itulah yang perlu dipelajari dalam sekolah film.

Pelatihan vokal juga sangat tepat bagi orang yang ingin tampil dalam produksi musikal. Pasalnya, pelatihan ini akan mengajarkan teknik pernapasan dan cara mengendalikan kemampuan vokal untuk mengeluarkan karakter suara tertentu.

  1.  Gerakan

Selain lima unsur di atas, satu hal yang juga penting dipelajari dalam kelas akting adalah gerakan. Ketika kamu memerankan sebuah karakter, penting bagi kamu untuk bisa melakukan gerakan yang pas. Gerakan-gerakan tertentu akan membantu kamu dalam membangun emosi dalam sebuah karakter yang sedang kamu mainkan.

Tidak hanya itu, gerakan akan membangkitkan perasaanmu di dalam suatu pertunjukan. Jika kamu memainkan emosi sedang marah, maka gerakan marah perlu kamu sampaikan kepada penonton. Sebaliknya, hal yang sama juga perlu kamu lakukan ketika kamu ingin menunjukkan emosi yang sedih. Di sini kamu akan diajari tentang kesadaran segala aspek yang ada di dalam tubuh sampai dengan ekspresi wajah.

Demikian adalah poin-poin yang harus dipelajari ketika ingin masuk ke sekolah akting. Sekolah akting adalah langkah penting yang perlu kamu lalui jika ingin menjadi seorang aktor yang baik. Selain itu, dengan sekolah akting, kamu akan bisa memainkan akting yang sempurna dan menjadi seorang aktor yang profesional ketika memerankan sebuah peran.

Ingin belajar acting atau sedang mencari sekolah acting? Pas banget nih karena IDS punya Workshop Acting yang bekerjasama dengan Asosiasi Casting Indonesia. Penasaran kelasnya seperti apa? Yuk segera daftarkan dirimu biar kamu Bisa Acting, Siap Casting!

Sumber: Sekolah Akting, Apakah Wajib bagi Seorang Aktor?

JOIN NOW!

Step by Step to Become a Product Designer