Blog

BAGIKAN

Menemukan Karier Impianmu: Jelajahi Sekolah Animasi Terbaik di Dunia

Sekolah animasi di dunia

Sekolah animasi terbaik di dunia menawarkan pendidikan dan pelatihan tingkat tinggi untuk siswa yang ingin mengejar karier di industri animasi dan seni digital. Dengan berkembangnya industri hiburan dan teknologi, permintaan untuk animator dan seniman digital terus meningkat. Oleh karena itu, sangat penting bagi siswa untuk memilih sekolah yang tepat untuk memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk sukses di dunia animasi.

Berikut adalah daftar beberapa sekolah animasi terbaik di dunia, beserta penjelasan singkat tentang program dan fasilitas mereka:

  1. California Institute of the Arts (CalArts) – Amerika Serikat

California Institute of the Arts (CalArts) adalah sebuah perguruan tinggi seni yang terletak di Valencia, California, Amerika Serikat. Didirikan pada tahun 1961 oleh Walt Disney, CalArts didesain untuk menjadi sebuah pusat pendidikan seni yang menawarkan pendekatan interdisipliner dan inovatif dalam pengajaran dan pembelajaran seni. Fokus utama CalArts adalah seni rupa, seni pertunjukan, dan animasi.

Salah satu program terkenal dari CalArts adalah program animasi. Banyak animator terkenal seperti Tim Burton, John Lasseter, dan Pendleton Ward belajar di CalArts. Program animasi CalArts terkenal karena pendekatan uniknya yang menekankan pada eksperimen, kreativitas, dan kemandirian siswa. Selain itu, CalArts juga menawarkan program seni rupa, seni pertunjukan, musik, dan teater yang dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

CalArts memiliki kampus yang modern dan luas dengan berbagai fasilitas untuk mendukung pendidikan seni, seperti studio seni, ruang pameran, perpustakaan, gedung teater, dan fasilitas teknologi mutakhir untuk animasi dan seni digital. Fakultas CalArts terdiri dari para profesional seni terkenal dan berpengalaman yang telah berkontribusi pada industri seni internasional.

Selain itu, CalArts juga memiliki jaringan alumni yang luas di seluruh dunia, termasuk banyak seniman, animator, dan profesional seni yang terkenal. Dalam beberapa tahun terakhir, CalArts telah memperoleh reputasi sebagai salah satu sekolah seni terbaik di dunia dan menjadi pilihan bagi siswa yang ingin mengejar karir di industri seni dan animasi internasional.

  1. Gobelins – Prancis

Gobelins, juga dikenal sebagai L’École de l’image Gobelins, adalah sebuah sekolah seni dan animasi yang terletak di Paris, Prancis. Sekolah ini didirikan pada tahun 1929 dan telah menjadi salah satu sekolah seni terbaik di dunia, terutama dalam bidang animasi dan gambar animasi.

Gobelins menawarkan program seni rupa, animasi, gambar animasi, dan ilustrasi dengan fokus pada seni digital dan animasi. Sekolah ini sangat diakui dalam industri animasi internasional dan terkenal karena memberikan pendekatan interdisipliner dan inovatif dalam pengajaran dan pembelajaran seni. Selain itu, Gobelins juga terkenal karena program internasionalnya, yang menarik banyak siswa internasional dari seluruh dunia.

Program animasi Gobelins sangat dianggap sebagai yang terbaik di dunia, dengan fokus pada pengembangan kreativitas dan kemampuan teknis siswa. Para siswa belajar tentang seni dan teknologi animasi, termasuk pengembangan karakter, storyboard, animasi, desain suara, dan pengembangan game. Selain itu, Gobelins memiliki kerjasama dengan berbagai perusahaan animasi besar di dunia seperti Disney, Pixar, dan DreamWorks, sehingga siswa memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan profesional animasi dan mencari kesempatan kerja di industri animasi internasional.

Sekolah ini memiliki fasilitas yang modern dan luas, seperti studio animasi, perpustakaan, dan laboratorium komputer yang canggih. Gobelins juga menawarkan program pendidikan lanjutan untuk siswa yang ingin memperdalam pengetahuan mereka di bidang seni dan animasi.

Dalam beberapa tahun terakhir, Gobelins telah memperoleh reputasi sebagai salah satu sekolah seni terbaik di dunia dan menjadi pilihan bagi siswa yang ingin mengejar karir di industri animasi internasional. Banyak lulusan Gobelins yang telah menjadi animator terkenal dan memiliki kesuksesan besar dalam industri seni internasional.

  1. Royal College of Art (RCA) – Inggris

Royal College of Art (RCA) adalah sebuah universitas seni dan desain yang terletak di London, Inggris. Didirikan pada tahun 1837, RCA terkenal sebagai salah satu sekolah seni terbaik di dunia, dengan fokus pada seni rupa, desain, animasi, dan seni media.

Program animasi RCA sangat diakui karena fokusnya pada pengembangan kreativitas dan kemampuan teknis siswa. Para siswa belajar tentang seni dan teknologi animasi, termasuk pengembangan karakter, storyboard, animasi, desain suara, dan pengembangan game. Selain itu, RCA juga menawarkan program seni rupa dan desain yang terkenal karena menghasilkan lulusan yang sukses di industri seni dan desain internasional.

RCA memiliki fasilitas yang modern dan luas, seperti studio seni dan animasi, laboratorium komputer, perpustakaan, dan pusat penelitian seni dan desain. Fakultas RCA terdiri dari para profesional seni dan desain terkenal dan berpengalaman yang telah berkontribusi pada industri seni internasional.

RCA juga menawarkan program magister dan program pendidikan lanjutan dalam seni dan desain, serta program musim panas untuk siswa SMA yang ingin mengeksplorasi bidang seni dan desain. Selain itu, RCA memiliki jaringan alumni yang luas di seluruh dunia, termasuk banyak seniman, animator, dan profesional seni dan desain yang terkenal.

Dalam beberapa tahun terakhir, RCA telah memperoleh reputasi sebagai salah satu sekolah seni terbaik di dunia dan menjadi pilihan bagi siswa yang ingin mengejar karir di industri seni dan animasi internasional. Banyak lulusan RCA yang telah mencapai kesuksesan besar dalam industri seni dan animasi internasional, termasuk di perusahaan-perusahaan animasi terkenal seperti Pixar, DreamWorks, dan Blue Sky Studios.

  1. Tokyo University of the Arts – Jepang

Tokyo University of the Arts (TUA), atau sebelumnya dikenal sebagai Tokyo National University of Fine Arts and Music, adalah universitas seni dan musik terkemuka di Jepang. Didirikan pada tahun 1949, universitas ini memiliki dua kampus di Tokyo dan terdiri dari empat fakultas: Seni Rupa, Seni dan Teknologi, Musik, dan Seni Pertunjukan.

Program animasi di TUA terkenal karena fokusnya pada teknik animasi tradisional dan seni visual Jepang. Para siswa belajar tentang berbagai teknik animasi, termasuk pengembangan karakter, storyboard, animasi, dan desain suara. Selain itu, program ini juga menekankan pada pengembangan keterampilan teknis dan kreativitas siswa melalui kelas praktikum dan proyek.

TUA memiliki fasilitas yang modern dan dilengkapi dengan teknologi terkini, seperti studio animasi, laboratorium komputer, perpustakaan, dan galeri seni. Fakultas TUA terdiri dari para profesional seni dan desain terkenal dan berpengalaman yang telah berkontribusi pada industri seni internasional.

TUA juga menawarkan program magister dan doktor dalam seni dan desain, serta program pertukaran internasional untuk siswa yang ingin belajar di luar negeri. Selain itu, universitas ini memiliki jaringan alumni yang luas di seluruh dunia, termasuk banyak seniman, animator, dan profesional seni dan desain yang terkenal.

Dalam beberapa tahun terakhir, TUA telah memperoleh reputasi sebagai salah satu universitas seni terbaik di Jepang dan menjadi pilihan bagi siswa yang ingin mengejar karir di industri seni dan animasi internasional. Banyak lulusan TUA yang telah mencapai kesuksesan besar dalam industri seni dan animasi internasional, termasuk di perusahaan-perusahaan animasi terkenal seperti Studio Ghibli dan Gainax.

Sekolah animasi di dunia

Di Indonesia sendiri ada lho sekolah animasi terbaik, yaitu International Design School (IDS) yang merupakan salah satu sekolah animasi terbaik di Indonesia yang menawarkan pendidikan tingkat tinggi di bidang animasi, desain grafis, dan seni digital. Berdiri pada tahun 2001, IDS telah melatih banyak siswa yang sukses di industri animasi dan seni digital di Indonesia dan luar negeri.

Program animasi di IDS dirancang untuk mengembangkan keterampilan teknis dan kreativitas siswa melalui kelas praktikum dan proyek. Siswa akan mempelajari berbagai teknik animasi, termasuk pengembangan karakter, storyboard, animasi, dan desain suara. Selain itu, program ini juga menekankan pada pengembangan keterampilan artistik dan kreativitas siswa, seperti ilustrasi, desain grafis, dan seni digital.

Di IDS Para siswa akan dilatih oleh tenaga pengajar yang ahli di bidang animasi dan seni digital, yang memiliki pengalaman luas di industri dan dapat memberikan wawasan yang berharga kepada siswa.

Dengan visi untuk menjadi pusat pendidikan seni dan desain yang terkemuka di Asia, IDS terus mengembangkan programnya untuk memenuhi kebutuhan industri dan memberikan peluang karir yang baik bagi siswa. Dengan lingkungan belajar yang inspiratif dan pengalaman praktis yang luas, IDS menjadi salah satu pilihan terbaik bagi siswa yang ingin mengejar karier di dunia animasi dan seni digital di Indonesia dan luar negeri.

JOIN NOW!

Step by Step to Become a Product Designer