Blog

BAGIKAN

Skill yang Wajib Kamu Kuasai Jika Ingin Jadi Desainer Grafis Handal

Design

Seorang desainer grafis wajib memiliki skill, baik hard skill maupun soft skill yang akan IDS tuliskan di bawah ini. Skill tersebut akan membantu kamu menjadi seorang desainer grafis yang andal.

Skill yang wajib dimiliki ini, terbagi menjadi hard skill dan soft skill. Hard skill merupakan skill atau keahlian teknis, berupa penguasaan prinsip desain, tipografi, software desain, dan bahasa pemrograman.

Hard Skill Desain Grafis

  1. Penguasaan Prinsip Desain

7 prinsip desain meliputi unity, balance, proportion, rhythm, contrast, harmony, dan emphasis merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang desainer grafis.

Prinsip-prinsip desain ini akan membantu kamu untuk membuat desain yang terstruktur, mudah dipahami oleh audiens, sekaligus menarik secara visual.

  1. Tipografi

Tipografi adalah keahlian umum bagi pekerja seni dan sastra, termasuk di dalamnya desain grafis. Ini melibatkan teknik dalam memilih serta menata huruf dalam suatu bidang.

Bagi desain grafis sendiri berperan untuk menyampaikan pesan secara jelas sehingga pesan dapat terbaca dan diterima oleh audiens. Selain itu tipografi dapat juga dimanfaatkan untuk menarik perhatian audiens untuk melihat desain tersebut.

  1. Software Desain

Software desain adalah alat bagi desain grafis dalam membuat karya digital. Software aplikasi desain yang umum digunakan oleh desainer grafis adalah Adobe Illustrator, Adobe Indesign, Adobe Photoshop, dan lain sebagainya.

  1. Bahasa Pemrograman

Keahlian bahasa pemrograman akan menjadi nilai tambah untuk desainer grafis. Ada sebuah survei yang menunjukkan bahwa 36% perusahaan lebih tertarik kepada desainer grafis yang memahami dasar-dasar HTML, maupun bahasa pemrograman lain.

Kemampuan ini berguna di era digital saat ini. Dengan bahasa pemrograman kamu akan memahami sebuah tampilan desain dari suatu situs, sehingga kamu dapat bekerja membuatnya lebih menarik.

Graphic designer

Soft Skill Desain Grafis

  1. Kreativitas

Sudah jadi rahasia umum, kreativitas adalah kemampuan dasar pekerja seni, termasuk desainer grafis.

Kamu dituntut untuk menciptakan desain yang kreatif dan inovatif untuk membuat desain grafis, yang tidak Cuma menarik tapi mampu menimbulkan perasaan tertentu bagi audiens.

  1. Manajemen Waktu

Sebagai desainer, kamu akan diminta untuk mengerjakan berbagai proyek pada satu waktu secara bersamaan. Maka kamu perlu untuk memiliki kemampuan untuk mengatur waktu agar kamu dapat bekerja secara efisien dan tepat waktu.

  1. Komunikasi

Desain merupakan salah satu media untuk menyampaikan pesan. Karena itulah kamu juga harus memiliki kemampuan ini untuk berkomunikasi dengan audiens dengan lambang-lambang desainmu.

Selain itu, kamu juga perlu menguasai kemampuan komunikasi untuk dapat mempresentasikan hasil desain kamu kepada tim maupun klien.

  1. Resolusi Konflik

Desainer grafis adalah pekerjaan yang melibatkan banyak orang dalam satu proyek. Maka itu, kamu perlu untuk memiliki kemampuan ini ketika muncul perbedaan atau ketidaksepakatan antara tim maupun klien kamu.

Bagaimana Mempelajari Keahlian Tersebut?

Kabar baiknya, semua keahlian yang IDS | International Design School sebutkan diatas dapat kamu pelajari lewat pendidikan formal maupun kursus bersertifikat.

Mempelajari semua keahlian di atas membutuhkan tahapan serta waktu yang tidak sedikit. Tetapi dengan kemauan, kesabaran, dan konsisten, kamu dapat menguasainya.

Kamu dapat bergabung dengan program kursus yang tersedia di IDS| International Design School. IDS memiliki College Program Digital Design and Illustration, di mana kamu dapat mempelajari semua keterampilan yang dibutuhkan oleh desainer grafis handal.

Sumber: glints.com

Roadmap to Success: Career Path in 3D Animation Production
Fast Track to International Degree