Blog

BAGIKAN

Ingin Jadi Visual Effect Artist? Inilah Cara untuk Asah Skill Kamu!

visual effect artist

Kamu tertarik berkarier di bidang kreatif digital? Ada banyak pilihan profesi salah satunya sebagai visual effect artist. Tugas seorang visual effect artist adalah menciptakan sebuah tampilan adegan yang lebih hidup dan menarik dengan efek-efek buatan. Hmm, penasaran ingin tahu bagaimana caranya menjadi seorang visual effect artist dan bagaimana peluang kerjanya? Baca artikel ini sampai habis, ya!

Profesi Visual Effect Artist

Profesi Visual Effect Artist

Kamu pernah terkagum-kagum saat melihat sebuah film dapat menyajikan visual yang luar biasa? Hal ini tidak lepas dari peran visual effect artist. Visual effect adalah proses pencitraan atau memanipulasi sebuah rekaman dari kamera video secara digital. Proses manipulasi tersebut menciptakan tampilan yang tampak realistis.

Salah satu teknologi visual effect yang digunakan saat ini adalah Computer Graphic Image atau disingkat CGI. Perkembangan CGI dapat kamu lihat dari berbagai film dengan visual effect yang lebih canggih sehingga terlihat lebih realistis. Contohnya Avatar, film ini disebut-sebut sebagai puncak dari teknologi CGI yang digunakan dalam industri film Hollywood. Hal ini karena hampir seluruhnya menggunakan efek CGI.

Berkat adanya teknologi, visual effect artist bisa mewujudkan berbagai adegan imajinatif dan berbahaya yang sebelumnya tak bisa dipikirkan logika. Contohnya, syuting adegan berbahaya di kobaran api, atau adegan fighting di atas kereta. Kini cukup dengan beberapa setting area, sisanya akan disempurnakan oleh proses CGI. Keren, kan! 

Cara Mempelajari Visual Effect 

Visual Effect

Di Indonesia sendiri, beberapa film sudah banyak yang menerapkan visual effect, seperti Garuda, Jagoan Instan, Bangkit, Rafathar dan lain sebagainya. Jika kamu tertarik, kamu bisa mempelajari visual effect dengan mengambil program kuliah Digital Animation & Games.

Program kuliah ini mengajarkan kemampuan kreatif dan teknis dalam proses produksi untuk kebutuhan animasi dan visual effect di industri film dan televisi. Kamu bisa mempelajari proses pembuatan animasi dan game mulai dari ide, storytelling, desain karakter, hingga mampu menciptakan hasil karya berstandar internasional.

Selain itu kamu juga akan mempelajari perangkat lunak seperti Autodesk Maya & Unreal yang menjadi standar industri animasi dan game, Pixologic ZBrush untuk digital sculpting dan berbagai software Adobe seperti Substance, Photoshop, Illustrator, Premiere Pro dan After Effects.

Peluang Kerja di Bidang Industri Kreatif Digital

Tercatat pada tahun 2022 jumlah penonton film Indonesia mencapai 54,07 juta orang. Diperkirakan tahun 2023 akan meningkat pesat. Ini berarti peminat industri kreatif digital juga semakin banyak. Oleh, karena itu peluang karir sebagai visual effect artist juga semakin terbuka lebar.

Selain sebagai visual effect artist, peluang karir lainnya yang membutuhkan skill visual effect antara lain :

  • Graphic Designer : graphic designer bertugas untuk menciptakan ilustrasi, tipografi, fotografi, atau grafis motion.
  • Illustrator : Illustrator tidak hanya menciptakan grafis, tapi juga punya kemampuan untuk membuat storyboard.
  • Web Designer : mendesain website agar lebih menarik secara desain visual dengan mengakomodir kebutuhan teknis seperti UI dan UX.
  • Creative Director : sebagai pengarah konsep dalam proses pembuatan konten visual. Creative director juga harus memiliki keahlian untuk bisa memahami konteks tampilan visual disesuaikan dengan kondisi psikologis audiens.
  • Art Director : berperan untuk menerjemahkan teks copywriter ke dalam bentuk visual.

Nah, itulah cara mengasah skill di bidang visual effect dan peluang kerja seorang visual effect artist. Kamu tidak perlu bingung lagi mencari tempat kuliah untuk menunjang karirmu di bidang industri kreatif. Kamu bisa mengambil program Digital Animation & Games di IDS dan bertemu dengan mentor-mentor yang berpengalaman.

Kalau kamu juga tertarik berkarier di dunia perfilman, IDS punya program kuliah program kuliah Digital Film & Media Production, lho. Kamu akan bertemu dengan mentor-mentor berpengalaman yang dapat membantu mewujudkan mimpimu menjadi produser film handal. 

banner college

Program Digital Film & Media Production di International Design School (IDS) adalah pilihan yang tepat untuk belajar film. Program ini mengajarkan kemampuan teknis dan estetis dalam menciptakan film dan konten untuk berbagai media. Mahasiswa akan mengembangkan cerita, menulis skenario, dan memahami seluruh proses produksi film, termasuk penyutradaraan, manajemen produksi, sinematografi, tata artistik, tata suara, akting, dan editing. Kelebihannya termasuk simulasi industri terbaik, kesempatan berpraktik langsung, dan magang di Paragon Pictures. Tanpa skripsi, program ini mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan untuk sukses dalam industri film dan media.

2023_IDS EDU Seminar_2-2_1080x1350
Fast Track to International Degree