Blog

Software Gratis Terbaik untuk Color Grading!

Color Grading

Color grading merupakan hal penting untuk para filmmaker, karena mereka harus menuangkan cerita dari film dalam satu gambar. Meskipun kamu bukan colourist yang ahli dan paham tentang dunia warna, kamu tetap harus paham apa yang kamu inginkan dalam sebuah gambar agar memudahkan kalau kamu meng-hire seorang colourist. Selain itu, kamu juga harus perhatikan hardware atau perangkat yang digunakan, pastikan hardware yang kamu pilih mampu mengedit Color grading yang cukup kompleks.

Tapi, bukan hanya hardware yang harus diperhatikan, software juga salah satu kunci agar footage kamu bisa sesuai yang diinginkan yaitu footage yang mampu bercerita. Ada banyak pilihan software untuk memperindah footage diantaranya Baselight, Nucoda, dan Assimilate Scratch. Selain itu, ada juga lumetri dari Adobe Premiere atau Final Cut Pro.

Footage kamu perlu  color grading? Mungkin software berikut cocok buat kamu

Beberapa software yang tersebut diatas sayangnya berbayar, kamu harus merogoh kocek untuk menikmati kemudahannya. Kalau kamu suka yang gratisan, rekomendasi dari kami adalah DaVinci Resolve

Blackmagic DaVinci Resolve kini adalah satu-satunya pilihan untuk kamu yang mencari software gratis untuk color grading. Resolve punya dua pilihan yakni: Resolve (gratis), dan Resolve Studio (berbayar sekitar $299 dan punya fitur yang cocok untuk yang sudah profesional). 

Resolve awalnya hanya aplikasi Color grading, tapi semakin banyak fiturnya termasuk edit gambar, compositing 3D dengan Fusion, dan fitur edit audio Digital Audio Workstation (DAW), semuanya terpadu dalam satu tampilan. Meskipun sempat beberapa tahun Resolve tidak fokus untuk meningkatkan fitur color grading, tapi Resolve 17 memberikan fitur yang fokus dengan color grading

Resolve memiliki struktur node-based atau satu lapis, tidak seperti struktur layer berlapis yang dimiliki Final Cut Pro atau Photoshop. Memang node-based ini agak rumit dan kompleks, tapi kalau kamu agak berjuang untuk mempelajari ini, sebenarnya struktur node-based lebih memudahkan kamu dibanding struktur layer. Kamu bisa lihat apa yang sedang kamu kerjakan, dan mudah juga untuk menyusun dan menghubungkan grading-nya.

Color Grading

Software ini juga punya tools yang lengkap untuk mengatur grading, baik untuk satu proyek maupun lintas proyek dalam satu toolkits LUT dan galeri. Tools untuk color grading di Resolve dari tahun ketahun semakin canggih. Selain itu, Blackmagic juga mengadakan pelatihan dan sertifikasi untuk penggunanya. Dibandingkan dengan kompetitornya, Blackmagic termasuk yang memiliki proses sertifikasi mudah dan gratis. Panduan pelatihan resmi dari Blackmagic tersedia di websitenya beserta eBook gratis dan buku fisik yang terjangkau. Kamu bisa tonton semua video latihan dan ikuti latihan online nya secara gratis. Selain itu, kamu juga bisa ikuti semua tes sertifikasinya, gratis. 

Kenapa Blackmagic bisa menawarkan semuanya gratis? Jadi, kalau kamu ingin benar-benar mengedit color grading, kamu perlu sebuah monitor broadcast yang terkalibrasi. Untuk itu, kamu punya sinyal dari komputer kamu. Kamu perlu perangkat khusus untuk menghubungkan sinyalnya, bisa kartu PCI atau sebuah thunderbolt box. Blackmagic punya boks tersebut, dan Resolve hanya bisa terkoneksi dengan buatan Blackmagic, harganya sekitar $150. 

Color grading adalah fitur termahal di dunia industri film. Ketika DaVinci Resolve merilis hanya dengan $1000 seantero industri film terkejut. Lalu saat versi gratis yang dirilis, mereka terkejut juga. Untuk saat ini, belum ada kompetitor yang punya akses gratis selengkap dan sebaik DaVinci Resolve.

Ketika kamu belajar dengan software DaVinci Resolve kamu juga bisa mengedit audio dan juga mengomposisi 2D dan 3D. Yang keren dari Resolve adalah kamu bisa edit di program apapun yang kamu mau di dalamnya, dan bisa mengekspor footage untuk proyek akhir kamu. 

Itulah yang bisa kami rekomendasikan untuk software gratis yang cocok untuk color grading. Mungkin DaVinci Resolve bukan yang terbaik, tapi sangat cocok untuk kamu yang ingin fitur cukup lengkap dan banyak akses training dengan gratis. Untuk melengkapi perjalanan kamu menekuni DaVinci Resolve dalam mengedit color grading, kamu bisa bergabung bersama kami di Program College Digital Film and Media Production di IDS | International Design School. See you there!

JOIN NOW!