Blog

BAGIKAN

Spesifikasi dan Harga Canon EOS R8 Mirrorless Full-Frame

Canon R8 Dikarenakan videography semakin banyak digunakan dan dibutuhkan dalam kehidupan sehari hari, seperti mengambil video pernikahan, konten di media sosial, bahkan sampai ke dunia perfilman. Maka kamera yang dibutuhkan pun harus mengambil foto dan video yang jernih. Seperti kamera keluaran terbaru Canon EOS R8 yang telah diluncurkan pada tanggal 8 Mei 2023 di Indonesia. Spesifikasi Canon EOS R8 Mirrorless Full-Frame sangat cocok untuk para profesional, dan dapat memberikan pengalaman terbaik saat digunakan. 

Kamera ini telah diklaim sebagai kamera paling ringan dan ringkas yang pernah dibuat oleh Canon. Canon EOS R8 ini merupakan kamera mirrorless full-frame yang telah dirancang untuk memenuhi kebutuhan para profesional di bidang fotografi dan pembuatan konten. 

Yang menjadi keunggulan paling utama dari kamera ini adalah sensor full frame yang dimilikinya. Apalagi dengan bobot yang hanya seberat 461 gram, sehingga mudah dan ringan dibawa kemana saja dengan mudah. 

Nah, bagaimana spesifikasi dari Canon EOS R8 Mirrorless Full-Frame? Dan berapa harga dari kamera ini?

Spesifikasi kamera Canon EOS R8 Mirrorless Full-Frame

Canon EOS R8 Mirrorless Full-Frame adalah salah satu kamera impian para photographer dan videographer. Dengan dibekali oleh sensor gambar CMOS full-frame 24,2 megapiksel dan prosesor DIGIC X membuat kamera ini memiliki kemampuan untuk mengambil gambar secara beruntun dengan kecepatan tinggi hingga 40 fps pada mode Electronic Shutter. 

Tak hanya itu saja, sensor ini pun bisa menghasilkan footage 4K UHD tanpa cropping berkualitas tinggi hingga 60p. Sehingga foto dan video yang diambil menjadi bersih dan jernih. 

Kebanyakan kamera ketika mengambil video yang lama akan terasa panas, pada Canon EOS R8 Mirrorless Full-Frame ini telah memiliki peredaman panas yang membuat pengambilan gambar hingga 4K 30p tanpa batasan waktu perekaman, dan hingga 30 menit pada 4K 60p. Kamera ini juga telah memberikan opsi perekaman video dengan rentang dinamis tinggi 4:2:2 10-bit, loh.

Spesifikasi menarik lainnya dari EOS R8 ini adalah pengambilan video secara stabil. Karena kamera ini sudah dilengkapi dengan Movie Digital IS yang bisa melakukan koreksi kemiringan stabilisasi gambar 5 sumbu selama perekaman video. Jika dikombinasikan dengan lensa optical IS, maka video yang dihasilkan akan lebih stabil dan lebih baik lagi. 

Kamera ini juga telah dibekali dengan EOS iTR AF X yaitu sebuah teknologi yang dapat mendeteksi dan mengenali mata, wajah, bahkan tubuh pada orang maupun hewan. Tak hanya itu saja, kendaraan seperti mobil, pesawat, motor, dan kereta pun bisa dilacak dan dikenali oleh EOS R8. Sehingga pengambilan gambar bisa lebih rinci dan jelas. 

Untuk pengambilan gambar saat malam pun tidak perlu khawatir, karena kamera ini telah dibekali dengan Canon Log 3 membuat fleksibilitas untuk alur kerja post-pro untuk pengolahan warna yang lebih profesional. Tak hanya itu saja, kamera ini juga sudah memiliki sensitivitas ISO hingga 102.400 untuk foto dengan rentang kecerahan fokus hingga EV -6.5 dan sensitivitas ISO hingga 25.600 untuk video dengan rentang kecerahan fokus hingga EV -4.

Tak hanya kamera saja, Canon juga telah merilis sebuah lensa, yaitu lensa RF 24-50mm F/2.4-6.3 IS STM. Sama seperti kamera nya, lensa ini juga memiliki bobot yang ringan dan panjang nya hanya 5,8 cm. Merupakan kombinasi yang sempurna bukan? 

Canon R8

Fitur Kamera Canon EOS R8 

Ada 4 fitur kamera Cinema Profesional yang bisa kamu gunakan pada kamera Canon EOS R8, yaitu: 

  1. False Colours and Zebras

Fitur pertama yang biasanya ada pada kamera cinema profesional yang bisa kamu nikmati adalah False Colours and Zebras. Memiliki fungsi untuk mengatur tingkat kecerahan, tak terkecuali pencahayaan saat kondisi yang sulit, seperti malam hari atau dalam ruangan yang minim cahaya. 

  1. UVC (USB Video Class)/UAC (USB Audio Class)

Untuk kamu yang ingin melakukan live streaming, kamera ini telah dibekali fitur UVC/UAC yaitu untuk langsung melakukan transmisi video dan audio Full HD (plug-and-play) ke PC hanya dengan koneksi USB.

  1. Focus Breathing Correction

Ketika ingin memfoto suatu objek, fitur ini bisa memfokuskan pada ekspresi subjek yang ingin kita ambil gambar nya. Sehingga bisa mengurangi perubahan sudut pandang yang tidak diinginkan selama transisi fokus.

  1. Aspect Marker Display

Fitur yang terakhir ini memiliki fungsi untuk pembingkaian rasio video sesuai dengan kebutuhan, seperti dimensi ratio untuk kebutuhan di media sosial (1:1), (16:9), dan lainnya. 

Harga Canon EOS R8 Mirrorless Full-Frame

Untuk harga yang dipasarkan oleh PT Datascrip sendiri, untuk body kamera mirrorless Canon EOS R8 saja, dijual seharga Rp 31.299.000. Sedangkan untuk lensanya jika dijual terpisah seharga Rp 5.499.000,-.

Namun jika kamu ingin membeli bodi dan lensa RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM nya, harga nya dibanderol sebesar Rp 35.799.000,-

Itulah spesifikasi dan harga dari kamera Canon EOS R8 Mirrorless Full-Frame yang bisa kamu ketahui. Siapa yang tertarik untuk membeli kamera ini?

Roadmap to Success: Career Path in 3D Animation Production
Fast Track to International Degree