Blog

BAGIKAN

10 Strategi Penting Untuk Bisnis Online Shop mu di Instagram

instagram

Karena adanya perkembangan teknologi yang cukup signifikan membuat para pebisnis melakukan pembaharuan dengan berdagang secara online. Salah satu platform para pebisnis untuk memasarkan produknya adalah platform Instagram. Maka dari itu, pemasaran atau marketing bisa dilakukan melalui Instagram. 

Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk menciptakan,  menyampaikan, dan menawarkan sesuatu kepada pelanggan, klien, relasi, dan masyarakat luas. Dengan melakukan marketing di Instagram, maka kamu akan dapat meraup banyak audiens yang di kemudian hari bisa saja mereka menjadi pelanggan mu.

Instagram sendiri  adalah salah satu platform media sosial yang dimana para penggunanya dapat membagikan foto dan video. Perbedaan instagram dengan media sosial lainnya adalah instagram dapat melakukan pemasaran dengan mengaplikasikan strategi visual based, dimana satu foto dapat memberikan informasi lebih banyak melalui kata-kata.

Instagram seperti platform All in One yang sangat cocok untuk digunakan oleh para pelaku bisnis online. Karena seperti yang kita ketahui bahwasannya instagram memiliki banyak fitur seperti Instastory, Reels, Foto, dan Video biasa. Kita juga dapat menuliskan caption apapun yang kita inginkan sehingga penjelasan tentang produk yang kita pasarkan dapat diketahui oleh para audiens. 

Bahkan saat ini, Instagram punya 1 milyar pengguna aktif per bulannya. Indonesia sendiri tercatat memiliki 59 juta akun terdaftar dan menduduki peringkat keempat pengguna Instagram terbanyak di dunia. Tepat di belakang Amerika Serikat, Brazil, dan India. Angka yang menakjubkan bukan?

Walaupun algoritma Instagram suka berubah-ubah, kamu tak perlu terlalu khawatir. Asal tahu dasar-dasarnya, misal konten apa yang disukai pengguna, jualanmu di Instagram pasti aman. 

Mencari peluang di Instagram sebenarnya adalah hal yang bagus. Tapi, karena begitu banyaknya online shop yang ada di Instagram, kamu patut menerapkan strategi untuk membuat online shop-mu terlihat menarik daripada yang lain, kan? Tapi jangan khawatir, karena disini kami akan membahas tentang 10 Strategi Penting yang Dapat Kamu Terapkan Untuk Bisnis Online Shop mu di Instagram.

instagram

Apakah efektif jika beriklan melalui Instagram?

Seperti yang kita ketahui bahwasannya sebuah iklan dapat dikatakan efektif jika tujuan dalam beriklan dapat tercapai. Yang harus kamu ketahui sebelum beriklan dimanapun adalah dengan mengetahui bagaimana karakteristik pengguna dari produk yang ingin kamu iklankan.

Banyak hal yang dapat mempengaruhi keberhasilan iklan, yaitu kualitas gambar, ketepatan waktu beriklan, isi konten, dan “bantuan” dari media sosial lain. Instagram dapat menjadi media yang efektif apabila target marketing kamu sendiri termasuk pengguna Instagram. 

Efektifitas dari iklan dapat dilihat melalui konsep AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Kembali lagi kita harus melihat karakteristik yang dilihat dari faktor psikografi, demografi dan pengalaman konsumen.

Maka dari itu sangat penting untuk mengetahui karakteristik target pemasaran iklan pada instagram, misalnya jika kamu ingin memasarkan masker wajah, maka kamu dapat menentukan usia dari para audiens. Karena pada dasarnya mereka yang menggunakan masker wajah adalah rentan usia dari 15 tahun sampai 30 tahun.

Bagaimana Cara Meningkatkan Engagement di Instagram?

Untuk meningkatkan engagement pada instagram, ada 5 hal yang harus kamu ketahui, yaitu:

  1. Foto yang berpusat pada Pelanggan. 

Dalam hal ini, yang harus kamu perhatikan adalah apakah foto yang kamu unggah bermanfaat untuk para pelanggan? Foto yang baik akan membawa audience untuk mencari lebih banyak informasi tentang produk yang dipasarkan. Dalam hal ini foto yang berisikan informasi tentang produk mu atau tips and trick yang dapat dilakukan oleh para pelanggan dapat menarik perhatian lebih karena dirasakan bermanfaat.

  1. Foto yang berpusat pada karyawan. 

Media sosial menampilkan produk dan kepribadian dari perusahaan itu sendiri. Perusahaan yang memperlakukan karyawan dengan baik akan lebih menarik bagi pelanggannya. Beberapa brand terutama fashion mewajibkan karyawannya menggunakan produk mereka dengan baik ketika bekerja. Karena itu akan meningkatkan kredibilitas brand itu sendiri.

  1. Mengadakan Giveaway 

Untuk dapat lebih menarik perhatian audiens, akun mu dapat memposting Giveaway sehingga akan banyak yang akan tahu akun mu nantinya. 

  1. Foto dengan Influencer.

Sebelum Instagram focus dengan pelanggan dan karyawan sebagai “bintang”nya untuk menampilkan kepribadian dari brand itu sendiri, fokuskan pada siapa yang akan menjadi model dari brand itu sendiri. Pemilihan model dapat menentukan kredibilitas merek.

Kamu juga dapat memposting testimoni dari para pelanggan agar toko kau lebih dapat terpercaya. 

  1. Waktu Terbaik untuk mengunggah.

Masing-masing produk memiliki waktu terbaik untuk mengunggah foto berdasarkan karakteristik target marketing itu sendiri. Sebagai contoh, ketika mengiklankan produk dengan target pekerja, kita dapat mengiklankan produk pada jam makan siang karena kebanyakan pekerja akan membuka akun Instagram pada jam istirahat. Begitu juga ketika kita ingin mengiklankan produk dengan target ibu rumah tangga, pilihlah waktu ketika audience selesai melakukan pekerjaan rumah tangga. 

Kamu dapat melihat waktu yang pas agar foto yang kamu posting dapat tersampaikan langsung kepada para target yang telah kamu tentukan.

Nah, dari penjelasan diatas, Berikut Ini adalah hal penting yang dapat kamu lakukan untuk online shop mu di instagram. Apa saja itu? Berikut ini penjelasannya:

instagram

  1. Memakai Akun Instagram Bisnis

Mengapa harus menggunakan akun instagram bisnis? Hal ini karena banyak fitur yang menarik yang dapat kamu lakukan untuk mengembangkan bisnis kamu. Banyak data data yang langsung ditujukan sehingga kamu dapat melakukan analisis langsung untuk lebih dapat mengembangkan bisnis mu. 

Selain itu juga instagram bisnis akan dapat memudahkan para calon pelanggan untuk melihat akun mu. Akun bisnis juga akan terlihat lebih profesional. Cara mengubah akun pribadi menjadi akun bisnis yaitu masuk ke menu Pengaturan, pilih Akun, dan pilih Beralih ke Akun Profesional.

Jika sebelumnya akun di-private maka lebih baik ubah menjadi publik. Karena orang-orang akan merasa lebih mudah jika ingin melihat postingan di akun tanpa ada hambatan.

  1. Membuat Profil pada Instagram Terlihat Menarik

Profile yang menarik dapat lebih banyak mengundang followers. Untuk kamu yang membuka bisnis dengan skala kecil atau menengah, kamu dapat menggunakan logo bisnis mu sebagai foto profil agar terlihat lebih profesional. Tulis deskripsi akun bisnismu secara jelas dan tuliskan unsur pentingnya. Karena hal awal yang akan dilihat oleh orang orang adalah profile yang kita miliki. Pilihan para audiens adalah memfollow atau tidaknya akun bisnis kamu.

  1. Mengoptimalkan Profile Bisnis

Kamu dapat mengoptimalkan akun bisnismu dengan beberapa fitur yang telah disediakan oleh instagram. Salah satunya adalah pilihlah username yang mudah dikenali dan mencirikan nama bisnismu. Karena ketika kamu menggunakan username yang dapat dikenal, maka para audiens atau calon pelanggan dapat dengan mudah mencarinya.  Di akhir bio, kamu juga dapat menambahkan CTA atau Call to Action, misalnya tulisan “Klik untuk menikmati penawaran!”. Jangan lupa cantumkan link untuk informasi informasi lainnya. 

  1. Gunakan Instagram Stories Dengan Baik

Salah satu fitur instagram lainnya yang sangat berguna adalah instastory. Kamu dapat memposting beberapa konten bisnis mu pada fitur ini. Kelebihan dari Instagram Stories adalah posisinya berada di paling atas sehingga mudah untuk dilihat, stories bisa disimpan dan digunakan untuk lain waktu, dan sebagainya. Instastory juga dapat menjadi berita harian yang dapat kamu bagikan sehingga lebih efektif jika semisalnya kamu memberikan potongan harga untuk diumumkan kepada para audiens. 

  1. Menggunakan Hashtag yang Tepat

Ingat kembali tujuan awalmu membuka akun Instagram. Karena tujuan yang kamu inginkan adalah membuat online shop mu berjalan dengan baik, maka kamu dapat menggunakan hashtag yang dapat mewakili barang yang kamu jual. Kamu harus dapat menyesuaikan dengan apa yang kamu post. Tidak hanya hashtag yang sedang trend saja. Dengan hashtag yang tepat, tentunya kamu akan dapat menambah peluang untuk mendapatkan pelanggan. Karena banyak orang yang mencari informasi melalui hashtag. 

  1. Mencoba Instagram Live

Supaya engagement meningkat, Kamu bisa mencoba fitur Instagram Live. Sebelum memulai live, pastikan untuk memberi pengumuman kepada follower terlebih dahulu. Semakin banyak orang yang menonton Instagram Live maka kesempatan ditampilkan di Top Live juga semakin tinggi.

  1. Memakai Instagram TV

Instagram TV dapat memberikan durasi yang lebih lama dibandingkan fitur video lainnya. Untuk bisa memakai fitur IGTV, Kamu harus mendownload aplikasi IGTV terlebih dahulu dan login memakai akun Instagram.

Supaya video IGTV lebih menarik, Kamu harus merencanakan video tersebut sebaik mungkin. Video berkualitas di IGTV bisa menjadi konten marketing Instagram yang disukai karena follower bisa menonton video secara berulang. Ini sangat direkomendasikan ketika kamu launching produk baru. 

  1. Menggunakan Caption Yang Menarik Perhatian 

Bagi sebagian orang menulis caption adalah proses yang cukup sulit. Caption yang menarik adalah capiton yang bisa membuat orang lain atau follower membacanya sampai tuntas.

Beberapa tips yang dapat kamu coba, yaitu membuat beberapa draft terlebih dahulu, menaruh hal penting di bagian awal, memasukkan CTA, bertanya kepada konsumen, menggunakan maksimal empat hashtag, dan membuat gaya tulisan unik.

Caption juga memberikan pemahaman kepada followers tentang apa yang ingin kamu sampaikan. 

  1. Akun Instagram Pastikan Selalu Aktif

Yang dimaksud dengan aktif disini adalah kamu harus rajin memposting dan membuat instastory. Cobalah repost apa yang pelanggan post tentang toko mu. Kamu juga bisa lebih aktif untuk membalas komentar komentar yang masuk dan melakukan interaksi kepada para pelanggan. 

Jika interaksi dengan followers sudah dilakukan, kamu bisa mencari akun online shop lain yang sebidang, kemudian komentar di post mereka untuk menarik followers baru. Atau kamu dapat menarik perhatiaan dengan berkomentar di postingan yang sedang viral. 

  1. Kerjasama Dengan Influencer

Jika sudah berusaha untuk mengoptimasi strategi marketing Instagram sendiri, kamu juga bisa mencoba menjalin kerjasama dengan Influencer. Saat ini influencer memiliki pengaruh yang tidak bisa diremehkan lagi.

Pilih influencer yang sudah dipercaya oleh banyak orang dan memiliki banyak follower supaya Anda bisa memperoleh banyak konsumen dari konten yang dibuat oleh influencer tersebut.

Untuk kamu yang masih merintis, kamu dapat meminta bantuan kepada teman teman mu atau influencer daerah agar biaya yang dikeluarkan lebih hemat. 

Yang gak kalah penting adalah konsisten dalam melakukan cara-cara di atas supaya kualitas marketing online shop kamu bertahan dengan baik. 

Kamu juga bisa mencoba media lain untuk melakukan kegiatan marketing, namun pastikan bahwa Kamu sudah memaksimalkan usaha di salah satu media, misalnya Instagram.

Bagi kamu yang masih ragu untuk memulai ataupun bingung harus darimana IDS mengadakan Online Short Course Sukses Meningkatkan Penjualan dengan Instagram, kamu akan mendapatkan materi yang mudah di mengerti sampai kamu jago dan mendapat banyak keuntungan! Segera, jangan sampai kehabisan kuota ya.

Sumber: rimma.co

Roadmap to Success: Career Path in 3D Animation Production
Fast Track to International Degree