Blog

BAGIKAN

Syarat dan Cara Mendaftar TikTok Affiliate Untuk Pemula

tiktok affiliate

TikTok yang awalnya merupakan media sosial berbagi video pendek kini dimanfaatkan menjadi aplikasi penghasil uang.  Pengguna Tik Tok tidak lagi hanya mengunggah konten yang memberikan hiburan ataupun informasi kepada audiens, namun para kreator juga mengambil setiap kesempatan untuk bisa memanfaatkan pundi-pundi rupiah. Kita bisa melihat bahwa fungsi dari TikTok kian meluas, pengguna dapat melakukan transaksi jual beli melalui media sosial satu ini. Kegunaan TikTok hampir mirip dengan marketplace, terlebih pengguna dapat melihat secara langsung ulasan produk.

Sebagai media sosial yang memiliki pertumbuhan tercepat, TikTok kini menghadirkan TikTok Affiliate, sebuah program yang memungkinkan penggunanya mendapatkan komisi. 

Untuk mengikuti program afiliasi TikTok persyaratannya cukup mudah dengan cara kerja yang sederhana. 

Namun sebelum itu, apa sih TikTok Affiliate yang kini sedang diikuti banyak pengguna. Terlebih fitur baru dari TikTok tersebut dapat memberikan penghasilan yang lumayan dengan cara yang bisa diikuti semua orang. 

Kalau kamu masih bingung mengenai apa sebenarnya TikTok Affiliate itu, berikut penjelasannya.

tiktok affiliate

Pengertian TikTok Affiliate

Pada dasarnya Affiliate merupakan strategi pemasaran yang dilakukan pemilik bisnis dengan memberikan komisi kepada mereka yang berhasil mempromosikan hingga mendatangkan konsumen. 

TikTok Affiliate adalah program yang akan memberikan komisi kepada kreator yang berhasil mempromosikan produk dari sebuah brand. Merchant akan memberikan kode unik atau link kepada setiap affiliator, melalui kode unik proses transaksi akan tercatat sehingga merchant dapat mengetahui besaran komisi yang harus dibagi. 

Komisi yang diberikan kepada kreator akan disesuaikan dengan persentase dari penjualan. Bisa dikatakan kalau komisi yang didapat merupakan hasil kesepakatan kreator yang menjadi affiliator atau setiap penjual TikTok Shop.

Link dapat dicantumkan affiliator di dalam konten yang mereka buat. Jenis konten afiliasi  untuk melakukan pemasaran dapat disesuaikan dengan tipe audiens yang dimiliki kreator. Namun bila kamu adalah pengguna baru TikTok dan belum memiliki pengikut yang banyak, kamu tidak perlu khawatir, karena TikTok Affiliate terbuka kepada seluruh pengguna tanpa memandang jumlah pengikut. Pengguna Tik Tok yang ingin menjadi affiliator hanya cukup bersedia memasarkan produk milik sebuah brand di akun pribadi.

Sebelum mendaftar menjadi affiliator di TikTok, pastikan kamu mengetahui syarat apa saja yang harus dipenuhi agar tidak ditolak saat mendaftar.

Syarat Daftar TikTok Affiliate

  1. Memiliki rekening bank
  2. Tidak membutuhkan minimal pengikut
  3. Bisa mendaftar menggunakan KTP ataupun paspor
  4.  Alamat Pengiriman
  5. Memiliki akun TikTok Shop yang aktif

Jika kamu telah memenuhi sejumlah syarat di atas, kamu dapat melanjutkan untuk melakukan mendaftar akun TikTok Shop. Simak cara mendaftar akun TikTok Shop di bawah ini.

tiktok affiliate

Cara Daftar TikTok Shop

  1. Ketik alamat situs shop.tiktok.com di mesin pencari
  2. Pilih daftar
  3. Pilih tombol sign up with TikTok Account untuk melanjutkan pendaftaran
  4. Masuk ke Authorize TikTok Shop
  5. Isi nomor ponsel dan juga e-mail
  6. Isi kode verifikasi 
  7. Klik Next
  8. Isi alamat pengambilan barang atau gudang
  9. Pilih start your business
  10. Lakukan verifikasi menggunakan foto KTP atau paspor
  11. Klik Submit

Setelah berhasil melakukan pendaftaran akun TikTok Shop, tunggulah beberapa saat e-mail konfirmasi. Setelah melakukan konfirmasi barulah kamu bisa melanjutkan untuk mendaftar program TikTok Affiliate. Berikut langkah-langkahnya yang harus kamu iikuti.

Langkah Daftar TikTok Affiliate

  1. Login akun TikTok
  2. Pilih profil
  3. Pilih shop
  4. Klik pusat kreator e-commerce
  5. Klik ikon toko
  6. Pilih komisi
  7. Tambahkan produk
  8. Isi nama
  9. Klik kirim
  10. Tunggu notifikasi tanda berhasil
  11. Add affiliate untuk menambah produk
  12. Tunggu persetujuan dari penjual

Cukup mudah bukan. Ayo siapkan TikTok Affiliate mu sekarang juga!

Ingin tau marketing di zaman sekarang seperti apa? IDS menyediakan Program Short Course Digital Marketing, yuk daftar sekarang juga!

Banner Webinar 229
Fast Track to International Degree