Blog

BAGIKAN

Syarat Masuk Jurusan Desain Grafis dan Materi yang Dipelajari

Syarat Masuk Jurusan Desain Grafis

Jurusan Desain Grafis adalah salah satu jurusan yang kini mulai banyak peminat dari kalangan SMA yang hendak masuk ke jenjang perkuliahan. Bagaimana tidak, gerak laju industri yang kini sudah mulai merambah ke dunia digital semakin membutuhkan anak-anak muda kreatif yang siap terjun ke industri.

Jika kamu adalah salah satu calon mahasiswa yang ingin masuk jurusan Desain Grafis, artikel ini akan menuntunmu untuk mengetahui apa saja syarat masuk jurusan desain grafis yang perlu kamu penuhi. Simak artikel ini sampai tuntas.

Syarat Masuk Jurusan Desain Grafis

  1. Mampu Mengembangkan Kreativitas

Dunia desain memang membutuhkan orang-orang kreatif. Pasalnya, jurusan ini merupakan cabang dari seni yang dikemas dengan cara yang modern untuk berkomunikasi dengan khalayak. Oleh karena itu, jika kamu adalah seseorang yang ingin dan mampu berpikir kreatif, maka kamu tentu sangat cocok untuk masuk jurusan ini.

  1.  Melek Teknologi

Syarat masuk jurusan desain grafis yang paling penting dan tidak bisa diganggu gugat adalah harus melek teknologi. Pasalnya, ketika kuliah nanti kamu akan banyak bersinggungan dengan berbagai perangkat lunak di komputer dan dunia internet. Oleh karena itu, jurusan biasanya akan meminta calon mahasiswanya untuk belajar dasar desain sebelum masuk ke jurusan desain grafis.

Menjadi seorang desainer grafis, wajib bagi kamu untuk terus mengikuti tren dan perkembangan industri. Ini juga menjadi syarat masuk jurusan desain grafis selanjutnya yang wajib kamu miliki. Sekarang, tren di masyarakat tiap tahun berubah, oleh karena itu, sebagai seorang desainer, kamu perlu mengetahui perubahan itu.

Tren yang perlu kamu ikuti juga berupa tren yang berupa kemajuan teknologi dan perubahan industri. Jika kamu tidak bisa mengikuti tren, maka yang terjadi kamu akan ketinggalan dan tidak tahu menahu tentang perkembangan teknologi dan kamu sebagai seorang desainer tidak akan relevan lagi dalam dunia industri yang semakin hari semakin cepat berubah.

  1.  Mampu Bekerja Sendiri/Tim

Semua orang yang masuk dalam sebuah jurusan atau pekerjaan kreatif wajib memenuhi syarat ini agar bisa bekerja dengan baik. Termasuk seorang desainer grafis. Hal ini adalah syarat masuk jurusan desainer grafis yang juga wajib kamu miliki.

Ketika sudah masuk di jurusan desainer grafis, kamu akan dihadapkan pada tugas-tugas yang mewajibkan kamu berkolaborasi dengan teman-teman, dan juga mengerjakan sendirian. Keduanya membutuhkan skill khusus agar pekerjaan yang dikerjakan bisa membuahkan hasil yang maksimal. Oleh karenanya, kamu perlu membiasakan diri untuk bekerja dengan sendirian atau juga dengan tim.

  1.  Tertarik dengan Bisnis

Jika kamu tertarik masuk jurusan desain grafis kamu perlu juga mempelajari dunia bisnis. Pasalnya, dunia desain grafis tidak hanya berkutat pada bekerja di bawah perusahaan. Namun, lulusan desainer grafis nantinya akan bekerja secara lepas atau freelance dan mencari klien sebanyak-banyaknya.

Ini akan membantu kamu nanti sebagai seorang desain grafis ketika belum mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi hal ini nantinya, memiliki ketertarikan dengan dunia bisnis adalah salah satu syarat masuk jurusan desain grafis yang perlu kamu penuhi.

Syarat Masuk Jurusan Desain Grafis

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Desain Grafis?

Setelah kamu mengetahui syarat masuknya, maka selanjutnya kamu juga perlu mengetahui apa saja yang akan dipelajari ketika belajar di jurusan desain grafis. Pada dasarnya, jurusan desain grafis tidak hanya mengajari kamu cara menggambar dengan komputer.

Namun, akan lebih banyak pelajaran yang akan kamu pelajari, tergantung kurikulum yang dipakai oleh jurusan. Akan tetapi secara umum, jurusan grafis akan mempelajari tentang desain website, seni studio, desain terkomputerisasi, motion graphics, teknik percetakan, produksi grafis komersial, tipografi, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, mata kuliah lainnya di jurusan desain grafis secara umum juga akan mencakup pada prinsip-prinsip dasar desain, termasuk uga teori desain dan mempelajari proses mendesain. Selain itu, kamu juga akan diajari ilmu-ilmu sosial seperti sejarah seni, sosiologi, psikologi, pelajaran menulis, studi budaya, marketing, sampai bisnis.

Demikian artikel tentang syarat masuk jurusan desain grafis yang perlu kamu ketahui. Jurusan desain grafis bukanlah jurusan yang hanya berkutat pada gambar saja. Namun, ada banyak hal yang akan kamu pelajari ketika masuk ke jurusan ini. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui apa saja syarat masuknya sehingga bisa menjadi pertimbangan oleh kamu sebelum benar-benar mendaftar ke jurusan desain grafis.

Jika kamu berminat untuk belajar Desain Grafis setelah mengetahui fakta-fakta jurusan di atas. Kamu juga bisa mengikuti program fast- track IDS | International Design School yang berlangsung selama 20 bulan. Program ini cocok untuk kamu yang ingin cepat bekerja atau pun ingin terjun ke dunia kreatif dalam waktu yang singkat. Jika kamu mengikuti program ini, kamu juga bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan International Degree.

Sumber: Syarat Masuk Jurusan Desain Grafis dan Materi yang Dipelajari

Roadmap to Success: Career Path in 3D Animation Production
Fast Track to International Degree