Blog

BAGIKAN

Tahapan Dalam Belajar Photoshop, Cocok untuk Pemula

Photoshop

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi satu ini. Yups, photoshop adalah salah satu aplikasi atau software edit foto terbaik yang pernah ada. Software buatan Adobe Systems ini telah ada sejak tahun 1988. Dan terus berkembang sampai saat ini. 

Zaman sekarang, desain adalah pekerjaan yang banyak dicari oleh banyak perusahaan. Selain itu, desain dan edit foto juga merupakan pekerjaan yang banyak dibutuhkan. Banyak perusahaan yang mencari kriteria karyawan dengan skill editing. 

Maka dari itu, kamu harus mengetahui Adobe Photoshop sebagai salah satu software editing. Mungkin beberapa dari kalian mungkin sudah tidak asing dengan Aplikasi seperti Adobe Photoshop, Canva, Pinterest, dll. 

Dan untuk kamu yang bekerja pada industri kreatif, software ini bukan menjadi hal yang asing lagi. Photoshop Penting untuk dipelajari karena pada zaman sekarang hampir semua perusahaan memerlukan software ini untuk bisnis nya. 

Photoshop adalah standar industri visual bagi para pembuat konten grafis, seperti iklan, banner, edit foto media sosial, dan lainnya. Bahkan sudah banyak sekolah dan universitas yang menerapkan dan mengajarkan untuk memahaminya lebih dalam. 

Disini kami akan menjelaskan apa itu Adobe photoshop dan mengapa belajar photoshop penting di era saat ini.

Apa itu Photoshop? 

Photoshop sendiri adalah sebuah perangkat lunak atau software untuk mengedit foto dan gambar dalam format tertentu. Software ini dapat digunakan oleh para seniman untuk membuat iklan, membuat banner, memperbaiki foto, dan lain lain. 

Penemu Photoshop adalah John Knoll dan Thomas Knoll. Mereka mengembangkan versi dasar pertama Photoshop pada tahun 1988. Selanjutnya, Photoshop diambil alih oleh perusahaan Adobe.

Setelah diambil alih oleh perusahaan Adobe, Photoshop mendapatkan beberapa fitur tambahan dan lebih modern. Dan semakin tahun, versi terbaru software ini akan selalu diupdate. Seperti Photoshop CC atau Adobe Creative Cloud. Software ini kemudian berkembang menjadi aplikasi lain seperti Lightroom Photoshop, Photoshop Express, Element Photoshop, dan sebagainya.

Yang paling dasar, fungsi Photoshop adalah mengedit foto atau gambar. Selain itu, fungsi lain software ini adalah mendesain tema website dan poster. 

Photoshop

Macam-macam Tools

Untuk kamu yang ingin mempelajari photoshop, hal yang paling utama yang harus kamu ketahui adalah tools yang ada pada software ini. Dibawah ini adalah 15 tools yang ada di software photoshop.

  1. Move tool

Icon Move tool biasanya berbentuk tanda panah. Sedangkan untuk shortcut-nya, kamu bisa menekan V pada keyboard. Move tool memiliki fungsi untuk memindahkan objek berupa gambar atau teks. Pada penggunaanya, kamu tinggal mengarahkan kursor ke objek yang ingin dipindahkan.

  1. Lasso tool

Lasso tool memiliki jenis lainnya sebagai berikut. 

Polygonal lasso tool yang berfungsi membuat seleksi berdasarkan sudut-garis.

Magnetic lasso tool yang menyeleksi secara otomatis berdasarkan sesuai bentuk objek.

Walaupun memiliki fungsi yang hampir sama dengan Marquee tool, namun kamu bebas untuk menyeleksi apapun dengan tidak terpaku pada bentuk. 

  1. Marquee tool

Setelah melakukan seleksi, kamu dapat melakukan beberapa tindakan pada bagian yang telah diseleksi tersebut, mulai dari menghapus (delete), memotong, mengganti warna, dan juga menambahkan efek lainya. Pada dasarnya Marque tool memiliki fungsi untuk menyeleksi objek yang ada pada canvas.

  1. Magic Wand Tool 

Magic Wand Tool merupakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk melakukan seleksi pada sebuah objek dengan warna yang sama.

  1. Slice Tool

Slice Tool merupakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk memotong desain yang telah kita buat menjadi bentuk yang lebih kecil yang pada umumnya akan digunakan pada website.

  1. Ruler Tool

Ruler Tool merupakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengetahui seberapa besar lebar dan juga tinggi dari halaman kerja pada Photoshop yang kita gunakan. 

  1. Zoom Tool 

Zoom Tool merupakan sebuah alat pada Photoshop yang dapat digunakan untuk memperbesar dan memperkecil view gambar pada halaman kerja Photoshop.

  1. Brush tool

Selanjutnya adalah tool yang dapat kamu gunakan untuk menggambar atau melukis objek, yaitu Brush tool. Pada dasarnya Brush tool ini dapat kamu gunakan untuk memberi warna pada objek.

  1. Patch Tool 

Patch Tool merupakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk memperbaiki sebuah gambar dengan pola yang telah ada. Caranya yaitu dengan menyeleksi area yang rusak lalu menarik area tersebut ke bagian yang diinginkan dengan tujuan untuk menutupi kerusakan.

  1. Clone Stamp Tool 

Kamu dapat menggunakan tools ini dengan cara yaitu dilakukan dengan 2 kali pengeklikan. Pertama pilih sampel yang ingin kita gandakan (Alt+Klik) lalu arahkan target kloningan dengan klik kiri mouse.

Clone Stamp Tool merupakan sebuah alat pada Photoshop yang dapat digunakan untuk mengkloning atau menggandakan sebuah gambar. 

  1. Gradient tool

Gradient tool memiliki fungsi untuk membuat warna bergradasi atau lebih dari satu warna dalam satu objek. Tool ini biasanya digunakan untuk memberi warna pada layer atau background gambar. 

  1. Eyedropper tool 

Sederhananya Eyedropper tool berfungsi untuk mengambil warna yang ada pada objek dan memasukkannya pada box warna. Sehingga warna yang telah diambil menjadi warna utama pada penggunaan tool lainya, seperti Brush tool dan Shape tool.

  1. Crop Tool

Crop tool berfungsi untuk memotong objek dengan bentuk persegi empat atau persegi panjang yang ukurannya dapat diatur. Sedangkan untuk Perspective crop tool digunakan untuk memotong objek yang bentuknya miring atau tidak statis. Sehingga kamu bisa menyesuaikan ukuran potongan dengan objek.

  1. Eraser Tool 

Eraser tool adalah salah satu tool yang paling dasar. Memiliki fungsi untuk menghapus sebagian atau keseluruhan objek. Selain menghapus objek, Eraser tool juga memiliki jenis lain seperti, Background eraser tool yang berfungsi menghapus background/latar pada gambar. Kemudian ada juga Magic eraser tool yang dapat digunakan untuk menghapus bagian pada objek yang memiliki warna yang sama.

  1. Spot Healing Brush Tool

Pada dasarnya Spot healing brush tool berfungsi untuk menghilangkan bagian tertentu pada objek dengan cara menyamakan warna di sekitarnya.

Fungsi

  1. Editing foto dengan penambahan efek manipulasi.
  2. Mengatur tonal warna atau mengubah warna.
  3. Menghilangkan atau menghapus objek atau bagian pada gambar.
  4. Mengatur ukuran gambar dengan mengubah ukuran kecil atau lebih besar.
  5. Membuat kombinasi dua gambar atau lebih menjadi satu kesatuan atau gambar baru.
  6. Mengatur resolusi foto.
  7. Pengeditan kualitas foto dengan cara mempertajam, menyamarkan (blur), memperhalus, dan meningkatkan tingkat kecerahan gambar.
  8. Menggabungkan objek gambar, bentuk, dan foto maupun memotong gambar.

Manfaat

  1. Sebagai Photo editing

Sepertinya, hampir setiap fotografer yang ada saat ini membutuhkan perangkat lunak untuk mengedit hasil jepretannya. Dalam hal ini, fungsi Photoshop adalah untuk mengedit foto seperti berikut:

Menyesuaikan tingkat warna foto

Mengubah ukuran foto

Menghapus atau mengubah objek foto

Menerapkan filter tertentu

Mengubah format berkas foto

Biasanya para fotographer menggunakan Adobe Photoshop dalam mengedit foto yang mereka hasilkan. 

  1. Animasi

Fungsi berikutnya dari Photoshop adalah bisa membuat animasi grafis sederhana. Pertama, buat satu set layer, lalu aktifkan panel animasi dan timeline. Selain itu, pengguna Photoshop bisa mengubah format animasi dalam bentuk GIF. 

Walaupun masih sederhana, aplikasi ini justru cocok untuk kalian yang baru ingin belajar membuat sebuah animasi.

  1. Desain konten UI

Selanjutnya, fungsi lain Photoshop adalah merancang konten UI atau User Interface. Misalnya, logo, tombol, desain bilah, GIF, dan masih banyak lagi. Banyak sekali sekarang perusahaan yang mencari para desainer UI.

  1. Desain grafis

Ada banyak tools atau alat yang bisa dipakai di dalam software Photoshop untuk seni desain grafis. Misalnya, efek seperti bayangan jatuh, air, api, dan efek lainnya. Semuanya bisa dilakukan dengan beberapa klik memakai kuas digital, sehingga desainer grafis bisa menghasilkan foto berkualitas. 

Dan tentunya foto yang akan dihasilkan menarik dan cocok. Semisalnya kamu menjual produk minuman es yang segar. Kamu dapat menambahkan foto es di foto minuman mu agar terlihat lebih menarik. 

  1. Membuat Konten di Media Sosial

Para admin yang memegang akun media sosial sebuah perusahaan atau pelaku bisnis pasti akan membuat konten pada akun sosial mereka dengan foto foto yang menarik dan berkualitas. Seperti contohnya seperti feed pada instagram yang disusun sebagus mungkin agar terlihat menarik dimata para audiens. 

Dengan menggunakan Tools yang tersedia di Photoshop, maka foto yang dihasilkan akan lebih dapat memikat para audiens. 

Photoshop

Kenapa Belajar Photoshop Penting di Era Ini?

Tahukah kamu jika dengan mempelajari Photoshop dapat menghasilkan uang? Jika kamu masih bersekolah dan ingin mendapatkan uang tambahan dengan bekerja sebagai freelance. Edit foto bisa menjadi solusi terbaik. Seperti yang sudah dijelaskan diatas. Jika pasalnya banyak perusahaan yang mencari jasa editing foto. 

Kamu dapat memanfaatkan hal tersebut. Kamu dapat menggunakan photoshop untuk bisa menjadi pilihan terbaik. Karena aplikasi ini memberikan tools yang serba guna dan banyak fungsinya. Selain untuk edit foto, photoshop juga bisa digunakan untuk desain grafis, desain web, desain UX, dll. Bermanfaat sekali bukan?.

Sementara belajar Photoshop tidak hanya meningkatkan peluang karir tetapi juga merupakan skill pribadi yang bermanfaat. Dengan melakukan kegiatan ini, kalian bisa melakukan banyak hal yang menyenangkan.

Nah selain alasan tersebut, ada alasan lain mengapa photoshop penting dipelajari di era ini, yaitu: 

Perusahaan ingin Karyawan yang ahli dalam teknologi

Sudah banyak perusahaan yang mencari kriteria karyawan barunya yang memiliki skill editing dan desain. Dan keterampilan ini sudah menjadi hal umum dalam wawancara. Photoshop merupakan software editing foto yang sudah digunakan oleh sebagian besar industri yang ada di dunia. Dan dengan mempelajari photoshop, kamu dapat meningkatkan peluang kerja mu. 

Nah, itulah alasan mengapa photoshop penting untuk dipelajari di era ini. Untuk kamu yang ingin menjadi desainer kamu bisa mempelajari Adobe Photoshop juga, jangan khawatir karena di IDS | International Design School menyediakan Program College Digital Design and Illustration yang dapat membantu kamu untuk mempelajari Photoshop dan Digital Editing. Tidak hanya itu saja, di IDS kamu akan diajari oleh instruktur berkualitas. Tunggu apalagi, ayo wujudkan cita-cita mu bersama IDS.

2023_IDS EDU Seminar_2-2_1080x1350
Fast Track to International Degree