Blog

BAGIKAN

Ingin Memproduksi Film? Lakukan 5 Tahapan Penting Ini

tahapan penting produksi film

Apabila kamu ingin memproduksi sebuah film, terdapat 5 tahapan penting yang harus kamu lakukan dan ketahui. Film merupakan sebuah karya yang dikerjakan secara Bersama-sama dan harus memiliki effort yang besar untuk membuatnya. Dalam pembuatannya terdapat beberapa tahapan-tahapan

Umumnya film memiliki 3 tahapan penting produksi film yakni pra-produksi, produksi dan pasca produksi. Akan tetapi, terdapat 2 tahapan tambahan lainnya yang belum banyak diketahui orang lain. Apa saja itu? Yuk simak penjelasan berikut ini:

Development

development film

Dalam kosa kata Bahasa inggris, development artinya pengembangan. Secara harfiah, development adalah pengembangan ide-ide, penentuan jenis cerita, genre, format dan penulisan naskah skenario. Ide cerita dalam sebuah film biasanya bisa datang dari mana saja seperti novel, webtoon, kisah nyata dan lain-lain.

Dalam dunia film, terdapat 3 tokoh penting disebut dengan triangle system yakni produser, sutradara dan penulis naskah. Setelah ide cerita didapatkan, nantinya mereka bekerjasama dalam menentukan beberapa hal. Seperti pembuatan premis (ide pokok), sinopsis, treatment (rangkuman naskah) dan skenario.

Selanjutnya, treatment tersebut akan dibawah oleh sutradara Bersama produser kepada investor film. Jika berhasil diterima, film akan mendapatkan dana yang digunakan untuk proses produksi.

Pra produksi

pra produksi

Pada tahap ini, dibutuhkan kehati-hatian dalam menyusun dan merencanakannya. Tahap ini menjadi penentu ke tahap selanjutnya. Biasanya dalam tahap pra produksi akan terdapat banyak argumen, perdebatan, memakan tenaga, pikiran dan waktu yang lama.

Adapun hal-hal yang dilakukan pada tahap pra-produksi yakni

  • perencanaan biaya
  • master breakdown/penguraian adegan dalam skenario
  • penjadwalan
  • analisis naskah, terbagi atas analisis wardrobe, setting dan properti
  • hunting, terbagi atas hunting property, wardrobe, casting lokasi, perekrutan kru dan penyewaan alat
  • desain produksi

Produksi

produksi

Tahap ini merupakan inti dalam produksi sebuah film. Tahap produksi adalah tahap dimana semua materia pada dua tahap sebelumnya yang telah disusun tadi untuk direkam baik visual maupun audionya.

Produksi yang bagus tergantung dari perencanaan yang matang. Namun, di lapangan sering sekali apa yang telah direncanakan terdapat perubahan. Untuk itu, perlu kemampuan dalam pengambilan keputusan yang bijak bila sesuatu yang mendadak terjadi.

Pasca produksi

pasca produksi

Pada tahapan ini, hasil rekaman yang telah diambil di lokasi syuting akan dipercantik. Dalam tahap pasca produksi hal-hal yang harus dilakukan adalah

  • Editing
  • Pengeditan suara
  • Polor grading
  • Menambahan efek suara
  • Memasukkan music latar sesuai kebutuhan film
  • Penambahan efek visual lainya

Pada saat pengeditan video, editor nantinya akan memilih shot satu dan shot lainnya agar menjadi cerita yang runtut sesuai dengan alur naskah. Namun bukan tidak mungkin, akan terdapat beberapa perubahan pada prosesnya.

Misalnya adegan yang seharusnya di awal film, disisipkan di tengah-tengah film. Beberapa adegan lainnya tidak dimasukkan. Tujuannya adalah untuk membuat video tersebut terlihat sebagus mungkin.

Untuk itu, dalam tahapan ini tak hanya editor saja yang bertugas melakukan proses editing. Tapi, sutradara dan produser nantinya akan membersamai untuk menjaga utuh jalan ceritanya.

Distribusi

distribusi film

Ini merupakan tahapan terakhir dalam produksi sebuah film yaitu pendistribusian. Film yang telah dibuat akan didistribusikan ke sejumlah bioskop untuk disalurkan kepada penonton. Selain melalui bioskop terdapat media penyaluran fim lainnya antara lain festival, pemutar video DVD dan pemutaran alternatif lainnya.

Pada proses distribusi ini pertimbangkan media penyalur film yang akan dipilih, bahkan sebelum memasuki tahap produksi film agar film yang dibuat tepat sasaran (penonton).

Jika kamu ingin membuat sebuah film, maka lakukanlah 5 tahapan penting produksi film agar film yang kamu buat berjalan dengan baik. Selain itu, membangun kerjasama yang baik antara tim juga merupakan kunci kesuksesan dalam pembuatan sebuah film.

Mau belajar bikin film sendiri? Tertarik dengan dunia film? IDS menyediakan Sekolah Film, loh! Kamu bisa wujudkan impian kamu menjadi Filmmaker hanya di International Design School!

JOIN NOW!

Step by Step to Become a Product Designer