Blog

BAGIKAN

Teknik Desain untuk Meningkatkan Konversi Website

Konversi Website

Konversi website adalah hal krusial bagi sebuah bisnis karena tanpa konversi kamu tidak akan mendapatkan pelanggan. 

Apa itu konversi website?

Konversi website adalah pencapaian suatu tindakan yang menjadi tujuan kampanye pemasaran, gunanya untuk menunjukkan persentase pengunjung situs website yang melakukan tindakan di situs yang kamu buat.

Tindakan yang biasanya dilakukan oleh pengunjung situs kamu yakni membeli produk, mendaftar uji coba, membagikan artikel, atau yang lainnya tergantung pilihan tujuan yang sudah kamu buat. 

Tapi untuk membuat konversi website tinggi atau setidaknya meningkat dari sebelumnya, kamu memerlukan teknik desain yang bagus dan menarik perhatian pelanggan. 

Biasanya desain website yang kurang bagus akan menghasil konversi yang rendah. Lalu teknik desain seperti apa yang harus dilakukan?

Sebelumnya, tahukah kamu jika situs website yang baik harus dapat membuat menarik dan mempermudah pengunjung dalam menyelam di website kita. Sekarang, kita bahas secara umum terlebih dahulu mengenai hal-hal yang perlu diingat dalam mendesain situs website.

  1. Pertama adalah tentukan dengan jelas siapa target market yang ingin kamu tuju. Buat kelompok sasaran berdasarkan gender, usia, profesi, dsb. Ini sangat penting agar peningkatan konversi dalam website kamu dapat tercapai, dan hal ini juga yang akan mempengaruhi kamu dalam mendesain website.
  2. Desain website harus menarik, dipengaruhi oleh Teks yang kamu pakai, Gambar yang berkualitas, komposisi warna yang tepat, kecepatan akses dan user friendly.
  3. Kecocokan website dengan keperluan pengunjung. Semakin sesuai maka semakin tinggi tingkat konversi yang dihasilkan. Karena itulah website yang spesifik dan terperinci pasti mempunyai konversi yang lebih tinggi. Nah, ini juga berhubungan dengan Title dan SEO, dimana penulisan judul dan deskripsi harus benar-benar sesuai dengan apa yang dicari pengunjung.

Konversi Website

Teknik Desain  Untuk  Meningkatkan Konversi Website.

Beberapa teknik berikut bisa kamu terapkan saat mendesain website untuk mendapatkan konversi yang tinggi. 

  1. Design Untuk User Experience (UX) 

Salah satu teknik desain yang wajib digunakan dalam membuat situs web adalah user experience. Lihat bagaimana pengunjung pengalaman pelanggan saat berada di  yang di situs web,. Jika pengalamannya baik, maka mereka cenderung mempercayai merek Anda dan menjadi pelanggan. 

Menurut sebuah studi oleh Universitas Stanford, desain situs web adalah faktor terpenting yang diandalkan pengguna untuk menentukan apakah situs web kamu kredibel atau tidak, dan menurut Forrester Research, desain UX yang baik dapat meningkatkan tingkat konversi situs web kamu hingga 400%.

  1. Pilihlah Warna Yang Tepat

Warna punya peran penting dalam pemasaran dan pengemasan produk. Menurut sebuah studi dari Institute for Color Research, antara 62% dan 90% dari penilaian awal yang dibuat orang tentang lingkungan atau produk didasarkan pada warna saja. 

Jadi, saat mendesain situs web, pilihlah kombinasi warna yang menarik yang sesuai dengan citra dari brand kamu dan bangkitkan suasana hati yang kamu inginkan untuk dialami pelanggan saat mereka mengunjungi situs website kamu. 

  1. Optimalkan tampilan mobile 

Tahukah kamu, traffic situs web dari mobile (smartphone) mencapai 70%, jadi penting untuk menciptakan pengalaman yang baik bagi pengguna seluler. Untuk tingkat konversi seluler yang lebih baik, pastikan situs web kamu menawarkan tata letak responsif, formulir sederhana, dan tombol CTA yang sangat terlihat dan mudah di klik dengan jari.

Dari seluruh penjelasan di atas, apakah kamu sudah ada gambaran teknik desain untuk meningkatkan konversi website? Semoga beberapa insight diatas bisa membantu kamu ya. 

Bagi kamu yang tertarik untuk belajar desain, IDS menyediakan program Digital Design and Illustration. Nantinya kamu akan dibimbing oleh para expert di bidangnya. Bersama IDS | International Design School, jadilah designer & illustrator kreatif. 

Sumber: Teknik Desain untuk Meningkatkan Konversi Website

JOIN NOW!

Step by Step to Become a Product Designer