Blog

BAGIKAN

3 Teknik Mengembangkan Kemampuan Akting Bagi Pemula

Acting

Saat menonton pertunjukan drama teater, pernahkah kamu dibuat terpana dengan kemampuan akting dari penampilan para aktor yang mampu mendalami karakter dengan sangat baik? Pelakonan tokoh yang baik dari para aktor akan membuat penonton hanyut ke dalam cerita. Dalam seni teater, akting menjadi salah satu kunci keberhasilan pertunjukan. Kamu pemula yang ingin belajar akting? tenang saja IDS akan membahas 3 teknik mengembangkan kemampuan akting bagi pemula yang akan menjadikan kamu seperti para aktor yang mampu membuat kalian terpana dalam setiap ceritanya.

Seni peran atau yang dikenal juga dengan akting adalah seni mewujudkan karakter dalam panggung, film, atau televisi melalui gerak, isyarat, dan intonasi. Saat berakting, diperlukan pendalaman peran dan karakter. Seorang aktor yang menjadi unsur utama dalam sebuah pementasan, baik itu teater dan lainnya harus mampu berperan sesuai dengan naskah atau konsep yang ada. 

Contohnya saja, saat seorang aktor memerankan karakter ‘pedagang di pasar’ dalam teater, itu artinya aktor harus bisa “menjadi” seorang pedagang yang biasa berjualan di pasar, mulai dari gaya bicara, gestur tubuh, hingga ekspresi wajah. 

Tuntutan seorang aktor atau aktris harus menarik perhatian ketika pentas dimulai. Ia harus meyakinkan penonton jika tidak sedang berpura-pura. Maka dari itu, seorang pemain teater atau fragmen harus selalu meningkatkan kemampuan diri, seperti mengasah kepekaan melalui proses latihan teknik seni peran.

Untuk menjadi pemain teater yang andal, bakat saja belum tentu cukup, bakat juga harus dibarengi dengan latihan. Bahkan bukan tidak mungkin jika seorang aktor yang merasa dirinya tidak berbakat, jika bersungguh-sungguh dalam melatih diri akan menjadi pemain teater yang baik. 

Acting

Beberapa latihan yang biasa diterapkan pada seni peran yaitu olah tubuh, olah suara, dan juga olah rasa. Berikut penjelasannya.

  1. Olah Tubuh

Tubuh merupakan elemen dasar yang menjadi pusat perhatian penonton saat seorang aktor berada di atas pentas. Gestur tubuh dapat mencerminkan watak dan karakter tokoh yang sedang diperankan. Untuk memiliki tubuh yang fleksibel agar dapat melakukan akting yang baik, seorang aktor harus melatih tubuhnya agar memiliki stamina dan kelenturan dalam memerankan tokoh.

Untuk melakukannya, cobalah melakukan beberapa peregangan, mulai dari bagian atas hingga bagian bawah tubuh, agar lebih luwes saat tampil di atas panggung. Bila tubuh sudah luwes, nantinya gerakan dan gestur akan terlihat lebih natural saat sedang memerankan tokoh apa pun. 

  1. Olah Suara

Suara adalah bagian penting dalam seni teater, sebab merupakan salah satu media dalam menyampaikan pesan kepada penonton. Aktor harus memiliki vokal yang baik karena setiap kata harus diucapkan dengan lantang dan jelas terdengar oleh penonton. Olah suara dapat dilakukan dengan melatih artikulasi dengan mengucapkan huruf vokal A, I, U, E, dan O secara berulang.

Selain artikulasi, olah suara yang harus dilakukan adalah penguasaan diksi, intonasi, tekanan kata, tempo, serta irama. Caranya dapat dilatih dengan membaca naskah, membaca puisi, ataupun dengan bernyanyi.

  1. Olah Rasa

Selain gerakan dan suara, hal lain dalam akting yang tidak kalah penting adalah ekspresi dan penjiwaan. Latihan olah suara bisa diawali dengan latihan pernapasan, konsentrasi, dan imajinasi. Olah rasa bertujuan untuk melatih kepekaan rasa seorang aktor untuk mampu memerankan tokoh sesuai karakter dan watak yang diinginkan.

Aktor yang baik harus mampu berperan senatural mungkin. Kepekaan rasa atau sukma ini dapat dilakukan dengan melatih rasa dan emosi, seperti rasa senang, sedih, marah, benci, malas, kecewa, bahagia yang dilakukan secara berulang-ulang. Penjiwaan yang tepat akan meyakinkan penonton bahwa yang sedang tampil bukan hanya aktor, tapi benar-benar sang tokoh asli.

Itu tadi tiga cara mengasah kemampuan akting seorang aktor dalam pertunjukan teater. Jika kamu ingin menjadi seorang aktor yang andal, sering-seringlah melakukan olah tubuh, suara, dan rasa. Setelahnya, bila kamu ingin mempelajari akting secara lebih dalam lagi, kamu dapat mengikuti workshop untuk menjadi seorang aktor. 

Sedang mencari kelas acting? Yuk gabung di Workshop Acting: Bisa Acting Siap Casting! Workshop ini bekerja sama dengan Asosiasi Casting Indonesia (ACI). Belajar langsung dari para Casting Director ternama Indonesia, so kamu ga akan cuma jago akting tapi juga punya network baru di dunia perfilman Indonesia. Pada workshop ini akan dibahas pengenalan akting, seperti mengembangkan kreativitas, mempelajari cara membaca naskah, hingga melakukan casting langsung di depan casting director profesional.

Bagi yang tertarik mengikuti workshop ini, kamu dapat bergabung di Batch 2. Informasi cek pendaftaran workshop acting atau melalui media sosial IDS.  

Sumber: Teknik Mengembangkan Kemampuan Akting Bagi Pemula

Roadmap to Success: Career Path in 3D Animation Production
Fast Track to International Degree