Blog

BAGIKAN

Teknik Serta Software dalam Pembuatan Animasi 3D

Program Studi Animasi

Dengan kecanggihan teknologi yang tersedia saat ini, dunia animasi pun semakin diuntungkan karena bisa eksplor lebih jauh lagi. Animasi 3D sebagai salah satu jenis animasi pun bisa membuat karakter yang terlihat lebih hidup serta latar dan detail yang lebih memukau. Tentu ada beberapa cara bagaimana komputer grafis menghidupkan sebuah karakter dalam pembuatan animasi 3D. Mari kita bahas lebih lanjut di artikel ini.

Mengenal Animasi 3D

film animasi dengan durasi terpanjang

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara komputer grafis menghidupkan sebuah karakter dalam animasi 3D, mari mengenal lebih lanjut mengenai animasi 3D terlebih dahulu. Animasi 3D adalah penciptaan gambar bergerak dalam ruang digital 3 dimensi. Konsep animasi 3D merupakan sebuah model yang memiliki bentuk, volume, dan ruang. Biasanya animasi 3D digunakan untuk game dan virtual reality, tetapi bisa juga digunakan untuk presentasi grafis agar menambahkan efek visual.

Cara Membuat Animasi 3D

Sekolah Animasi

Walau proses membuat animasi identik dengan proses menggambar, ternyata animasi 3D berbeda karena proses pembuatannya tidak menggunakan teknik menggambar konvensional. Ada beberapa jenis pembuatan animasi 3D yang sebaiknya kamu ketahui yaitu:

  • Motion Capture

Motion capture merupakan teknik yang saat ini paling bayak digunakan pada infustri perfilman. Dalam teknik ini, cara membuat animasi 3D adalah dengan menangkap gerakan dari aktor asli dan kemudian dipresentasikan sebagai animasi 3 dimensi.

  • 3D Modeling

3D modeling adalah jenis animasi 3 dimensi yang biasanya digunakan dalam pembuatan game, arsitektir, dan produk komersial. Para animator pun bisa membat objek dimensi dari bentuk sederhana jika menggunakan 3D modeling. Ada 2 teknik yang paling terkenal dalam membuat animasi 3D menggunakan 3D modeling, yaitu:

  • Pembuatan model 3 dimensi dari awal (raw modelling)
  • Memahat secara 3 dimensi (3D sculpting)
  • Stop Motion

Stop motion adalah teknik animasi 3D yang pertama kali dikenalkan ke dunia. Teknik ini bisa membuat para animator tidak membutuhkan software untuk membuat objek 3D dalam komputer karena objek yang akan dijadikan animasi adalah benda asli yang dapat bergerak. Cara membuat animasi 3D dengan stop motion adalah dengan mengambil foto objek per frame.

  • Claymation 

Teknik claymation adalah teknik pembuatan 3D yang mirip dengan stip motion, tetapi menggunakan objek yang berbeda yaitu clay atau tanah liat. Penggunaan tanah liat adalah karena memiliki tekstur yang elastis sehingga bisa diubah ke berbagai bentuk sehingga membuat para animator dapat membuat animasi dengan berbagai bentuk tanpa harus memiliki mainannya atau mempelajari software 3D animasi. Teknik pembuatan animasi 3D pada claymation pun sama dengan stop motion, yaitu dengan mengabil foto objek per frame.

Software untuk Membuat 3D

Sekolah Animasi

Ada banyak software yang biasanya digunakan oleh para animator untuk membuat 3D, beberapa di antaranya adalah:

  • Blender

Blender merupakan salah satu software animasi 3D yang paling banyak digunakan oleh para animator profesional. Fitur yang banyak merupakan salah satu alasan para animator memilih menggunakan software ini, karena memudahkan proses dalam membuat animasi. Bberapa fitur yang terdapat dalam Blender adalah modeling, simulating, animating, rendering, rigging, motion tracking, dan composing.

  • Maya

Selain Blender, Maya pun merupakan software yang banyak digunakan oleh para animator profesional. Bahkan Maya pun disebut-sebut sudah sering digunakan untuk membuat film Hollywood. Beberapa fitur canggih yang bisa kamu temukan dalam Maya adalah modeling, animation, dan coloring.

  • Mixamo 

Jika dua software sebelumnya merupakan software yang banyak digunakan oleh animator yang sudah professional, Mixamo bisa digunakan oleh para animator pemula. Mixamo memiliki keunggulan yaitu memiliki sistem kerja yang lebih cepat. Selain itu, Mixamo pun bisa membantu kamu untuk lebih mengenal seluk beluk animasi 3D dengan lebih mudah.

Dengan bantuan teknik pembuatan 3D serta software-software tersebut, kamu pun bisa belajar tentang bagaimana caranya komputer grafis menghidupkan sebuah karakter dalam animasi 3D sehingga bisa digunakan untuk presentasi hingga pembuatan film. Tentu masih banyak lagi teknik pembuatan 3D serta software-software yang sebaiknya kamu pelajari agar bisa menghasilan 3D yang berkualitas. Jadi, jangan berhenti belajar ya!

Yuk belajar animasi di IDS | International Design School!

banner college

IDS adalah pilihan yang tepat untuk belajar animasi karena mereka menawarkan program Digital Animation & Games yang komprehensif dan berfokus pada pengembangan kemampuan kreatif dan teknis dalam produksi animasi dan efek visual. Mahasiswa akan dipersiapkan untuk industri film dan televisi dengan mempelajari proses pembuatan animasi dan game dari tahap ide, storytelling, hingga desain karakter.

Program ini mengajarkan perangkat lunak industri terkemuka seperti Autodesk Maya & Unreal untuk animasi dan game, serta Pixologic ZBrush untuk digital sculpting. Selain itu, mahasiswa juga akan menguasai berbagai perangkat lunak Adobe seperti Substance, Photoshop, Illustrator, Premiere Pro, dan After Effects.

Dengan fokus pada standar internasional, IDS memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menciptakan hasil karya yang berkualitas tinggi dan mempersiapkan mereka menjadi profesional yang berkompeten di industri animasi dan efek visual.

College Program

How to Start Your Career in Animation & Game Industry
Fast Track to International Degree