Blog

BAGIKAN

Tertarik Menjadi Vfx? Cari Tahu Tentang Profesi Visual Effect Artist Disini!

Profesi Visual Effect Artist

Tertarik dengan profesi yang tidak jauh dari fim, teknologi, dan seni digital? Yap, bekerja sebagai visual effect artist bisa menjadi pilihan kamu. Pekerjaan utama profesi visual effect artist adalah menciptakan sebuah tayangan lebih hidup dan makin menarik dengan efek-efek buatan. Tidak hanya dalam dunia hiburan, orang yang menguasai visual effect juga bisa bekerja di bidang lain. Tentunya masih berkorelasi dengan bidang tersebut. Nah, kamu yang penasaran dengan jenis pekerjaan ini, berikut ulasan lengkapnya.

Profesi Visual Effect Artist
1. Pengertian VFX
Visual effect (disingkat VFX) adalah proses pencitraan atau memanipulasi sebuah rekaman dari kamera video secara digital. Proses manipulasi tersebut menciptakan lingkungan atau tampilan yang tampak realistis. Visual efek tidak hanya ditemukan di film, melainkan juga terdapat pada iklan dan siaran televisi, digunakan untuk keperluan arsitektur, dan lain sebagainya.
2. Alasan Bekerja Sebagai VFX
Visual effect dianggap merupakan perpaduan sempurna antara kemampuan bercerita seseorang dan memadukan kreativitas melalui teknologi canggih. Jika menyukai segala hal yang berhubungan dengan film terutama pada proses pembuatannya, tak ada salahnya meniti karir menjadi VFX artist. Alasan lain mengapa bekerja menjadi Visual Effects Artist karena peluang pekerjaan ini terbuka lebar dan banyak industri yang membutuhkannya.
3. Aktivitas di Departemen VFX
Membuat sebuah visual effect memerlukan proses yang sangat panjang, menantang, dan teknis. Membutuhkan campur tangan dari banyak departemen lain dalam proses pembuatannya. Berikut penjelasan singkat dan tugas masing-masing peran dari departemen atau bagian yang berhubungan dengan visual effect.

Profesi Visual Effect Artist

  • Departemen Kesenian
    Bagian departemen kesenian bertanggung jawab untuk menerjemahkan visi sutradara serta mengubah tampilan script ke dalam bentuk visual. Peran ini membuat storyboard menjadi karya seni photorealism.
  • Pre-viz (Pre-visualisation)
    Departemen Pre-viz bertanggung jawab untuk membuat representasi 3D pertama dari tampilan visual effect akhir.
  • Visual Assets
    Bertugas mencocokkan dan menciptakan objek visual effect di dunia nyata yang tidak atau belum ada seperti setting (latar) yang menghabiskan terlalu banyak biaya di kehidupan nyata.
  • Riset dan Pengembangan
    Bagian Riset dan Pengembangan bertugas membuat perangkat lunak baru dan alat untuk menyempurnakan visual effect yang telah dibuat. Untuk berada di posisi ini, kamu harus memiliki latar belakang di bidang Teknologi Informasi dan tertarik pada problem solving atau ahli dalam memecahkan masalah.
  • Animasi
    Sesuai dengan namanya, bagian animasi bertugas untuk menggerakkan objek yang terdapat pada film, mulai dari objek kecil hingga besar.
  • Matchmove atau Motion Capture
    Matchmove juga dikenal dengan sebutan Motion Capture atau Mocap. Tugas yang dimaksud yaitu menggabungkan efek visual 3D menjadi model digital. Peran Mocap sangatlah teknis dan untuk menciptakan gerak pada visual juga membutuhkan kamera virtual.
  • Simulasi FX
    Bagi kamu yang masih asing dengan istilah Simulasi FX, peran ini menciptakan efek visual berupa partikel, simulasi yang dinamis, dan memasukkan elemen alam di dunia nyata. Efek tersebut harus dibuat serealistis mungkin. Elemen dan partikel yang dimaksud, seperti api, air, ledakan, rambut, dan sebagainya.
  • Lighting (Pencahayaan)
    Membuat sebuah adegan digital juga dibutuhkan lighting atau pencahayaan. Tujuannya agar efek visual yang dibuat bisa menyatu dengan mulus.
  • Matte Painting
    Membuat visual effect dengan menggunakan teknik melukis secara digital atau tradisional untuk menciptakan efek yang tidak ada di dunia nyata.
  • Rotoscoping
    Teknik membuat efek visual dengan cara menjiplak film rekaman dari gerakan aktor secara lebih spesifik.
  • Compositing
    Pengkomposisian berperan menyatukan semua lapisan dari berbagai efek visual yang telah dibuat oleh sejumlah departemen tadi untuk disatukan agar terlihat lebih realistis dan menyatu dengan dunia nyata.
  • Produksi
    Peran dari produksi ialah mengatur segala hal yang berhubungan dengan efek visual pada sebuah film. Mulai dari mengurus keuangan, memastikan proses pembuatan sesuai dengan jadwal, dan segala proses yang terjadi dalam pembuatan sebuah film.

Jadi apakah kamu tertarik menjadi profesi visual effect artist? kamu bisa mendalami pelajaran tentang dunia film di IDS, karena IDS menyediakan sekolah film, kamu bisa belajar banyak hal tentang film! yuk segera daftarkan dirimu.

Roadmap to Success: Career Path in 3D Animation Production
Fast Track to International Degree