Blog

BAGIKAN

Bagaimana Membangun Karier yang Sukses di Bidang Visual Effects

Visual Effect

Menjadi seorang visual effects adalah salah satu cita-cita banyak anak muda belakangan ini. hal itu didukung dengan berkembangnya industri film akhir-akhir ini yang sudah mulai banyak mendapatkan perhatian penonton dari berbagai kalangan. Salah satu film yang mempunyai banyak sekali penggemar adalah film dengan genre fantasi.

Di International Design School akan mengajari kamu bagaimana cara membangun karier di bidang visual effect  dengan sukses. Tips tersebut disampaikan oleh Diki Eka Kurnia – IDS Alumni Angkatan 2017 yang merupakan Best Student dari jurusan Digital Animation & Games, saat ini bekerja di Lumine Studio sebagai VFX Compositing. Simak artikel ini sampai tuntas.

  1. Interest

Salah satu hal yang akan mempengaruhi seseorang dalam membangun karier yang sukses dalam segala bidang adalah interest atau minat. Minat itu yang nantinya akan membuat kamu rela meluangkan waktu sebanyak mungkin untuk belajar dan lebih mendalami lagi bidang yang disukai. Hal tersebut yang nantinya bisa menjadi modal untuk bisa dan rela belajar secara terus menerus.

Dalam konteks membangun karier yang sukses dalam bidang visual effect, kamu juga perlu memiliki minat yang besar. Minat bisa didapatkan dari mana saja. Diki Eka Kurnia, mengatakan bahwa ia mempunyai minat terhadap visual effect ketika menonton serial Dragon Ball.

  1.  Mencoba Sendiri

Selanjutnya ketika kamu sudah mempunyai ketertarikan atau minat pada visual effects, maka hal yang perlu dilakukan adalah dengan mencoba sendiri sesuatu yang ingin dikerjakan. Visual effects adalah pekerjaan yang tidak mudah dan membutuhkan latihan berulang-ulang. Ada banyak sekali steps yang perlu dipelajari satu-persatu secara detail.

Dengan mencoba sendiri apa yang menjadi minatmu, maka itu akan mempermudah kamu untuk bisa mengetahui langkah selanjutnya yang perlu dilakukan. Terutama ketika kamu sudah menemukan sekolah atau institusi yang bisa mengajarkan kamu visual effects.

  1. Portofolio

Untuk membangun karier yang sukses di bidang visual effects, portofolio adalah hal yang penting. Portofolio akan mempermudah kamu dalam mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang kamu inginkan. Jika kamu ingin masuk dan membangun karier menjadi seorang visual effects, maka buatlah portofolio sesuai dengan kemampuan kamu. Maka dari itu, buatlah portofolio sebaik mungkin.

Selain itu, untuk menarik perhatian orang yang merekrut kamu di bidang visual effects, kamu juga perlu memperlihatkan usaha dan minat kamu di bidang yang ingin dilamar sehingga hal ini juga akan menjadi pertimbangan orang yang akan merekrut kamu.

Visual Effect

  1.  Belajar Software

Selanjutnya, ketika ingin memulai dan membangun sebuah karier di dunia visual effect composition, kamu juga perlu untuk menguasai beberapa software yang diperlukan untuk membuat visual effect. Ada banyak sekali software yang bisa kamu pelajari mulai dari Adobe After Effects, Nuke, dan lain sebagainya.

Dengan mempelajari software yang ada, maka ini akan membiasakanmu untuk bisa belajar lebih baik lagi untuk menjadi seorang visual effects compositor yang profesional. Salah satu software yang disarankan oleh Diki Eka Kurnia yang perlu kamu pelajari adalah software Nuke. Di sana kamu bisa belajar banyak hal dan mempelajari masing-masing fiturnya untuk bisa dipraktikkan dan membuat sebuah karya.

  1. Segera Mulai

Hal yang membuat kamu bisa membangun karier yang sukses di bidang visual effect selanjutnya dan yang paling penting adalah segera mulai. Memulai sejak awal akan bisa membantumu untuk mempunyai waktu lebih untuk belajar banyak hal dalam rangka mempersiapkan diri menjadi seorang visual effects compositor.

Selain itu, ketika kamu memutuskan untuk segera memulai menjadi seorang visual effects compositor dan belajar banyak hal sendiri tentang bidang ini, akan memudahkan kamu dalam mendapatkan hasil yang maksimal.

  1.  Mencari Tempat Belajar

Terakhir, untuk membangun karier yang sukses di bidang visual effects, setelah melewati berbagai tips dan saran di atas, maka selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mencari tempat belajar yang tepat untuk bisa mendalami bidang yang kamu sukai. Dengan mencari tempat belajar yang tepat, kamu akan mendapatkan ilmu dan informasi yang berkualitas dari orang-orang yang ahli di bidangnya.

Selain itu, ketika kamu sudah menemukan tempat belajar untuk visual effects (VFX), maka kamu akan memiliki jaringan yang bisa mendukung karier kamu sebagai seorang visual effects compositor. Oleh karena itu, langkah ini merupakan langkah yang juga penting untuk dilakukan oleh seorang calon visual effects compositor.

Demikian adalah tips membangun karier yang sukses di bidang visual effects yang perlu kamu ketahui. Untuk menjadi orang yang profesional di bidang tertentu, kamu perlu meluangkan banyak waktu untuk mempelajari apa saja yang bisa mendukung kamu masuk di industri yang diinginkan.

Ingin seperti Diki atau ingin bekarier di dunia Animasi? International Design School memiliki program Digital Animation & Games. Dengan sekolah animasi di IDS, waktu belajarnya singkat hanya 20 bulan, fast track ke industri dan bisa lanjut kuliah ke luar negeri untuk dapat gelar Bachelor. So tunggu apalagi, yuk segera daftarkan dirimu ya!

Sumber: Bagaimana Membangun Karier yang Sukses di Bidang Visual Effect

JOIN NOW!

Step by Step to Become a Product Designer